0
Komunitas Faktabahasa @faktabahasa
Kata gaul "gua" dan "elu" berasal dari bahasa Cina dialek Hokkien 我 (góa) "aku" dan 汝 (lú) "kamu". Sekarang bayangkan, ada orang teriak-teriak, "gua pribumi, elu cina-cina balik aja ke cina sono!", apakah tidak terdengar lucu? :) #faktabahasa
アジズ @seorangziz
@faktabahasa Padahal sekarang adanya Tiongkok bukan Cina😏😂😜
Komunitas Faktabahasa @faktabahasa
@aziz21official Tiongkok atau Cina, sama saja. Onghokham, lebih menyukai sebutan "Cina" dalam buku-bukunya. Di UI, nama jurusannya Sastra Cina, bukan Sastra Tiongkok... :)
玉• budak chai and pumpkin spice latte @siera_myrs
@cempakaimas @faktabahasa Wo (我) itu bahasa resminya. Gua/Guo itu dari dialek/bahasa suku Hokkian. Ibaratnya, kalau di bahasa Indonesia adanya "Saya", di bahasa Sunda jadinya "Abdi/Aing" atau "Beta" di beberapa suku Indonesia Timur.
yudiwijayaa @yudiwijayaa
@cldiaxxx @cempakaimas @faktabahasa goa dan lu itu dialek hokkian.ada dialek Hakka,canton dan hokkian.di hongkong org pake dialek canton,di Taiwan pake dialek hokkian.dll.di luar jakarta aja kalo org hokkian ngomng goa dan lu udah biasa tuh.
アジズ @seorangziz
@faktabahasa Jadi kalo penggunaan kaya kata di novel dsb, enakan pake yang mana?
nug @stormerzz
@aziz21official @faktabahasa Tiongkok → negaranya Tionghoa → orangnya Istilah ini dikeluarkan di akhir era pak SBY, digunakan agar lebih sopan & tak mengandung rasisme
M. Fahmi Arsyad @MFArsyad
@cldiaxxx @cempakaimas @yudiwijayaa @faktabahasa dialek atau bahasa sih, beda ya, klw dialek itu bahasa nya sama tp cara ngomong nya aja beda... klw menurut ku tu berbeda bahasa, seperti sunda dan Jawa, kedua ini bukan beda dialek, tp emg beda bahasa, klw dialek tu mis. sunda dialek pandeglang, atau purwakarta. #CMIIW
Komunitas Faktabahasa @faktabahasa
@MFArsyad @cldiaxxx @cempakaimas @yudiwijayaa Akan tetapi, untuk kasus bahasa Cina agak berbeda. Ada ahli yg mengatakan itu hanya dialek2, ada juga yg mengatakan itu bahasa2 yg berbeda.
weeeee @rdnderi
@faktabahasa Emang ada yg ngomong gitu, ada bukti ? Imajinasi kamu aja kali min.
[unzip my pants] akira ur so fkn awful xoxo @yarrayora
@rdnderi @faktabahasa walau kamu ngga pernah denger, bukan berarti rasisme terhadap minoritas keturunan cina itu ngga ada
Jus✝️ice @kertasnota
@faktabahasa @hwakmureo jangan lupakan makanan. Bakmie arti cinanya mie babi, tp di indo jd mie goreng pake ayam 😂 Bakpao arti cinanya roti isi daging babi, di indo bakpao itu roti warna putih yg di isi coklat, kacang tanah, daging ayam. padahal harusnya itu semua disebut PAO bukan BAKPAO #faktamakanan
Aliya Sin Sausan @alysausan_
@faktabahasa @heyimtebe Dan kata 'kepo' -pun asalnya dari kata "kay poh". Aku tau info ini dari buku China Rich Girlfriend 😂 pic.twitter.com/R6NUZd9Qmz
Expand pic

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.