0

DPRD Karanganyar bakal menyusun Rancangan Peraturan Ddaerah (Raperda) Pelestarian Budaya Lokal pada 2018 mendatang.

Semakin banyaknya jumlah anak dengan nama yang kebarat-baratan agaknya mengundang keprihatinan tersendiri bagi para pegiat budaya lokal.

Nama-nama anak yang punya identitas lokal semakin susah ditemukan. Yang ada justru nama-nama yang identik dengan nama-nama khas luar negeri.

Keprihatinan inilah yang kemudian menginisiasi DPRD Karanganyar untuk menyusun Raperda pelestarian budaya lokal.

“Kami memandang perlu membahas raperda inisiatif yang salah satunya terkait pelestarian budaya lokal,” kata Ketua DPRD Karanganyar Sumanto.

“Fenomena yang ada saat ini, banyak orang tua yang memberikan nama ke anaknya mengandung budaya barat. Padahal, di dalam budaya Jawa itu banyak sekali nama yang layak, seperti di tokoh pewayangan. Jadi tak harus memberikan nama ke anaknya dengan pengaruh budaya barat. Ini bagian melestarikan budaya Jawa,” jelas Sumanto.

Melalui Raperda ini, nama-nama lokal diharapkan kembali berjaya dan tidak kalah oleh nama-nama luar negeri.
Nantinya, Raperda pelestarian budaya lokal ini salah satunya akan mengatur perihal pemberian nama anak.

URL Mojok 1811 Raperda untuk Mengurangi Nama-Nama Anak yang "Ngeropah" - Mojok.co Melalui Raperda ini, Para orang tua diharapkan memberi nama anaknya dengan nama-nama khas lokal, bukan dengan nama-nama ngeropah.
Wulan 🐱⚽🏸✈🛫 @csi_wulan
Satu lagi DPRD yang nggak paham prioritas, Terserah dong mau kasih nama anak dari bahasa apapun >> Lewat Perda Ini, DPRD Karanganyar Imbau Ortu Tak Beri Nama Anak Kebarat-Baratan m.solopos.com/2017/12/29/lew…
Agus Mulyadi @AgusMagelangan
Di Karanganyar ada Raperda pelestarian budaya lokal yg akan mengatur warga agar tidak memberi nama anaknya dengan nama kebarat-baratan. Di Bengkulu ada Raperda ketahanan keluarga yg akan mengatur pelajar agar tidak berpakaian seksi. Ini lama2 posisi bercinta pun masuk Raperda.
Komisi Wasit @MafiaWasit
Biar ga ada pemain lokal di SEMarang bernama Ruud Gullit, atau pemain Bandung bernama Gian Zola dan Beckham, apalagi kiper Indonesia bernama Gianluca Pagiluca Rossy yg juga anak mantan pemain PSIS Sem itu. Btw, Perda ini nanti apa juga melarang orang tua kasih nama berbau Arab? pic.twitter.com/ToW8ILw5No
Expand pic
Agus Mulyadi @AgusMagelangan
@dewi_atikadewi Poinnya bukan ke perda atau raperdanya. Tapi lebih ke wacananya.
Agus Mulyadi @AgusMagelangan
@dewi_atikadewi Tak perlu sampai jadi perda, sekadar raperda pun itu sudah membuktikan bahwa ada wacana serius soal itu (soal pakaian seksi atau nama kebarat-baratan)
Faajar .ℜ @fajarriyantober
@AgusMagelangan Saya orang asli Karanganyar, dan setau saya Karanganyar ndak gitu mas..
#SangGubernurNingrat @BGambul
@AgusMagelangan Yg adil donk....anti nama kebarat2an dan ketimurtengahan juga..pokoknya kudu Indonesia aselik...
Agus Mulyadi @AgusMagelangan
@fajarriyantober Lho, kemarin saya juga baru jadi orang karanganyar, kok beda... 😂😂
budi azhari @_budiazhari
@AgusMagelangan Sebenarnya ini resiko lumrah dari demokrasi dan otonomi daerah. Di wilayah lain di INA banyak juga aturan2 yang 'aneh'. Tapi kalau masyarakat, pemda, dprd d wilayah tsb sdh sepakat maka sah2 saja. Aneh itu relatif, yg tidak suka tinggal diujikan saja lewat proses legal (MK)
budi azhari @_budiazhari
@AgusMagelangan Karena biasanya yg merasa 'aneh' itu orang d luar wilayah tsb. Kalau warga di sana mendukung, yang orang luar juga jangan memaksakan 'nilai' nya dong. Kebijakan 'unik' lain bahkan banyak kok di dunia. Kecuali kalau bertentangan dgn konstitusi bisa diperkarakan.
Oni Hardianto @liperpuul
@AgusMagelangan Program raperda nya kelihatannya bagus bagus kok itu. Selama masih masuk akal sehat kenapa nggak?
abuouo @TjahjadiJudono
@mojokdotco @rwidiwijaya iseng nany neh..ni raperda mlanggar ham ngk y? utk yg ngerti hukum, mhon dbantu krn kl y sebaikny ni dgugat sblum jd masalah
Eva Limbong @evaalimbong
Meski sa memang bukan penggemar nama2 ngeropah, tapi apa iya bahkan memberi nama untuk anak pun harus diatur juga? Aya aya wae~ mojok.co/redaksi-mojok/…
cakra @prmnkaka
@MafiaWasit Negeri merdeka apaan sampe kasih nama aja diatur-atur~
beth hov ven @ygroyy
nama gw kena ban nih kalo perda ini ditetapkan.. yorgy dari hungary sama bethoven dari netherland.. padahal tar anak mau ku kasih nama bethoven atau yorgy junior 😂😂 twitter.com/mojokdotco/sta…
العظيم فَجْر @fajar__an
@MafiaWasit Lah @OfficialRadja naingolan malah pake nama ketimur-timuran, gak nasionalis banget, gak menghargai sejarah negara, kenapa dia gak di suruh pindah negara yg sesuai namanya aja 🙊🙊🙊
Seonggok upil kering @fitrahnugroho69
@MafiaWasit Biar apa?? nasionalis ya shit?? Biar ga dicoret dari timnas ya?? Trus orang dengan nama2 yg "ngeropah" mau dikumpulkan jg?
Endro @ENDRO_25
@MafiaWasit Bener, harusnya kasih nama yang lebih nasionalis, Edy misalnya

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.