THE GENUINE HISTORY ABOUT THE VIKING BURIAL (About Viking part 4) [Wrtn by: @MoniqueAubrey ]

Chirpified
0
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

This is not some mythology or story...or a movie...no, not those made up things... ’Cause I’d tell you the genuine history about the Viking burial... #AubreyTale pic.twitter.com/yaYh8iqPyb

31/01/2018 22:40:15 WIB
Expand pic
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Bicara soal Viking,tentunya gak bisa lepas dari Eropa Utara. Gimana sejarah Viking punya andil dlm membentuk sejarah Nordic & Scandinavia itu sendiri. Yang masih bingung bedanya Nordic & Scandinavia,baca dulu thread Viking trilogy nya aku. Yang udah baca, coba msh inget tak? 😁

31/01/2018 22:50:28 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Nah salah satu hal yang paling penting di Viking Age adalah Birka. Birka ada di abad ke-8, merupakan salah satu pemukiman yg paling awal di Skandinavia. pic.twitter.com/jzReV9J6dZ

31/01/2018 23:00:39 WIB
Expand pic
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Di Birka inilah, banyak transisi yang terjadi, bangsa Viking waktu itu sangat terkenal sama pelayaran dan perdagangannya. Dengan adanya kontak dgn negeri lain, aspek hidup mereka pun berubah.

31/01/2018 23:13:54 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Bangsa Viking mulai mengenal perhiasan, sutra, perak, wine, rempah2, keramik, senjata, dsb dari mulai Jerusalem, Asia, Baghdad, Constantinople, sampai Laut Kaspia.

31/01/2018 23:13:56 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Hierarki sosial di Viking Age banyak diceritain dalam Poetic Edda di Islandia. Posisi paling tinggi and Raja dan Earls (Jarls). Artefak2 yang banyak ditemuin itu dari levelnya mereka.

31/01/2018 23:24:33 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Nah Viking burial yang aku mau bahas adalah makam dari 2 orang yang punya kedudukan tinggi di komunitas Viking. Makamnya mereka ditemuin di Birka. Shall we start? :)

31/01/2018 23:28:28 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Makam yang pertama, diketemukan banyak perhiasan di dalamnya. Ada bross, kalung, gelang, dari bahan kaca, kristal, dan perak. Ada juga peralatan makan seperti mangkok perunggu dari Irlandia, cangkir dan kendi2 anggur.

31/01/2018 23:44:50 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Dari penelitian dan penemuan artefak, makam ini adalah makam seorang Putri di Birka. Burial chambernya berbentuk kotak, dan ini ilustrasinya. pic.twitter.com/k29OcmO3H9

31/01/2018 23:52:10 WIB
Expand pic
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Dari kualitas barang2 tersebut, Putri ini punya kedudukan yang penting di komunitas Viking. Kunci khusus yg dia pakai menunjukkan dia salah satu yg menangani masalah sumber daya di Birka, seperti makanan, kayu, perahu, dsb.

31/01/2018 23:58:13 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Makam satunya adalah makam seseorang yg lebih hebat lagi. Dia adalah kepala klan yang dikubur dengan kapalnya sepanjang 9 meter. Dari dinasti yg udah berumur ratusan tahun di Uppland utara.

01/02/2018 01:32:49 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Menariknya di makam yang berukuran besar ini, di dalamnya bukan hanya ada kerangka manusia. Check this out ! pic.twitter.com/foevxjx4JJ

01/02/2018 01:33:57 WIB
Expand pic
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Udah bisa tebak itu kerangka apa ? Iya, itu kerangka anjing. Diperkirakan jenis greyhound. Anjing punya peran penting untuk manusia di era Viking. Begitu pentingnya sampai mereka pun ikut majikannya, to death and Valhalla....

01/02/2018 01:41:10 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Selain kerangka manusia dan anjing di Viking Burial, ada yang lain juga. Tadaaaaa..... pic.twitter.com/4tqK3dRDXb

01/02/2018 01:43:23 WIB
Expand pic
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Kuda juga punya peran yg sangat penting di era Viking. Kuda erat hubungannya dengan dewa2 seperti Odin dan Freyr. Sebagian percaya bahwa untuk ke Valhalla mereka harus datang dengan kuda.

01/02/2018 01:51:33 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Liat ilustrasinya posisi penguburan anjing dan kuda. Semua di bagian depan kapal Viking. pic.twitter.com/0t3fqFA67r

01/02/2018 01:58:49 WIB
Expand pic
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Sementara di bagian tengah kapal, berbagai macam barang ada di situ. Pedang, kapak, tombak, kepala panah, shield. Itu semua menyimbolkan bahwa orang ini pernah jadi pemimpin di medan perang. pic.twitter.com/cCjOuxQHlg

01/02/2018 02:04:41 WIB
Expand pic
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Di situ juga ada kuali besi, garpu daging, beberapa permainan, bross di jubahnya, semuanya dibuat dengan kualitas yg baik. Ini menyimbolkan peran dia sebagai tuan rumah dan kemewahan waktu dia hidup.

01/02/2018 02:15:12 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

He was all set, ready to go to Valhalla..... and meeting Odin... The biggest honour a warrior could have... pic.twitter.com/3M5qMnVYVG

01/02/2018 02:17:40 WIB
Expand pic
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

kalau Viking burial bisa sampe semewah ini, berarti status dan posisinya dia di dunia juga gak main2. Kalangan budak (thrall) hanya dibuatkan lubang kecil sebagai makamnya. Tanpa penanda apa2.

01/02/2018 02:20:00 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Ini juga yg jadi perdebatan ahli2 sejarah. Inget gak pilem2 yg menggambarkan Viking burial yang ditaro di kapal terus kapalnya dihanyutin dan dibakar....

01/02/2018 02:25:01 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Ini banyak banget didebat, Pertama, kapal Viking itu sangat sangat sangat berharga. Butuh waktu lama dan juga banyak sumber daya buat bikinnya. Mereka gak akan ”buang” kapal begitu aja. Makanya banyak ditemuin makam Viking yang ya sekapal2nya dikuburin

01/02/2018 02:25:03 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Contoh ship burial di Viking age: Vendel di Swedia (yg tadi aku kasi ilustrasinya), Ladby di Denmark, Gokstad di Norway, Oseberg juga di Norway, Välsgräde di Swedia, ada juga di Orkney Islands, Isle of man-Russia juga ada seperti misalnya Timerevo, Rurikovo Gorodishche

01/02/2018 02:29:44 WIB
Aubrey✨ @MoniqueAubrey

Argumen lain yg menentang Viking burial pake kapal yg dibakar, selain kurangnya bukti2 arkeologis (ya iya susah juga), Ya argumen historian yg bilang bahwa ke Valhalla itu bukan dgn perahu tapi dengan kuda.

01/02/2018 02:34:21 WIB
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!