0

Film NAURA & GENK JUARA ramai jadi perbincangan setelah ada seorang netizen menyebut jika film yang dibintangi oleh Naura itu mendiskreditkan agama Islam. Bahkan dari situ, ada petisi yang dijalankan, dengan tujuan untuk menghentikan film anak yang melecehkan agama.

Story Dituduh Ada Unsur Lecehkan Islam, Film Anak 'Naura dan Genk Juara' Jadi Korban Seruan Bo.. Film 'Naura dan Genk Juara' kena seruan boikot setelah isu lecehkan Islam beredar di medsos. 8747 pv 7 3
Nana @ronavioleta
Review film Naura and genk juara. Film musikal anak2 yg memojokkan Islam. Kabar nya sutradara nya adlh @eugenepanji seorg pdkg ahok. Mau sy stalk akun nya. Sayang akun nya digembok pic.twitter.com/fE9wWLTYwR
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Ratna Sarumpaet @RatnaSpaet
Orang2 ribut Film “Naura & Genk Juara” src explisit memojokkan Islam. Kalau itu betul, Pemerintah, dlm hal ini Badan Sensor Film / Badan Perfilman @BadanPerfilman sebaiknya segera menarik film ini dari bioskop. Cc: @jokowi @aniesbaswedan pic.twitter.com/1yFYmFNjCT
Expand pic
siapa? @wprakoso_
Film Naura & Genk Juara bukannye sebelum tayang kudu nglewatin lembaga sensor ye? Kalo lembaga sensor menyetujui, brati dianggep aman kan yak? Nonton mah ga usah dibawa baper. Toh nyatanya jg banyak penjahat yg ngaku beragama. Apa bedanya?

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Seto Mulyadi pun angkat bicara. Awalnya mengaku geram saat beredar opini tersebut. Menurutnya, media film terlebih film anak, jangan sampai disusupi oleh unsur-unsur yang menyinggung suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

Namun setelah menonton, Kak Seto ini mengaku kekhawatiran itu tidak benar. Dia bahkan sangat terpesona dengan akting dan alur cerita. Kak Seto mengatakan, setelah melihat film tersebut, unsur pendidikan dan seni yang jarang ditemui dalam tayangan untuk anak-anak belakangan ini justru muncul dalam film itu.

"Saya tidak menemukan apa yang dikhawatirkan terkait pembahasan yang ada saat ini. Film itu justru menjawab kerinduan anak-anak akan sosok inspiratif seperti film petualangan Sherina,"

URL KOMPAS.tv 68 Kak Seto Soal Film Naura: Kalimat Istighfar Itu Spontan Seto Mulyadi menilai, tidak ada niat untuk film Naura untuk mendiskreditkan agama.
KOMPAS TV @KompasTV
Kak Seto soal film Naura: "Saya hanya mendengar satu ucapan astagfirullahalazim. Jadi itu spontan sekali pada waktu kaget. Tapi yang saya tunggu – tunggu (katanya) ada takbir, ada segala macam, kok nggak ada di film itu..." #FilmNaura. pic.twitter.com/LlYiFC97np
Expand pic
▪Indonesia Raya▪ @5wanlake
@udatauhid @si_cerdas @bangsa_patriot @KompasTV Agama yg satu itu kenapa selalu riweh ya? Kasihan... kesakralannya digerus oleh umatnya sendiri. Padahal hal sepele lho. Umat tinggal berkaca diri, amati baik2 refleksi yg terpantul di kaca. Banyak dzikir. Sebut al Fatihah. Niscaya akan dapat penerangan batin. Aamiin!
bul @_fasr
@KompasTV Yang nonton itu hasil download bajakan kali ,pas nonton tiba tiba kedengeran adzan.. Di studio mana ada
エコプートロ @putrohartanto
@KompasTV Sleding aja yang fitnah itu Kak Seto aku setuju keluarin sleding dragon kamu
Goesti A.Wijoyo @goestiwijoyo
@KompasTV @habibthink Bangsa ini harus segera sadar bahwa kaum 'pemabuk agama' sudah over dosis (OD) dan telah menjalar ke org2 yg bernalar rendah; bukan hanya bumi yg datar- otak merekapun rata! Kalo tidak dilawan scr tegas dan keras, bisa mundur bahkan hancur bangsa ini. Di Jkt sdh 58%!!!
#JanganlahDuluBerhenti @tweetspiring
@KompasTV manusia (beragama) jaman now: bikin & sebar fitnah tapi merasa tidak bersalah.
Haryo Agung @HaryoAgung
@KompasTV Bentar itu yg pada nampilin cuplikan filmnya ngambil dari mana? Ngerekam dalam bioskop? Bisa masuk dong pasal pembajakan karena ngambil gambar dalam bioskop?

Ketua Lembaga Sensor Film Indonesia (LSF) Ahmad Yani Basuki pun buka suara:

*"Film ini film musikal (seperti Petualangan Sherina). Berkisah tentang rombongan anak sekolah yang berkegiatan di sebuah hutan konservasi. Di tengah kegiatan itu ada 3 orang penjahat yang melakukan pencurian hewan dari kandang konservasi yang ternyata didalangi si petugas penjaga konservasi itu sendiri.

  • Tiga orang penjahatnya bercambang dan bertampilan agak kasar, sebagaimana layaknya tampilan penjahat pada umumnya. Satu di antaranya memakai celana pendek bukan celana cingkrang. Oleh karena itu jauhlah dari gambaran saudara-saudara kita yang sering dipandang sebagai radikal/ teroris, karena jenggot dan model celananya.

Sebagai film setting Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim, bisa-bisa saja penjahatnya beragama Islam. Sama wajarnya jika dalam negara yang mayoritas penduduknya non muslim penjahat non muslim. (Seperti dalam film Home Alone misalnya)
Ketika si penjahat di tengah malam di hutan lagi ketakutan karena mengira ada hantu, salah satunya berdoa. Karena dia muslim dia bacanya doa Islam. Tapi yang dibaca salah 'comot', yaitu doa mau makan. Karena itu ditegur temannya, doanya salah, doa makan. Ketahuan penjahatnya muslim- ya karena dia baca doa itu, yang cenderung latah-latah juga. Tapi tidak ada penggambaran spesifik atau kesan penegasan bahwa muslim itu jahat.

*Tidak bedanya jika ada film tentang kasus korupsi lalu koruptornya di dalam bui berdoa atau shalat, itu sama sekali tak berarti merepresentasikan Islam/umat Islam itu jahat. Bagi LSF, tidak terlihat adanya bagian yang secara jelas mendiskreditkan Islam?

  • *Jika dihubung-hubungkan dengan penista agama, rasanya terlalu jauh berspekulasi. Kita tahu kalo penjahatnya muslim pun ya hanya karena dia baca doa itu. Ketika akhirnya si penjahat terkepung, salah satunya memang membaca istighfar. Tetapi sekali lagi, bagi LSF, itu tdak serta merta menggambarkan pelecehan dan penistaan terhadap Islam.
  • *Untuk memahami film "Naura dan Genk Juara", kiranya memang perlu menonton langsung filmya. Dan akan semakin baik kalau pernah menonton film Petualangan Sherina, Home Alone dan atau Jenderal Kancil yg diperankan Ahmad Albar di masa kecilnya dahulu."

URL kumparan 427 Penjelasan Lembaga Sensor Film soal Kontroversi 'Naura & Genk Juara' Film 'Naura & Genk Juara' dinilai sebagian pihak mendiskreditkan Islam. Bagaimana pandangan Lembaga Sensor Film (LSF)?
89.6 I-Radio Jakarta @Iradiojakarta
Lembaga Sensor Film memastikan Film 'Naura & Genk Juara' tak menyiratkan pesan yang menyudutkan pihak terlebih agama tertentu. #Ifakta pic.twitter.com/gSdjprptT0
Expand pic
Umam @mass_umam
@mardiasih Pak Ahmad Yani yang bijak dan Mas Eugene Panji yg so cool hadapi cibiran.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.