HUT Ke-45, PDIP Deklarasikan Gerakan Pasti Indonesia

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar peringatan hari ulang tahun ke-45 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (9/1).
Party pancasila Megawati soekarno putri bintangpenuntunindonesia
0

Koran Sulindo – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar peringatan hari ulang tahun ke-45 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (9/1).

Acara ulang tahun itu yang bakal dihadiri Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan sejumlah ketua partai politik itu mengusung tema ‘Pancasila Bintang Penuntun Indonesia Raya.’

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut tema itu dipilih karena mencerminkan kesatuan bentuk. “Kami menyadari Indonesia adalah satu dan berdaulat. Ini sebagai bentuk suatu kesatuan. Semangat itu yang kini kami kedepankan,” kata Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Diponegoro 58, Jakarta, Selasa (9/1).

Hasto menambahkan dalam acara yang juga akan dihadiri 4.000 kader tersebut, Ketua Umum Megawati akan menyampaikan pidato politiknya. Sedangkan Presiden Jokowi bakal memberikan sambutan.

Lebih lanjut Hasto menuturkan, PDIP telah memerintahkan agar semua pengurus DPC dan DPD PDIP dalam memperingati hari ulang tahun partai melibatkan seluruh elemen masyarakat. “Partai harus melibatkan partisipasi masyarakat sekaligus hadir di tengah rakyat,” kata Hasto.

Di umurnya yang ke-45, kata Hasto, partai terus melakukan introspeksi dan otokritik untuk melihat kelemahan sekaigus menerima masukan dari tokoh masyarakat termasuk insan pers. “Kami selalu open mind membangun organisasi partai,” kata Hasto.

Ia juga menambahkan hari ulang tahun partai sekaligus digunakan untuk mendeklarasikan ‘Gerakan Pasti Indonesia’. Gerakan itu bertujuan menyelamatkan biodiversiti dan mempatenkan bunga anggrek yang hampir punah di sejumlah daerah.

Menurut Hasto penyelamatan bunga anggrek itu untuk menegaskan PDIP tak melulu bicara mengenai aspek-aspek pemenangan pilkada, yang belum mulai saja sudah tegang.

“Kami menempatkan hal hakiki bahwa politik merupakan peradaban, berkehidupan, dan hijau. Kami akan perjuangkan paten 45 anggrek endemik Indonesia yang hampir punah,” kata Hasto.

Abidin Fikri, salah satu panitia ulang tahun menambahkan PDIP bakal bekerja sama dengan kader di semua daerah yang wilayahnya memiliki bunga anggrek langka. “Kami akan kembangkan riset dan penelitian bersama-sama dengan pemerintah daerah,” kata Abidin.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP DKI Jakarta, Hadi Wijaya mengatakan pihaknya yang didapuk menjadi tuan rumah siap melaksanakan perintah partai. “Kami siap melaksanakan perintah. Sekitar 4000 orang akan hadir. Bahkan protokoler istana juga sudah memastikan presiden akan hadir.” Kata Hadi. [CHA/TGU]

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.