1
Adimas @adimpil
Oke, gara2 baca twit galer yang mutih dan ngrowot, jadi pengen memetwit tentang pengalaman almarhum kakek dan nenek yang pernah tapa mbisu.
Adimas @adimpil
Jadi, kalo dari cerita ibuk, dulu alm kakek sama nenek pernah njalanin tapa mbisu sewaktu masih jaman perang. #memetwit
Adimas @adimpil
Aku masih gak paham alasan mbah njalanin tapa mbisu. Tapi kalau kata orang jaman dulu, ini semacam melatih diri menahan emosi :/
Adimas @adimpil
Jadi, diceritakan oleh ibuk (apa nenek langsung aku lupa) kalau tapa mbisu ini dijalani dengan berjalan beberapa putaran mengelilingi desa dengan tanpa mengeluarkan kata2 apapun. Membisu.
Adimas @adimpil
Tapa mbisu ini dijalani dalam periode waktu tertentu gitu, entah 7 hari entah 40 hari dan harus nonstop apapun yang terjadi.
Adimas @adimpil
Nah, kakek ama nenek w ini menjalani tapa mbisu ini. Tiap lepas tengah malam, jalan berdua gandengan tangan keliling desa dalam diam.
Adimas @adimpil
OIYA INGET, YANG CERITA NENEK LANGSUNG HAHAHAHAHHAHA SOALNYA INGET BANGET CERITANYA DULU DARI SUDUT PANDANG ORANG PERTAMA!
Adimas @adimpil
Nah, selama menjalani Tapa Mbisu ini, nenek selalu melihat hal2 yang luar biasa. #memetwit
Adimas @adimpil
Nenek pernah bilang, suatu ketika pas lagi tapa Mbisu, nenek berpapasan sama api terbang. Kalau orang jawa nyebutnya banaspati. Nenek gak boleh teriak, beliau bilang cuma merem sambil pegangan kakek erat2.
Adimas @adimpil
Mungkin kayak gini ya kira2 Kayak bola api terbang, tapi ada juga yang bilang kalo kepala yang membara dan terbang. pic.twitter.com/Y6p5HRg4Lt
Expand pic
Adimas @adimpil
Nenek juga bilang, hujan kayak gimana, ini Tapa Mbisu harus tetep dijalanin. Kalau hujan, kakek sama nenek cuma berlindung dibalik sarung. Udah gitu doang.
Adimas @adimpil
Nenek cerita juga, pas lewat pohon gede gitu, mereka "dikencingin" genderuwo. Aku gak tau ini sejarah dari mana, tapi di desa ku udah berkembang kalau genderuwo nakutinnya pake cara "ngencingin" orang yang lewat.
Adimas @adimpil
Nah, nenek cerita, kalau beliau liat macem2 bentuk makhluk2 itu. Ya bayangin aja sih, desa jaman perang masih sangat jauh dari kata "peradaban" Pohon bambu, sawah, kebon..
Adimas @adimpil
Nah, yang paling bikin nenek ku beneran takut sampe gemeteran.. Ada satu penampakan yang gak bakal beliau lupain.
Adimas @adimpil
Waktu itu nenek bilang, kayak biasa habis jam 12 malem kakek ama nenek siap2 tapa mbisu. Jalan lah mereka ngelilingin desa. Salah satu rutenya lewat depan pemakaman. (Desa w cuma ada satu makam)
Adimas @adimpil
EH GAK DING GAK CUMA SATU maaf salah inpo :( Ada 3 ternyata.
Adimas @adimpil
Nah kalian pasti tau kan, kalau di desa2 pasti makamnya dilengkapi sama keranda mayat yang ditaro gitu aja ntah di bagian depan ntah di belakang atau ada gudang khusus gitu.
Adimas @adimpil
Nah habis lewat dari makam (IDK WHICH ONE YA, DON'T ASK ME) nenek tuh bilang udaranya makin dingin. (Oiya nenek sama kakek jalan cekeran/barefoot) Makin jalan, makin jauh.. Nenek ngerasa perasaan gak enak. Mendekatlah ke kakek.
Adimas @adimpil
Kakek tau sih, kalau udah gitu pasti nenek digandeng kenceng. Nah, seiring terus berjalan. Nenek ku tuh denger suara lonceng samar2.
Adimas @adimpil
Makin lama... Makin deket.. Makin kenceng suara lonceng.
Adimas @adimpil
Samar2 nenek mulai denger suara2 orang banyak. Suara2 sekelompok orang jalan gitu. Dan sayup2 nenek ku denger suara.. Tahlil... "Lailahaillallah.." Berkali2.. Sayup2.
Adimas @adimpil
Pelan2.. Suara tahlil makin kenceng Suara lonceng makin kenceng Nenek juga makin kenceng pegangan kakek. Nah pas ini, kakek nutupin kepala nenek pake sarung.
Adimas @adimpil
Nenek sembunyi dibalik sarung. Sampe akhirnya nenek sadar. Suara orang tahlil itu udah ada di samping beliau sama kakek. Nenek ku penasaran... Trus beliau ngintip dari balik sarung.
Adimas @adimpil
Pas diintip Nenek ku liat.. Keranda mayat terbang. Keranda mayat ini seakan2 lagi diangkat dan diarak orang banyak. Suara tahlil juga kenceng Suara lonceng juga kenceng.
Adimas @adimpil
Kalau kalian kepikiran Keranda yang terbang bukan keranda besi. Bukan. Tapi keranda mayat yang kayu dan jadul. Kayak gini. Terbang di tengah malam Plus suara tahlil Plus suara lonceng. pic.twitter.com/cQKd8RfZpv
Expand pic
Expand pic
Load Remaining (3)

Comment

Login and hide ads.
Login and hide ads.