2
Login and hide ads.
  • 🌹 @revienrose 11/01/2018 21:09:13 WIB
    #memetwit malam ini dipersembahkan oleh ‘rahim yg terlepas’. Antara ngilu pengen stop baca tp penasaran. Parajiii kunaon atuh teu sabaran 😣😫😩 twitter.com/giapratamamd/s…
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 11:39:00 WIB
    Saya dulu koas di Garut. Di RSUD dr.Slamet. disana saya belajar byk. Penduduk kab. Garut tahun itu ada 2,5 jt org, rumah sakit pemerintah cuma satu itu. Kebayangkan berapa jumlah pasien yg datang setiap harinya.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 11:44:15 WIB
    Koas itu terdiri dari beberapa stase, ada 4 stase besar. Penyakit dalam, Bedah, Obgyn, Anak. Ini kami jalanin masing2 selama 10 minggu. Stase lain, seperti THT, kulit, mata, saraf, gigi, forensik itu maks 5 minggu.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 11:48:39 WIB
    Saya mau cerita ketika saya stase obgyn, sbg saksi ada dokter2 konsulen saya yg saya cintai, bidan2 rs yg satu tim sama saya dan juga adek saya sendiri yg kebetulan beda setahun sm saya namun ktk stase obgyn kita bareng. Ini bukan comic 8 atau petromak yg blm prnh sy tonton.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 11:52:38 WIB
    Pasien Obgyn buanyaakkk sekali disana. Kebayangkan 2,5 jt, minimal 10% adalah wanita masa produktif melahirkan. Rekor saya dan tim ketika jaga VK (ruang bersalin) selama 24 jam itu bantu melahirkan, 25 kali! Memang jd seperti pabrik anak bgt.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 11:56:43 WIB
    Dan teman2 jgn bayangin ruang VK nya itu satu ruangan buat 1 ibu, engga, satu ruangan itu ber Delapan! Ibu2 siap melahirkan semua, jadi klo ada satu ibu2 yg mau melahirkan, ibu2 yg lain nyemangatin! "Ayo bu, semangat! Ayo bu, ibu bisa! " 😆 dan itu mereka gantian disemangatin.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 12:06:12 WIB
    Itu ruangan selalu hectic, we can barely sit. Nah setiap pasien yg masuk itu kita selalu minta data2 kehamilan sebelumnya. Saat itu saya nanya data salah satu ibu, "Selamat siang bu, apa kabar? Blm mules2 yah. Ini Ibu hamil ke berapa?" trus dia jawab dgn wjh bahagia "ke 19 dok."
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 12:12:23 WIB
    Saya korek2 kuping saya pake kelingking, ini ga salah denger nih, "keberapa bu? " dia senyum lbh lebar lagi utk memastikan, "iya dok, bener kok sembilan belas" "ibu luar biasa", trus saya bercandain, "bu, bu, klo anak ke 13 namanya siapa bu? " mikirr dia lama, "kyknya Ujang",
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 12:21:56 WIB
    "Klo anak ke 9 bu, laki2 apa perempuan?" mikiir lagi dia, smbil dia angkat jari2 tangannya diurut satu persatu, "Perempuan dok" smbil snyum penuh kepuasan. Saya takjub. Trus ibu itu bilang "dok saya ini umur 40 tahun, saya nikah dari umur 16,jd hmpir staun skali saya melahirkan".
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 12:30:55 WIB
    "Wah luar biasa" saya memuji ibu itu, "iya dong dok psti luar biasa, nanti pas saya mau ngelahirin, dokter ga perlu repot, saya sih ga usah ngeden, Bersin! Aja bayi saya pasti keluar" saya ketawa ga ketahan.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 12:44:16 WIB
    Udh ketawa saya berhenti, ibu itu bicara lagi, "itu klo 19 dok, kalo nanti anak ke 25, bukan bersin dok, nguap aja tu anak lahir! " saya ketawa lagi ga ketahan. "Jadi skrg dokter bantuin ibu ini aja" sambil nunjuk ibu di sebelah bednya "ini anak saya yg pertama." saya terkesima.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 13:39:35 WIB
    Disaat yg bersamaan dtg lg seorang ibu, kok masih imut bgt, saya tanya, "ibu umur brp?" dia jwb, "17 tahun dok". Saya terkesima, mungkin disana sdh biasa, tapi ini pertama buat saya liat seumur 2 sma udh hamil 9 bulan. Say jd care bgt sm si ibu ini. Saya persilahkan berbaring.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 14:03:19 WIB
    Saya kmbali ke nurse station utk nulis2 status, sdg posisi nunduk nulis2 gitu dtg suami si ibu ini,nanya, "Dok, gmn kondisi istri saya?" sambil nunduk saya nanya, "siapa namanya, pak?" trus dia sebut si ibu 17 thn itu, pas saya dengak, saya kaget, si bapak masih pake badge OSIS!
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 14:39:18 WIB
    Saya liatin si bpk dengan takjub, kyk di sinetron2 wajahnya di zoom2 gitu. Trus saya ngomong dlm hati, "anak sma udh bakal punya anak, lo ngerti apa tentang kehidupan ini. "
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 14:43:56 WIB
    Lalu saja jawab. "Udah bapak (dia sendiri risih dipanggil bpk), tunggu aja di luar, krna byk ibu2 lain di dlm. nanti klo ada perkembangan saya kabarin ya". Saya lalu rutin cek pembukaan ibu ini. Setiap naik pembukaan saya kluar trus kasih tau ke kluarganya, "pak udh pembukaan 4".
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 14:59:57 WIB
    Setiap beberapa waktu saya periksa lagi dan lgs ngabarin lagi, "pak, bu udh pembukaan 6", "pak bu, udh pembukaan 8", "pak, bu udh pembukaan lengkap, mohon doa, saya mau pimpin persalinan!". Trus sekeluarga itu menjawab "baik, dok". Saya lgs pake apron dan sarung tangan.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 15:20:20 WIB
    Saya pimpin saat itu juga, dan "Oee oee", bayi laki2 lahir dengan selamat, saya serahkan ke koas bagian anak. Saya urus ibunya. Setelah selesai, saya maju kedepan untuk ketemu keluarganya lagi,ternyata tambah byk keluarga yg kumpul.Menunggu kabar kelahiran.Termasuk kedua ortunya.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 15:31:20 WIB
    "Bapak ibu, alhamdulillah bayi dan ibunya selamat, bayinya laki2". "Hatur nuhun, pak dokter". Kata mereka bareng2,trus tiba2,ibunya ibu itu maju kedepan trus bilang, "Pak dokter, punten, kami dari pihak keluarga mohon ijin, untuk menggunakan nama pak dokter utk nama bayinya."
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 20:00:23 WIB
    Di Stase obgyn itu ada jaga IGD, igdnya khusus namanya Ponek, saat itu jadwal saya jaga ponek. jam 2 pagi, pas lagi ngantuk2nya di tempat duduk, tiba2 ada yg ngetok kaca di depan saya. "Dok, punten dok, bade konsul" kata bpk2 dgn bahasa sundanya. Saya jwb, "muhun pak, aya naon? "
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 20:06:56 WIB
    "Muhun, dok, ari ieu naon(klo ini apa)?" sambil menyerahkan kantong kresek berwarna berwarna hitam ke saya, trus saya liat isinya, "Astagfirullah Pak! Ini sih Rahim! Ini yg punya mana?!" dia jwb, "di mbl dok". "Ya Bawa kesini! " bpk itu lgs lari secepat kilat ke mobil..
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 20:14:30 WIB
    Seorang wanita msk didorong dgn blnkar msk ke IGD. Wajahnya udh sepucat tembok,saya tnya kesluruh keluarganya,"Ini Gmn ceritanya?!" ibunya ibu itu jwb,"dia baru nglahirin dok,sm paraji(dukun beranak),anaknya lahir sehat,cuma td parajinya ga sbr nunggu plasenta jd narik tali ari2"
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 20:20:32 WIB
    "Plasentanya masih nempel sama rahim, jd pas ari2 ditarik, rahim ikut turun, turun, turun, trus pas sudah sampe kelaminnya dia bingung itu apa nongol2 berwarna kemerahan, ditarik lah semuanya, lepas semuanya". Saya 😰😨😵😱
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 20:25:46 WIB
    "Darah ngalir deras dok, sama parajinya pahanya lgs ditutup. Saya berantem sama bapak, saya bilang itu rahim, bpk bilang bukan" dengan wajah kesal. Saya lgs tensi, tensinya udh 80/20. Saya pasang infus dua line,itu infus ga ditetes2 lagi temen2, tapi diperes! Ini perlu transfusi.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 20:29:56 WIB
    Saya cek kebwh, udh ga ada drh ngalir,mungkin udh kebntuk bekuan darah,tapi kan saya ga tau gmn compang camping dalamnya.Smbil megang infus,Saya tanya,"Parajinya mana?" ini dok,tunjuk si ibu,trnyata parajinya ikut."Nih,bantu saya peresin!" jd dia pegang 1 kntong, bidan 1 kantong.
  • dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD 11/01/2018 20:33:13 WIB
    Sambil nunggu tanda2 vital membaik saya telfon residen obgyn yg sedang jaga, saya ceritain kondisi pasiennya, trus dia lgs jerit, "Apa?! Udh gia ayo kita operasi malam ini juga! " saya jawab, "siap dok.". Lgs masuk prosedur persiapan operasi cito, keluarga pun setuju utk operasi.

Comment

All Categories

Category related to Youtuber & Bloggger