0
Alitt Susanto @shitlicious
Gue lahir dengan wajah simetris, mata gue normal. Pandangan jelas, badan sempurna, gak ada platina. Tp krn kecelakaan terparah dalam hidup, tubuh gue akhirnya gak normal lg. (Cerita ttg kecelakaan, baca klo senggang aja: shitlicious.com/2011/11/mamaku…) pic.twitter.com/xTirwg0QSH
Expand pic
Alitt Susanto @shitlicious
Efek dr kecelakaan itu, di titik tertentu bikin mata gak terlihat simetris, lazy eye, penglihatan jadi dobel. Iya.. mata gue selalu fokus ke 2 benda yg berbeda. That was stressful. pic.twitter.com/LfHXd8lRJi
Expand pic
Alitt Susanto @shitlicious
Namanya org yg awalnya ngerasa normal, lalu tiba2 salah 1 indera kita rusak, pasti stress. Awal2 gue butuh waktu utk adaptasi dgn pandangan yg selalu dobel. Gue gampang mual dan pusing. Apa lagi kalo naik kendaraan yg cepat. Hal lain... gue depresi krn gue terlihat cacat.
Alitt Susanto @shitlicious
Hal itu bikin mental gue sempet drop. Takut ngeliat orang. Kenapa? Karena kadang saat gue nanya orang, dia malah noleh ke sampingnya kebingungan, lalu nanya, “Lo ngomong ama gue?” 😂 Selain itu jg kadang ada org ngerasa gue liatin mulu. Padahal gak! I just cant control my eyes!
Alitt Susanto @shitlicious
Mana dulu pas abis kecelakaan, sebelum operasi kedua, kelopak bagian kanan bawah gue gak ada. Jadi keliatan kyk matanya Two Face musuh batman. Padahal gue tuh seneng bgt main ama bocah.. Dan gara2 wajah kyk gitu, bocah2 takut sama gue. That’s sad. pic.twitter.com/hR10QFU6D8
Expand pic
Alitt Susanto @shitlicious
Hal itu bikin gue larut dalam rasa minder. Setahun dua tahun gak cukup buat gue bisa kembali percaya diri, atau setidaknya ngelihat mata orang. Gak cukup. Dan km tau? Posisi itu tuh gak enak. Serba salah. Ngobrol tanpa liat orgnya, gak sopan. Mau liat, minder.
Alitt Susanto @shitlicious
Nyokap liat keresahan gue. Gue pun menjalani operasi kedua. Berharap wajah gue bisa normal total, dan penglihatan gak terganggu lagi. Setelah nyokap gadein sertifikat tanah buat operasi, akhirnya hal itu gue dijalani. Dengan penuh ekspektasi. Bisa normal lagi, percaya diri lagi.
Alitt Susanto @shitlicious
Operasi lancar, gue ga sabar menanti berminggu2 sampai perban bisa dibuka total dan mata sembuh. Tiap hari gue ngaca dgn wajah penuh perban. Sampai akhirnya hari itu pun tiba. Gue bangun pagi2. Semangat sekali! Di klinik, perban & jahitan dilepas. Lega.. Lalu pun bercermin.
Alitt Susanto @shitlicious
“Hasilnya mengecewakan”, ucap gue dalam hati. Namun gue gak mau mengecewakan mama. “Jauh lebih baik, makasih” Itu yg gue ucapin. Padahal, mataku blm bener, penglihatan masih dobel. Mata kanan jg msh lbh lebar. Tp mama dan dokter udah berusaha sekuat mungkin. Aku harus terima.
Alitt Susanto @shitlicious
Hari2 depresi lanjut lagi. Tp gue gak mau nunjukin itu ke nyokap. Gue masih sama, gak berani ngobrol sambil liat mata lawan bicara. Gue masih sama, gak nyaman berada di tempat ramai. Mata gue udah gak terlihat seseram dulu, cuma harus diplaster aja biar air mata ga netes mulu.
Alitt Susanto @shitlicious
Sampai pada suatu hari, saat gue lg antre di dokter THT, gue nemu anak balita, cowok, usia 3 taunan. Lucu & ramah bgt. Gue senyumin, dia senyum balik. Gue ajak tos, dia mau. Akhirnya gue ajakin main di lantai. Asik banget. Gue ampe lupa.. kok dia gak takut sama gue?
Alitt Susanto @shitlicious
Lalu, gue tanya anak itu, “namanya siapa dek?” Dia cuma senyum2. “Dek? Namanya siapa?” Mama dr bocah itu pun menjawab, “Namanya Bimo, mas. Dia gak denger mas.. Didiagnosa ada masalah pendengaran sejak lahir. Ini mau minta rujukan terapi”. *DEG!* Gue stress dong.. langsung guilty.
Alitt Susanto @shitlicious
Gue minta maaf sejadi2nya ke Mama dr Balita itu. Dan dia terlihat memaklumi. Penuh senyum tulus Sejak kejadian itu, gue kepikiran terus. “Gila gue yah, indera penglihatan rusak dikit doang, msh bisa dipake, udah stress bgt. Bocah td kehilangan 1 indera total, gak secengeng gue”
Alitt Susanto @shitlicious
Gue pikirin knp Bimo bisa tetep seneng? Kenapa Bimo tetep ramah sama org yg baru dikenal? Kenapa Bimo tetep gampang ketawa? Terus gue balik, “knp gue gak kyk dia?” Iya.. Bimo bahagia krn dia gak peduli sama kekurangannya. Bimo berusaha untuk menikmati apa yg ada. THAT’S IT!
Alitt Susanto @shitlicious
Lama2 gue sadar. Itu semua tentang menerima diri. Kita gak akan pernah bisa percaya diri sebelum kita mampu menerima diri. Gue yakin, mau operasi 50x lg pun, gue gak akan puas dgn wajah ini. Krn gue pengin normal lg. Pdhl, yg bisa bikin wajah sempurna ya cuma Tuhan. Bukan dokter!
Alitt Susanto @shitlicious
Gue pelan2 mencoba berani utk menatap mata orang ketika bicara, bahkan berani menampilkan wajah di kamera. Makin ke sini, gue makin nyadar, apa yg selama ini gue takutkan (takut ditolak dr pergaulan, takut dihina, takut dibedakan) ternyata cuma prasangka buruk gue kpd manusia.
Alitt Susanto @shitlicious
Dan semakin gue terbiasa untuk melupakan kekurangan gue ini, ternyata semakin orang nggak notice bahwa gue punya kekurangan. Kadang ada org yg ketemu gue 3 kali baru nyadar bahwa mata gue selalu diplaster. Ternyata gue bisa ngerasa normal lg, saat gue bisa damai sama diri sendiri
Alitt Susanto @shitlicious
Gue pikir2, misal gue masih terjebak dgn ketakutan2 gue ttg kekurangan ini, gue pasti gak bakal berani ngisi seminar2 keliling Indonesia 6 taun terakhir, gak bakal bikin film, gak bakal punya channel di Youtube. Dan gue cuma bakal nangis di pojokan kamar gelap terus. :) pic.twitter.com/lK6xlnSfM4
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Alitt Susanto @shitlicious
Itulah cerita gue. Proses gue melawan ketakutan karena punya kekurangan. Gue berhutang pelajaran besar kepada seorang balita bernama Bimo. Makasih, Bimo. Om jadi bisa melangkah, karena Bimo sangat ramah. Semoga Bimo jadi orang besar sebesar hatinya. :)
Alitt Susanto @shitlicious
Pesan gue utk temen2 yg punya kekurangan fisik, tenang. Org dewasa gak rese kyk anak SD. Semua org PASTI punya kekurangan. Cara kita mengatasi kekurangan kita apa? Tunjukin kelebihan bermanfaat yg kita miliki, sebaik mungkin. Sehingga org gak akan peduli dgn kekurangan itu lg. :)
Alitt Susanto @shitlicious
Hidup sebagai orang yg fisiknya gak normal itu ada salah satu kelebihan yg gak dimiliki orang berfisik normal: Punya orang2 dekat yg mau berteman bukan semata karena kondisi fisiknya. Dijauhin orang karena mereka gak mau dekat ama org cacat? Fine. Gak bakal rugi kok. :)
TOYOTA @midiahn
@shitlicious kalo mau sembuh total dirawat sama dokterku yuk kalo bekasbekas patah tulang dan segala macem akibat jungkir balik rxking bisa sembuh kok gratisan pula
Alitt Susanto @shitlicious
@midiahn Ini urusannya lebih rumit mas. Syaraf mata. Heuheuheu.. tengkorak gue juga benjol sih. Utk saat ini, cukup dulu ikhtiarnya. Msh banyak prioritas yg harus dikejar. Makasih banyak tawarannya. Tak kontak nanti saat perlu. 😂👍🏻
Nov @NoviNurrochmah_
@shitlicious Netes gue baca thread ini bang :') dengan kondisi masih sakit hampir 2 bulan ini karena gagal operasi gue harus operasi ulang sebulan 2x. Buat nyemangatin diri sendiri gue liat anak2 kecil yg dari lahir sakit parah. Masih banyak yg ujiannya lebih berat. Kemudian berhenti ngeluh:)
Ki @riskipdewi
@shitlicious Aaa suka banget cerita ini mas Alit smoga bisa menginspirasi banyak orang. Di luar sana yg punya kekurangan jangan patah semangat, juga menjadikan kita untuk lebih bersyukur. Menghargai perbedaan, benar..yg terpenting menerima dan menikmati apa yg ada.
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.