1
Daemoen @Mentimoen
1. Kultwit sedikit soal "keaslian" Alkitab. Yg membawa issue ini sangat ga ngerti tentang Alkitab. Pada dasarnya umumnya pandangan ini berdasarkan kacamata kuda dr kalangan muslim.
Daemoen @Mentimoen
2. Pandangan Islam ttg Quran sangat tidak lazim digunakan di semua agama, misalnya menganggap Kitab "diturunkan" langsung dr Alllah lewat malaikat. Dalam kacamata spt itu, semua pertanyaan tentang asal kitab harus dibungkam, krn mengganggu keimanan.
Daemoen @Mentimoen
3. Alkitab sendiri bukan satu buku besar. Itu dari bbrp buku, masing2 dgn sejarah dan penulisnya. Tidak semua kitab tersebut jelas siapa yg nulis. Kitab2 itu ada dlm kondisi demikian sampai nanti waktu "dibakukan".
Daemoen @Mentimoen
4. Pada dasarnya, kitab2 itu bisa disebut sebagai TRADISI, artinya warisan yg diturunkan dari generasi ke generasi. Proses penulisan kitab itu juga bkn satu waktu, tetapi dari generasi ke generasi bertambah.
Daemoen @Mentimoen
5. Proses penulisan sampai terjadinya Alkitab dgn demikian: PENULISAN - KOMPILASI - CANONISASI. Canonisasi adalah proses menentukan kitab2 tersebut sebagai tradisi otentik. Itu juga berlangsung berabad2. Canonisasi Kitab2 Yahudi terjadi kira2 200 SM s/d 200 M. Jadi lama.
Daemoen @Mentimoen
6. Tentunya mrk yg beriman bilang kitab2 itu ditulis dgn bimbingan Roh Tuhan dsb. Tetapi pada dasarnya, itu kitab2 untuk merecord pengalaman iman masing2, campur bumbu2 sejarah sana sini, campur ramalan sana sini.
Daemoen @Mentimoen
7. Bbrp ratus thn sebelum Masehi, atas sponsor Firaun Mesir Yunani, kitab2 tradisi Yahudi diterjemahkan kedalam bahasa Yunani, yg disebut SEPTUAGINT. Septuagint kemudian merupakan sumber bagi kitab2 suci Kristen Perjanjian Lama.
Daemoen @Mentimoen
8. Dalam mengkompilasi kitab2 tersebut, Septuagint juga dibantu oleh Kitab2 berbahasa Ibrani, misalnya Teks Masoretik. Kemudian Kitab2 tersebut ditetapkan sebagai kitab tradisi otentik kristen (kanon).
Daemoen @Mentimoen
9. Proses terjemahan kitab2 itu dlm bahasa2 lain kemudian dilakukan, misalnya pada awal ke dlm bahasa Latin, menjadi kitab yg terkenal sbg VULGATE. Dari sana kemudian diterjemahkan dlm banyak bahasa2 Eropa dan bahasa2 dunia lainnya.
Daemoen @Mentimoen
10. Dalam setiap terjemahan, YG DIPENTINGKAN ADALAH KEOTENTIKAN INFORMASI YG TERKANDUNG, BUKAN BENTUK TEKS. Karena itu, proses terjemahan dan kompilasi ini memerlukan ketrampilan sebagai peneliti dokumen yg tinggi. Text dari berbagai sumber dianalisis, dan ditulis terjemahannya.
Daemoen @Mentimoen
11. Jika ada yg meragukan, tentunya selalu bisa dilihat ke text2 awal dlm bahasa Ibrani, Aramaic, atau Yunani. Semua ini untuk memastikan keotentikan informasi. Yang penting SEMANTIKNYA.
Daemoen @Mentimoen
12. Bible mana yg lebih bagus, Bible pada awal kristen, atau Bible saat ini? Nah, ternyata yg lebih tepat adalah yg SAAT INI. Selain tulisan itu sdh diriset lebih baik, juga terus ditemukan rekaman2 awal. Terakhir di abad modern ditemukan TEXT LAUT MATI, itu benar2 banyak.
Daemoen @Mentimoen
13. Karena jumlahnya banyak, text laut mati (The Dead Sea Scrolls) benar2 membantu pemahaman semantik dari Bible, sehingga puluhan tahun sesudah penemuan text tsb, semua terjemahan Bible mengalami perubahan signifikan.
Daemoen @Mentimoen
14. Jika Anda ada Bible dlm Bahasa Inggris, coba lihat namanya. Jika pada nama ada kata NEW (Baru), kemungkinan besar itu artinya, terjemahan yg sdh diperbaharui dgn informasi dari Text Laut Mati.
Daemoen @Mentimoen
15. Jadi semakin hari, semakin jelas apa yg dimaksud dlm Bible krn riset tersebut. Kata2 yg bermakna ganda, atau kata2 ga jelas, semakin jelas apa arti semantiknya. Pd dasarnya, Bible modern adalah hasil research lebih dari seribu tahun, dimana setiap kali kualitasnya bertambah.
Daemoen @Mentimoen
16. Karena itulah, kalo ada yg bilang, Keaslian Alkitab diragukan.. Lha, apa yg asli? Dari semula mmg terus mengalami proses penambahan dsb kok. Ga ada kepercayaan dalam agama Yahudi dan Kristen yg bilang kitab2 tsb jatuh dari langit.
Daemoen @Mentimoen
17. Dokumen2 dalam Bible telah mengalami telaah ekstensif. Dianalisis luar dalam. Misalnya kitab Taurat, dilakukan documentary analysis, ditemukan bbrp gaya bahasa dan cara pandang, shg didpt latar belakang penulisnya.
Daemoen @Mentimoen
18. Krn itulah, dlm perspektif ini, mempertanyakan keaslian Alkitab itu sangat ga relevant, dan memperlihatkan kekurangan pengetahuan yg mempertanyakan. Umumnya yg mempertanyakan punya pandangan keagamaan yg sempit, suka main pokoknya begini begitu.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.