2
Ryu Hasan @ryuhasan
Bedes melihat beginian, bedes lain ngarang cerita, bedes lainnya lagi mengimani cerita karangan bedes pengarang.... bedes memang mbulet twitter.com/historyinmomen…
Ryu Hasan @ryuhasan
Umur mitos kutukan Pharaoh Tutankhamen alias King Tut ini sebenernya belum 100 tahun.
Ryu Hasan @ryuhasan
Ya memang banyak seh bedes yg dengan tegas (sambil berteriak dan mendelik2) bilang tidak percaya kutukan dan segala macam yg mereka anggap sebagai tahayul
Ryu Hasan @ryuhasan
Tapi pada umumnya bedes2 hanya tidak percaya pada kutukan yg berhubungan dg keyakinan bedes lain. Kalo kutukan yg berhubungan dg keyakinan bedes itu sendiri ya harus diimani :)
Ryu Hasan @ryuhasan
Mitos tentang kutukan Tutankhamun ini dimulai dg kejadian di thn 1922, kuburan raja ini ditemukan. Saat itu koran2 di Eropa juga melaporkan adanya prasasti di dekat pintu makam King Tut yg berbunyi: “kematian segera mendatangi mereka yg menyentuh makam pharaoh”
Ryu Hasan @ryuhasan
Nah kelakuan bedes ya sama aja seratus tahun lalu dan sekarang. Dibuatlah cerita kutukan King Tut yg kemudian diyakini banyak bedes di dunia. Diberitakan bahwa semua arkeolog dan para pekerja yg menodai makam mati secara tragis.
Ryu Hasan @ryuhasan
Bedes mendengar, bedes percaya, bedes mengimani :) Jarang ada bedes yg nanya, apa iya arkeolog2 pembongkar makam King Tut itu mati secara mengerikan di usia muda? Kalau dirunut asal muasal ceritanya begini...
Ryu Hasan @ryuhasan
±3.300 thn lalu, Raja Muda Tutankhamen bernasib tragis meninggal di usia 18 thn, memerintah sangat singkat (1361-1352 SM). King Tut adalah raja ke 3 dari 4 Raja2 Amarna (dinasti ke 18). Total ada 170 Firaun dari 31 dinasti yg berkuasa selama 3 milenium lebih di Mesir.
Ryu Hasan @ryuhasan
Nah, dinasti ke 19 tidak suka dg peraturan yg dibuat oleh ke 18. Sehingga kemudian Raja2 Amarna dicoret dari daftar keluarga raja. Semua kuburan dan monumen2 yg berhubungan dg dinasti Amarna dihancurkan, ya termasuk monumen King Tut.
Ryu Hasan @ryuhasan
Keberadaan makam raja2 (firaun/ pharaoh) dinasti ke 18 benar2 sudah dilupakan di masa dinasti 20. Ketika kepala arsitek mulai membuat makam Ramses VI. Saat itu sudah tidak ada yg tahu lagi bahwa mereka sedang melakukan pembangunan makam Ramses VI di atas makam King Tut.
Ryu Hasan @ryuhasan
Makam Firaun Tutankhamun termasuk yg dilupakan karena dia adalah pharaoh yg tdk mengesankan dlm 8 thn pemerintahannya. Tapi justeru hal ini membawa keuntungan, sampai 3.300 thn kemudian makam King Tut selamat dari perampok dan penjarah kuburan. Harta karunnya utuh tak tersentuh.
Ryu Hasan @ryuhasan
November 1922, Howard Carter seorang arkeolog, merasa frustrasi karena dia sudah menghabiskan waktu 7 tahun mencari makam Tutankhamun di lembah raja2, di Luxor, dan tidak kunjung ketemu.
Ryu Hasan @ryuhasan
Dalam frustrasinya, Howard Carter secara spekulatif memerintahkan para pekerja menggali di bawah makam Ramses VI. Dan hanya 4 meter menggali, mereka menemukan pintu masuk ke makam King Tut! Bingo!
Ryu Hasan @ryuhasan
Di dekat pintu makam Firaun Tutankhamun itulah prasasti “kematian segera bagi penoda makam” terpahat rapih.
Ryu Hasan @ryuhasan
Pintu itu ada pd dinding batu dg tinggi 3m lebar 2m, pada langkah ke 20 mrk menemukan lagi bagian atas pintu batu lain yg masih tertutup. Howard sangat gembira dg temuan ini, dia segera mengundang Lord Carnarvon yg membiayai proyeknya utk datang dlm acara pembukaan makam.
Ryu Hasan @ryuhasan
Tanggal 24 november 1922, Howard Carter dan Sir Carnarvon sendiri juga yg bareng2 menyingkap pintu batu yg masih memperlihatkan segel Raja Tutankhamun itu.
Ryu Hasan @ryuhasan
Setelah pintu terbuka, mereka masih memerlukan 2 hari untuk membersihkan puing2 ditangga sebelum menemukan pintu ke-2 yg bersegel Royal Necropolis dan segel pharaoh Tutankhamen.
Ryu Hasan @ryuhasan
Di balik pintu ke-2 itu lah mereka menemukan harta karun yg luar biasa banyaknya, memerlukan waktu 3 bulan lebih untuk mengumpulkannya.
Ryu Hasan @ryuhasan
Mereka menemukan sisa2 mumi dalam 3 peti mati / sarcophagus juga di ruangan itu. 2 peti mati yg ada paling luar terbuat dari emas yg dipasang pd rangka kayu. Sedangkan sarcophagus yg ada di tempat yg paling dalam, yg berisikan jasad King Tut terbuat dari emas murni.
Ryu Hasan @ryuhasan
6 april 1923, 50 hari setelah membuka segel, Lord Carnarvon meninggal akibat pneumonia, komplikasi luka gigitan nyamuk yg terinfeksi. Saat itu belum ada yg namanya antibiotik, luka infeksi kecil pun sering berakibat fatal.
Ryu Hasan @ryuhasan
Nah langsung saja para bedes2 jurnalis Eropa saat itu menghubung2kan kematian Lord Carnarvon dg prasati yg ada di dekat pintu makam Firaun Tutankhamun
Ryu Hasan @ryuhasan
Koran2 di Inggris, menyebutkan kutukan Pharaoh Tutankhamen lah yg membunuh Lord Carnarvon. Padahal prasati itu bukan bagian dari makam King Tut
Ryu Hasan @ryuhasan
Prasasti 'kematian segera mendatangi penoda makam' itu adalah bagian dari bangunan makam Ramses VI. Tidak ada prasati kutukan di makam King Tutankhamen.
Ryu Hasan @ryuhasan
Memang banyak seh, ditemukan di makam2 pharaoh lain ada prasasti ancaman, biasanya bunyinya brvariasi seperti: “jika ada orang yg menyentuh makam saya, ia akan dimakan singa, buaya dan kuda nil". Tapi di makam King Tut nggak ada prasati macam ini.
Ryu Hasan @ryuhasan
Harta peninggalan King Tut banyak dipamerkan di museum di seluruh dunia. Kebiasaan bedes, banyak kejadian di museum2 itu yg kemudian dihubung2kan dg kutukan pharaoh Tutankhamen ini.
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.