[Inspiratif] Share Pengalaman Stase Forensik by @GiaPratamaMD

Chirpified
0
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Mulai yah, semoga trit ke 3 ini aman tentram damai nyaman, walaupun bakal bikin sedikit merinding2.

13/01/2018 17:40:18 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Waktu saya koas dulu, ada 3 stase yg tdk di Garut, salah satunya Forensik. Saya menjalani stase ini di Banten, tepatnya RSUD Serang. Stase ini tdk selama stase2 besar, Tapi stase ini salah satu yg paling berkesan.

13/01/2018 17:51:02 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Konsulen forensik saya kebetulan sepupu saya sendiri, yg saya tau dari dulu udh ganteng, setelah sekian lama ga ktmu akhirnya saya ketemu lagi di RSUD Serang, dan saya bilang Umur hanya bikin beliau jd bener2 Ganteng.

13/01/2018 17:51:51 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Sebagai Laki2 saja saya bilang Ganteng, yakin kan klo kalimat saya ini ga ada kontroversinya sama sekali di kalangan koas2 cewe. Semua sepakat dan mufakat. 😊

13/01/2018 17:52:27 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Hari pertama dimulai dengan bimbingan pembukaan dari beliau, kita semua sudah siap di ruang bimbingan, duduk sambil tertawa2, ngobrol, becanda2, roasting sana sini,timpuk2an kertas. "Assalamualaikum" tiba2 beliau masuk. Lgs diem semua, seganteng itu.

13/01/2018 17:53:35 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

"Selamat datang di Bagian Forensik RSUD serang" beliau membuka kalimat."Kalian akan berada disini beberapa minggu, ada hal2 yg perlu saya sampaikan untuk menyiapkan diri kalian menghadapi stase ini". Saya melirik ke tmn koas cewe sbelah saya. Lagi liatin beliau, Sambil mangap.

13/01/2018 18:02:26 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

"Kalian akan menjalankan hal2 yang tidak biasa, pasien yg kalian hadapi bukan datang hanya untuk berobat, tapi mencari Keadilan!". Saya lgs berpikir, wah berarti saya bagian dari penegak keadilan dong. I am a Justice warrior (tanpa Social). 😊😊😊😊😊😊

13/01/2018 18:10:47 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

"Sayangnya pasien yg datang ke kalian tidak semuanya bernyawa , tapi tetap dia butuh bantuan kalian!" bulu kuduk saya meremang. Saya dibutuhkan oleh pasien tak bernyawa.

13/01/2018 18:16:07 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

"Ada 2 hal yg kalian akan byk lakukan nanti, satu Visum Hidup, satu lagi Visum mati". Saya menyimak, "utk visum mati kita akan otopsi,kalian akan ikut saya,utk visum hidup kalian bisa lakukan sendiri sesuai petunjuk". Otopsi, Visum, saya coba utk mencerna kata2 itu.

13/01/2018 18:26:04 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

"Jenazah yang akan Kalian hadapi rata-rata korban kejahatan. bukan jenazah yang meninggal normal. Biasanya mereka meninggal karena pembunuhan, kecelakaan, atau bunuh diri. Bahkan, kadang kita tak tahu apa yang terjadi sebelum kita periksa". Saya 😐😓

13/01/2018 18:32:59 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

"Satu prinsip yang harus kalian pegang di bagian forensik adalah perlakukan jenazah dgn hormat! Tugas kita adalah mengungkap apa yang terjadi dgn korban menggunakan sisa-sisa petunjuk pada jenazah, sehingga kita dpt menentukan sebab kematian." Saya lirik tmn saya. Masih mangap.

13/01/2018 18:47:25 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Beliau lgs membagi kita ke dlm dua group, IGD dan Ruang Otopsi. Sambil mengenalkan kedua staff nya yg luar biasa. Tangan kanannya beliau. Mr. A. Minggu itu saya kedapatan IGD. Ga nunggu lama, saya dpt pasien, seorang ibu usia 30an.

13/01/2018 19:58:47 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

dtg dibawa oleh adeknya, dengan kondisi kesakitan dan menutupi wajah dgn tgnnya yg penuh lebam merah kebiruan. Saya memperkenalkan diri, dan izin untuk memeriksa. Lalu ibu itu menurunkan tgnnya. Saya tertegun.

13/01/2018 20:03:59 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Bibirnya Pecah, dahi kanannya benjol besar(walau tdk sebesar bakpao), mata kirinya bengkak, menjadi sipit dikelilingin lingkaran hitam, Pipi kirinya biru. Saya tanya pelan2 "ibu kenapa?" Dia jawab lirih. "jatuh,dok". Adiknya lgs teriak "Bohong dok!!"

13/01/2018 20:08:55 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

"Ini ulah suaminya!!" Jerit adiknya, trus ibu itu "Ssstt, diem kamu, Auuuww" sambil meringis kesakitan. "Ibu saya dari bagian forensik, saya akan foto dan catat luka2 ibu, catatan ini akan simpan bila ibu ingin ada tindakan hukum".. Adiknya, "ceraiin aja sih ka!!"..

13/01/2018 20:35:35 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

"Silahkan dok, tapi saya ga mau perpanjang kok, dia udh minta maaf, dia udh cium kaki saya, dia cinta sama saya dok"..

13/01/2018 21:02:14 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Saya lakukan sesuai prosedur, trus ibu itu meninggalkan rumah sakit. Saya kembali ke ruangan. Life in forensic continues, seminggu kemudian, ibu yg sama dtg, ketemu saya, tapi ga di IGD. Di ruang Jenazah.

13/01/2018 21:28:34 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Saya pandangi wajah Pucat ibu tersebut, masih tersirat wajah tersakiti, wajah kecewa, wajah penyesalan.. "Aku bilang juga apa kak.. 😭😭". Adiknya nangis2 di sebelahnya. Lalu saya rangkul adiknya, saya angkat, "turut berduka cita ya".

13/01/2018 21:45:50 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Saya lakukan visum Luar untuk keterangan polisi, saya tarik nafas dalam dan mulai pemeriksaan, prinsipnya, Tulis apapun yg kamu liat, semua, dari ujung kepala sampe ujung kaki.

13/01/2018 22:24:39 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Saya kerjakan ini berdua, saya yg mendeskripsikan, teman saya yang nulis. Menulisnyapun sudah dlm form baku, jd tdk ada yg terlewat. "Pakaian jenazah, kemeja wanita berwarna pink, tampak robek di sisi lengan kiri,dan kerah, kancing bagian atas terlepas", "ok bro",kata tmn saya.

13/01/2018 23:45:43 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

"Celana jenazah, jeans hitam no. 30, ditemukan di kantong depan, selembar uang 20rb, dan kantong blkng selembar foto".. "Foto gi? Foto apaan?" Tanya teman saya. Saya ambil dan saya liat lama, saya terenyuh, "ini foto kenangan keluarga bahagia".

13/01/2018 23:53:12 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Saya lalu lanjut mendeskripsikan luka2 menyembuh di wajah pada minggu lalu dan luka2 tambahan baru, "kedua mata terbuka 0,5 cm, luka lecet pada pangkal hidung ukuran P 1 cm L 1 cm, daun telinga kiri atas tampak robek, sejajar dengan memar di pipi kiri luar"

14/01/2018 00:02:26 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

"Luka robek sepanjang 2 cm pada dagu kiri,leher normal" lalu saya buka bajunya dengan cara melepas kancing2nya. Setelah terbuka semua, saya hanya sanggup berbisik "Astagfirullahal adzim".

14/01/2018 00:07:36 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

"Luka lecet pada dada kiri atastidak merata ukuran 7x5cm, jarak dari garis tgh tubuh 13 cm, Luka memar pada dada kiri bagian bawah, dijumpai patah beberapa tulang iga" lalu saya raba, salah satu patahannya teraba menusuk kearah jantung.. 😣

14/01/2018 00:21:22 WIB
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD

Setelah beberapa menit pemeriksaan pun selesai, What kind of evil can do such thing to his wife. Saya bertanya dalam hati, mungkin setanpun malu meliat kekejaman kepada istri yg bahkan setanpun ga akan sanggup melakukannya. Di foto itu ada anak balita, yg kini menjadi Piatu.

14/01/2018 00:27:29 WIB
Load Remaining (62)

Comment

No comments yet. Write yours!