0
sumantri suwarno @mantriss
Direksinya banyak benar 9 orang. Jika tidak ditangani serius -- Garuda bisa seperti Merpati yang kini menjadi Zombie. Mematikan dan menghidupkan sama mahalnya. twitter.com/ibnupurna/stat…
sumantri suwarno @mantriss
Direksi BUMN sering berputar- putar di antara BUMN. Banyak di antaranya sudah beberapa periode jadi direksi. Sulit mengharapkan lompatan dari orang-orang lama di zona nyaman ini.
sumantri suwarno @mantriss
Seharusnya Kementrian BUMN berani melakukan restrukturisasi di BUMN -- dengan banyak mengambil profesional terbaik dari swasta agar kultur BUMN semakin bergeser ke entitas korporat yang profesional tanpa melepaskan tupoksi ke-BUMN-an.
sumantri suwarno @mantriss
Ketika maskapai swasta bisa terus membesar, 2 maskapai BUMN -- Merpati dan Garuda dalam kondisi memprihatinkan. Padahal banyak privilege yang menempel di mereka sebagai maskapai negara, akses pasar, pendanaan, regulasi dll.
sumantri suwarno @mantriss
Keresahan Serikat Karyawan Garuda ini perlu direspon serius pemerintah. Tidak seperti industri lain, kematian airlines bisa lebih cepat karena operasional yang tinggi. Setiap hari membakar uang sewa pesawat, bahan bakar, pilot dll. Jika penumpang lari -- pasti mati.
sumantri suwarno @mantriss
landor.com/work/garuda-in… -- kisah yang dituliskan Landor sebagai salah satu portofolio penting mereka saat membantu Garuda melakukan repositioning. Saat itu kita ikut yakin Garuda akan benar-benar terbang tinggi. Kini kita kembali was-was...
URL Landor 7 Garuda Indonesia | Case study | Landor After years of losses, Garuda, the Indonesian national airline sees profits soar to $82 million when Landor handles its rebrand.
sumantri suwarno @mantriss
Secara text book masalah-masalah di BUMN itu mudah. Paling sering masalahnya adalah inefisiensi. Jauh sebelum bicara meningkatkan revenue, membenahi biaya ini sudah bisa memberikan prestasi.
sumantri suwarno @mantriss
Tetapi di luar masalah yang text book tadi -- yang lebih rumit adalah terlalu banyaknya intervensi stakeholders. Dari pemerintah, DPR, hingga mitra-mitra bisnis utamanya. Bahkan banyak kasus, setiap direktur punya bos sendiri- sendiri.
sumantri suwarno @mantriss
Jadi kalau orang baru masuk ke sebuah BUMN. Fresh from the oven -- dengan membereskan dari sisi pengeluaran saja, hampir dapat dipastikan kinerjanya akan membaik. Tidah usah jauh- jauh bicara value creation.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.