Misteri Saranjana, Kota Tak Kasat Mata Di Kalimantan Selatan yang Hanya Muncul Sesekali

Kota Saranjana sering dijuluki gaib, karena kota itu jarang sekali terlihat. Namun, menurut cerita, ada beberapa orang yang pernah melihat kota ini.
1
Portal Malang Raya @portalngalam

Namanya Saranjana, Kota Tak Kasat Mata di Kalimantan Ini Bikin Takjub Sekaligus Merinding suryamalang.tribunnews.com/2017/12/05/nam… pic.twitter.com/2Mz3H0dDVz

05/12/2017 12:49:04 WIB
Expand pic
FAKTA WOW & BERITA INDONESIA @WOWFAKTA

ift.tt/2GKm50b Warga di Kalimantan mungkin sudah sering mendengar Kota Saranjana. Kota Saranjana sering dijuluki dikatakan gaib, karena kota itu jarang sekali terlihat. Namun, menurut cerita, ada beberapa orang yang pernah melihat kota ini. Menu… pic.twitter.com/FYpGAWdBbF

04/02/2018 22:30:08 WIB
Expand pic
King bokep @WahyuC_Monk

@WOWFAKTA Jangan jangan itu tempat penelitian alien di indonesia sama kaya yg di amerika

04/02/2018 22:51:51 WIB
herratri wikan agust @herramiong

@WOWFAKTA Kotanx bukan yg dbuletan itu seingat saya, tp dbawahnya lgi bukannx

05/02/2018 10:37:16 WIB
daniel hia 🇮🇩 @HiaDaniel

@tribunnews @TRIBUNTravel Kok bisa, Klo gitu penduduknya setengah manusia setengah dewa

04/02/2018 13:15:52 WIB
goodbye (see pinned) @brilIantefs

@ffdb00 Setahuku masih banyak banget dan banyak tempat kayak saranjana (kayak kota tak kasat mata)

08/01/2018 18:14:17 WIB
Anisa Nur Adnin @anisanuradnin

@hantu_33 Di Kalimantan juga ada, kota gaib gitu. Namanya Pulau Saranjana, letaknya di Kalimantan Selatan. Kalau ke sana trus makan makanan dari sana, bakal ngga balik lagi ke tempat asal. Kotanya ramai bgt cukup modern gitu tapi ya antara ada dan tiada.

29/12/2017 09:07:03 WIB
Brii @BriiStory

@anisanuradnin Iya...pernah baca 😊 Ada juga "kota" yg pintu gerbangnya di gapura perbatasan...duuh lupa apa namanya ya..., di Kalimantan juga..., lupa 😑

29/12/2017 09:38:11 WIB

Saranjana menjadi kota tak kasat mata yang masih dicari kebenarannya hingga saat ini. Bagi orang luar Kalimantan nama Kota Saranjana mungkin terdengar asing, namun bagi masyarakat Kalimantan, terutama Kalsel, kisah tentang Saranjana sudah begitu melegenda.
Saranjana diyakini adalah sebuah kota yang dihuni oleh makhluk-makhluk tak kasat mata. Letaknya tidak diketahui secara pasti karena di peta pun, wilayahnya tidak tercantum. Disebut-sebut, Saranjana berada di sekitar Pulau Laut, Kotabaru, Kalsel.

Dari luar, Saranjana tidak lebih dari sebuah pulau tak berpenghuni tetapi dipercaya ada kehidupan makhluk gaib di sana selayaknya kota-kota yang dihuni oleh manusia. Tidak banyak yang dapat melihat aktivitas mereka, namun banyak masyarakat Kotabaru yang percaya, kehidupan di Saranjana hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang dapat melihat hal-hal gaib. Tidak sedikit juga yang meyakini bahwa Saranjana menjadi tempat tinggal bagi jin Muslim.

Sejumlah kisah mistis menyelimuti keberadaan Saranjana ini. Salah satu yang terkenal adalah peristiwa yang terjadi pada tahun 1980-an.
Konon saat itu, Pemerintah Kotabaru dibuat bingung saat menerima kiriman alat-alat berat dari Jakarta yang ditujukan ke Kota Saranjana padahal tidak ada lokasi yang sesuai dengan alamat itu. Mereka pun merasa tidak pernah memesan alat-alat berat tersebut. Yang lebih membingungkan, alat berat itu sudah dibayar lunas oleh si pemesan. Kisah ini begitu melegenda dan menyebar dari mulut ke mulut.

URL kumparan Misteri Saranjana, Kota Gaib di Kalimantan Selatan Letaknya masih menjadi misteri karena wilayahnya yang tidak terdapat di peta. Konon, kota ini dihuni oleh makhluk gaib. 343

Bahkan, grup musik sekelas Ada Band juga pernah mengalami pengalaman seram saat manggung di sebuah daerah terpencil di Kotabaru. Diyakini jika itu adalah Saranjana.

Kejadianitu terjadi di tahun 2005. Tiket yang terjual sekitar 7.000 hingga 8.000. Namun saat konser berlangsung, jumlah penontonnya justru mencapai 14.000.

Bila lazimnya penonton konser ramai dan terkadang berteriak antusias, tetapi mereka justru diam, dingin dan aneh.

Lalu di tengah-tengah konser, panitia meminta agar para penonton bergeser ke sisi kiri. Padahal, awak band justru melihat kalau di sisi kiri sudah dipenuhi orang-orang.

Keanehan tak sampai di situ. Saat konser selesai, para penonton meninggalkan venue dengan begitu cepat, padahal akses ke luar hanya ada satu.

URL www.gadis.co.id ADA Band Pernah Ditonton Hantu Ini adalah pengalaman manggung yang tak terlupakan 4
kacan @achanrz

Iya, jadi Saranjana itu adalah kota ghaib. Ceritanya macam2, udah beredar di google. Pernah liat? Tentu tidak. Tapi dulu pernah ada kejadian aneh pas konser Ada Band😂

01/02/2018 18:44:12 WIB
kacan @achanrz

@SimplyCheecky Pernah dulu nonton konser, yg nonton penuh. Abis bubaran konser, pintu keluarnya kan cuma 2 dan gak gede, tapi penontonnya cepet banget abisnya😂

01/02/2018 19:27:41 WIB
cahyani @cahyaniwa

@achanrzq Pernah denger juga pas konser Ada band di kota itu yg dibagian depan dkt panggung banyakan makhluk halus kata personilnya😅😅

01/02/2018 22:28:55 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!