Add to Favorite
0
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Saya sedih. Gagasan yang baik seperti OKE-OCE hanya jadi bulan"an bagi musuh politik Anies Sandi. Padahal itu harusnya bisa jadi bumper bagi ketegangan sosial orang miskin dan kaya.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Dalam program seperti OKE-OCE partisipasi masyarakat atas dan terdidik sangat diperlukan. Karena core dari programnya adalah inkubasi bisnis. Mendidik dan melengkapi usaha kecil dengan skills dan akses.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Akses bisa dicarikan oleh pemprov. Banyak cara. Tapi skillsnya ngga akan bisa tumbuh secara masive kalo tidak ada partisipasi dalam bentuk volunteer"/ relawan. Pemprov ngga akan punya cukup sumberdaya. Cuma bisa jadi fasilitator.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Sandi ngga bisa dan ngga boleh memaksa direksi Bank DKI untuk ngasih bunga yg rendah. Tanggung jawab hukumnya ada di direksi Bank DKI. Paling dia bisa ganti Direksinya nanti. Tapi buat apa juga?
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Tapi tanpa ada upaya yg masif untuk meningkatkan skill para pesertanya, ya ngga akan ada juga direksi yg berani ngasih bunga rendah. Mentok di 7-9%. Ini harus dijadikan tanggung jawab sosial. Pengentasan kemiskinan itu tanggung jawab bersama.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Lawan politik Anies Sandi akan selalu mengolok" program ini. Mau diapain? Mudah"an dibukakan pikirannya kalo jurang antara miskin dan kaya ini melebar, mereka bisa ikut jadi korban sentimen antar kelas masyarakat.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
@penyejuk_hati_ @topelucky minta ganti direksi yang bisa nurunin sampai 7-9%. Yg ini saya setuju. Tapi ini kan harus diikuti penurunan resiko bank. Ya inkubasi bisnisnya harus jalan dulu.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Halah! Kalo soal bunga 13% itu sih gue menduga cuma manuver direksi bank DKI yg ditunjuk rezim lama. Bakal diganti dan nanti bakal berkoar kalo diganti karena soal ini. Kelakuan. :p
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Kalo soal rate, jangan salahin Anies Sandi dulu. Dukung aja mereka nanti kalo nanti ganti direksi Bank DKI.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Kalo gue yg ngomong ya bakal dibilang ngejelek"in rezim lama. Tapi ya gimana? Bank DKI ngasih 13% sementara Bank Jateng bisa ngasih 2%. Kalo Anies Sandi ngga ganti direksinya, baru gue bilang mereka omong kosong.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
@Stakof Sama kayak bunga komersial. Mereka cuma diberi kemudahan ngga pakai agunan. Secara banking mungkin cukup prudent. Tapi bank daerah itu punya tugas pemberdayaan.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Kita sepakat. Bunga 13% untuk program pemberdayaan usaha kecil seperti OKE OCE itu omong kosong. Yg beda cuma mengartikulasikan kekecewaannya. Anda melakukannya untuk ngetawain. Saya melakukannya agar itu dibenerin.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Tentu saja saya marah pada direksi bank DKI. Mau ambil jalan gampangnya aja. Memberdayakan rakyat kecil itu ngga ada jalan gampang. Buat saya direksi semacam itu memang perlu diganti. Bank Jateng aja bisa kasih 2%. Belajarlah pada bank Jateng.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Saya tahu 2% di bank Jateng itu buat pinjaman di bawah 2 juta. Tapi untuk plafon di atas itu s/d 25 juta mereka juga punya KUR dengan rate 7%. Ini lebih masuk akal. Dan ini masih jauh di bawah 13% nya bank DKI. Kampret.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Ada juga kekecewaan saya pada pak Sandi. Bagaimanapun juga Bank DKI itu punya pemprov. Ada komisaris yg harus menyuarakan kepentingan pemprov DKI. Masak yg gini diterima mentah"?
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Kalo concernnya pada resiko ya ajukan syarat" tertentu dalam pinjaman itu. Bukan cuma jadi perserta OKE OCE lalu bisa apply. Ada standard skills dan kompetensi yg sudah disertifikasi. Tapi bunganya harus rendah.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Bank DKI juga bisa menggunakan syarat sertifikasi untuk meminta akuntabilitas penyelenggara OKE OCE. Kalo" nanti ada NPL yg tinggi. Jadi ada insentif untuk melengkapi kemampuan bisnis tadi dengan baik. Bukan cuma ngumpulin peserta.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Gagasan yang baik jika dieksekusi dengan buruk ngga akan menghasilkan apa". Mudah"an ini menjadi tamparan yg bisa membuat pak Sandi memastikan tujuan awal OKE OCE bisa terlaksana. Ini janji kampanye yg penting lho pak.
Pelan-pelan, Awe! @awemany
Sebagian peserta itu tidak mencerminkan keseluruhan peserta. Datanya dari mana yg bilang peserta sanggup dan berani 20-30% sebulan? Gila aja. twitter.com/thisisandri/st…
Login and hide ads.