Add to Favorite
0
Login and hide ads.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 11/01/2018 16:35:33 WIB
Ini politik identitas. Ini SARA. Tapi ngga perlu juga marah". Karena apa? Tidak ada kebencian di sini. Jelas bahwa problemnya bukan pada politik identitas. Namun soal kebencian. twitter.com/kompascom/stat…
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 12/01/2018 05:36:42 WIB
Ada A dalam SARA. Itu merujuk antar golongan/kelompok. Bisa ideologi, gender, orientasi seksual dll yg berbasiskan identitas. twitter.com/mhd_majid/stat…
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 14/01/2018 09:08:21 WIB
Komedi itu untuk bikin orang ketawa. Kalo bisa juga bikin orang sedikit mikir. Bukan bikin orang marah. Ngga ada yg lucu dalam menyinggung orang.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 14/01/2018 09:08:49 WIB
Gue sebal dengan orang" yang memang niatnya menyinggung atau menghina orang. Lalu menutupinya dengan balutan seolah" itu cuma lelucon. Please deh.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 14/01/2018 09:09:17 WIB
Apakah artinya ngga ada lagi bahan untuk humor karena setiap subject punya potensi untuk menyinggung sekelompok orang? Ya ngga juga. Srimulat, Warkop, Jojon cs dll bisa lucu tanpa bikin orang tersinggung.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 14/01/2018 09:09:43 WIB
Stand up comedy ini memang beresiko. Adopsi kultur Amerika yg perlu berproses dengan hati". Kecenderungannya nyinyirin orang.  Lain dengan ludruk atau srimulat yg memang mentertawakan diri/nasib sendiri. Bangunan humornya beda.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 14/01/2018 09:10:05 WIB
Para pelaku stand up comedy ini perlu punya self censorship. Berguna ngga sih ngetawain perilaku kelompok orang? 1 menit ha ha ha di ruangan lalu apa? Ngetop karena orang" marah?
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 14/01/2018 09:10:31 WIB
Dalam bangunan argumen yg sama, saya juga ingin menyoroti perilaku ustad" karbitan. Berdakwah itu untuk bikin orang untuk lebih baik. Apa guna menyinggung orang lain dengan balutan seolah" itu dakwah?
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 14/01/2018 09:10:53 WIB
Anda bisa kok untuk membuat garis pemisah yg jelas antara yg haq dan bathil tanpa menghina kelompok orang lain. HAMKA itu keras dan tegas dalam berislam. Saya ngga pernah dengar beliau menghina agama orang lain.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 14/01/2018 09:11:38 WIB
Poinnya adalah, masyarakat ini tidak bisa menghasilkan sesuatu yang baik saat yg dibesar"kan adalah keinginan untuk menghina dan menyinggung orang. Kalo situasi ini berlangsung terus, mau jadi apa kita?
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 14/01/2018 09:16:47 WIB
Ngga juga. Hate speech itu dilarang. Bahkan di negara" yg menganut free speech sebagai basis dalam berdemokrasi. twitter.com/apathoni/statu…
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 14/01/2018 09:45:25 WIB
Antara menyinggung/menghina dan pidana itu jaraknya masih jauh, guys. Ngga usah dideket"in. Thread tadi cuma soal akal sehat. Bukan mau mengkriminalkan komedian atau ulama" yg saya bilang karbitan. Duh!
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 15/01/2018 07:48:14 WIB
Bua ha ha. Gue kan ngga bermaksud menyinggung. Salah sendiri kulit loe tipis. Gampang tersinggung. Yg kayak gini adalah argumen orang yg mau menang sendiri.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 15/01/2018 07:48:46 WIB
Hidup bermasyarakat itu harus punya ukuran. Paham bagaimana bersikap dan bertindak. Ngga bisa kita semaunya bilang mak loe lonte lalu berharap orang ngga tersinggung.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 15/01/2018 07:49:14 WIB
Kalo anda mau menghina orang ya setidaknya tampak muka. Ngga usah sok dibalut dengan bilang itu cuma jokes. Apalagi bilang itu dakwah.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 15/01/2018 07:49:35 WIB
Apakah menghina orang itu kriminal? Tergantung. Apakah hinaan itu dilakukan di depan umum dan berpotensi mencemarkan nama baik. Bikin laporan.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 15/01/2018 07:49:53 WIB
Ada yg tanya di TL gue. Kenapa ngga boleh menghina agama? Simple. Karena ada pasalnya. Dikhawatirkan bisa mengganggu ketertiban umum. Kalo yg lain? Belum ada pasalnya.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 15/01/2018 07:50:54 WIB
Apakah pasal itu bisa dihilangkan. Ya bisa aja. Kalo kita cukup punya wakil di DPR yg bisa mengubah itu. Karena pasal" semacam itu garis besarnya dibuat karena perbuatan itu berpotensi merusak kohesifitas masyarakat.
Pelan-pelan, Ardi! @awemany 15/01/2018 07:51:17 WIB
Apa saja yg bisa dikategorikan sebagai bentuk penghinaan? Ini cair juga. Ngga ada rumus baku. Ditentukannya di pengadilan. Tapi kenapa pengen banget menghina sih?

Bookmarked tags

No tags
Login and hide ads.