Add to Favorite
0
Login and hide ads.
Dhimas Ginanjar @dimsdalle 22/01/2018 14:58:56 WIB
Akhirnya, resmi sudah ada aturan baru soal SNI. Mulai besok, boleh beli mainan dari luar negeri tanpa khawatir SNI! Malah, jumlahnya tidak hanya satu. Sampai tiga dengan berapapun harganya! Ntap! Sebarkan... jawapos.com/read/2018/01/2…
URL www.jawapos.com 2450 Resmi! Beli Mainan untuk Pribadi dari Luar Negeri Boleh Tanpa SNI Polemik perlu tidaknya sertifikasi SNI hasil pembelian mainan dari luar negeri untuk koleksi pribadi terjawab sudah. Perorangan dibebaskan dari ketentuan itu

Dari hasil rapat, seluruh pihak akhirnya menyepakati untuk memberi relaksasi terkait beleid SNI. "Dari hasil rapat itu, akan ada relaksasi atau pengecualian untuk impor mainan," kata Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Ditjen Bea Cukai, Deni Surjantoro kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Senin (22/1).

Dia menjelaskan, relaksasi pertama adalah penumpang akan diberi kebebasan sertifikasi SNI maksimal lima pieces per orang. Itu berlaku untuk yang membawa barang bawaan mainan impor dengan menggunakan pesawat.

Kedua, lanjut Deni, khusus barang kiriman dari luar negeri akan diberikan relaksasi sebanyak tiga pieces untuk kebebasan sertifikasi SNI. Selain itu, konsumen diberikan tenggat waktu 30 hari untuk bisa melakukan impor barang mainan melalui jasa ekspedisi dengan relaksasi yang sama.

Kebijakan relaksasi tersebut nantinya akan berlaku ke seluruh barang mainan. Itu artinya, tidak ada klasifikasi usia terhadap barang mainan impor tersebut. Bagaimana soal batasan harga? Deni menegaskan tidak ada masalah. Untuk barang koleksi, berapa pun harganya tetap tanpa SNI merujuk pada ketentuan baru itu.

Dhimas Ginanjar @dimsdalle 22/01/2018 16:12:02 WIB
@ValdiArief Jangan bikin aksi kayak yang viral itu ya mz
Dhimas Ginanjar @dimsdalle 22/01/2018 15:24:09 WIB
@Budi1393 @goenrock Klo helm shoei mainan boleh. Ini untuk mainan dulu relaksasi aturannya 😄
Pesta Demokrasi #PestaRakyat @budi1439h 22/01/2018 15:31:24 WIB
@dimsdalle @goenrock Iya bang @dimsdalle Haturnuhun, atas perjuangannya... Sepertinya kalo helm beneran, tidak bisa, alasanya industri dalam negeri.
ri @zkyputraZ 22/01/2018 16:22:47 WIB
@dimsdalle Akibat satu DX Hurricane Tricondor jadi begini. Wkwkwk...
イキー @rizkidp_ 22/01/2018 17:01:05 WIB
@dimsdalle Buat yg aturan 30 hari itu gimana ya maksudnya bang?
Alan @alansialan 22/01/2018 17:14:13 WIB
@rizkidp_ @dimsdalle Kayanya itu dalam rentang waktu 30 hari maks beli 3 mainan yg bisa bebas sni, mungkin buat ngehindarin pedagang yg mau curang bebas sni tiap hari order 3 kan lumayan
Dhimas Ginanjar @dimsdalle 22/01/2018 17:16:06 WIB
@alansialan @rizkidp_ Yap. benar. Dalam waktu 30 hari, hanya 3 mainan yang bisa diimpor. Jika dalam rentang waktu itu ada barang ke empat, maka ketentuannya berubah. Bukan lagi dianggap untuk pribadi.
Valiant @zugarijaru 22/01/2018 21:52:50 WIB
@dimsdalle kalo pindahan dari Jepang gimana ya? apakah kena aturan juga? pengen tahu kriteria mainan di aturan ini sih
Dhimas Ginanjar @dimsdalle 22/01/2018 22:28:19 WIB
@zugarijaru Barang yang sudah dipakai sehari2 biasanya g kena. Apalagi klo memastikan itu pindahan. Biasanya yg dipermasalahkan barang baru yang umumnya punya boks.
Capt. Jack Separoh @toegiono 23/01/2018 09:40:30 WIB
@dimsdalle Memang negara ini merubah aturan kaya bikin popmie aja 3 menit berubah. Ya pake logika lah, yg bawa mainan itu juga bukan importir mainan, berapa biji sih? Biar saya nanti bawa mainan gundam 1 biji saja, tapi yg ukuran 1:1 yg ada di odaiba deh pic.twitter.com/JEu6mKat4X
 Expand pic
Dhimas Ginanjar @dimsdalle 23/01/2018 12:03:07 WIB
@toegiono AKu juga pingin beli yang 1:1 ini buat di kamar
Luthfi Fathurahman @lfathurahman16 23/01/2018 14:06:03 WIB
@dimsdalle @toegiono Gabisa bayangin kalau punya apartemen. Kamarnya setinggi apa :(
Capt. Jack Separoh @toegiono 23/01/2018 14:48:19 WIB
@lfathurahman16 @dimsdalle coba kamu merem.... tenang dulu.....jangan panik...... nanti akan kebayang😁
ri @zkyputraZ 23/01/2018 13:40:37 WIB
@rizqiamandrak @dimsdalle Lho, jan jangan masnya ga tahu asal usul kasusnya nih. 😂
Dhimas Ginanjar @dimsdalle 23/01/2018 18:21:56 WIB
@rizqiamandrak @zkyputra Scrool ke bawah aja dari berita itu. Sudah ada alur beritanya. Yang pertama paling bawah

Akun Faiz Ahmad mengaku mainan Power Ranger yang dibelinya ditahan di Bea Cukai Bengkulu karena dianggap tidak sesuai SNI. Untuk alasan prosedural, pilihan yang tersaji adalah membayar biaya hingga 7-8 juta atau Bea Cukai akan memusnahkan mainan yang harga sebenarnya hanya 500an ribu tersebut. Akhirnya Faiz Ahmad pilih memusnahkannya, dengan tangan sendiri, dan merekamnya lalu diposting di laman Facebook Bea Cukai.

Story 3388 view 12 2 Kontroversi di Balik Aksi Netizen yang Merusak Sendiri Mainannya yang Ditahan Bea Cukai .. Penjelasan Dirjen Bea & Cukai soal mainan impor yang wajib SNI.
Rizqi Amandrak @rizqiamandrak 23/01/2018 18:20:36 WIB
@zkyputra @dimsdalle iyaa gan ga paham awalnya kenapa , bru denger kmren tiba2 yg bahas SNI itu trus hri jni udah ganti lgi peraturannya ga smpet cari tau gra2 apa
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa 23/01/2018 20:57:31 WIB
Jadi kudu ada kasus yang viral dulu, dinyinyirin habis2an sama netizen, dan beberapa ahli dalam kasus ini, baru keluar peraturan baru. Oh Indonesiaaaa.... twitter.com/dimsdalle/stat…

Bookmarked tags

No tags
Login and hide ads.