Memancing Debat 'Praktisi' Kangen Water ttg Hoax Ada Izin Kemenkes & Khasiat yg Diragukan

Ada sejumlah alasan dan pengalaman pengguna kangen water menyebutkan mereka sembuh
0

Kangen water mendadak diributkan, setelah beredarnya informasi pernyataan Kemenkes RI, jika khasiatnya mengobati berbagai penyakit disebut hoax.

IG: BlogDokter @blogdokter

Sebenarnya dari dulu pengin menulis tentang Kangen Water ini, tapi gak enak sama lapak orang. :)

23/11/2017 08:37:34 WIB
Milana @mila__na__

@blogdokter tulis aja dok biar saya ga penasn.saya nyalain notif deh biar ga ketinggalan updatenya

23/11/2017 10:06:15 WIB
tes @rossi_irawan

@blogdokter Biar netral, tulis tentang manfaat meminum air basa saja dok

23/11/2017 13:39:28 WIB
Anisya Purnamasari @anisya__

@ecataaa @blogdokter Sy juga penasaran mba 😅 mau baca2 jurnalnya tp blm ada juga, mungkin dokter made udah sempet diskusi2 gitu dok? Jd ada pencerahaan buat ini. Harganya juga lumayan deh.

23/11/2017 09:17:08 WIB
Sweetuit @sweetuity

@blogdokter Sy ga cocok minum ini. Asli haid berhenti bbrp bln pdhl minumnya seminggu doang. Terus mood swing gila banget. Udh ga minum, ya udah aja ilang. Tp nunggu haidnya berbulan2. Ga lagi deh.

23/11/2017 08:44:44 WIB

Testimoni pengguna kangen water

Dari penelusuran yang ada, air alkali atau kangen water air alkali diklaim memberikan manfaat karena sifat basa air kangen bisa perlahan menggantikan cairan tubuh yang terlalu asam karena pola makan dan gaya hidup. Bisa memperlambat proses penuaan sel tubuh, mencegah kerusakan gigi dan tulang serta menormalkan aliran darah. Air ini juga lebih efektif untuk masuk ke dalam sel tubuh dan lebih cepat menghidrasi tubuh.

Ahsantany Lahmuddin @ahsantany

#KangenWater also cleans your colon! All diease starts in the colon. Kangen cleans you inside & out. #Enagic pic.twitter.com/4C6w9HoLDt

12/11/2017 20:24:28 WIB
Expand pic
Expand pic
Liza Jj Habib @LizaHabib

Alhamdulillah.. Atas ijin Allah SWT dengan wadilah #KangenWater seorang penderita #Tetanus bisa sembuh seperti... fb.me/9c559onjp

12/11/2017 23:07:27 WIB

Mesin pembuat kangen water

Maria Coleman @kangenlife365

LeveLuk SD501 - Enagic's Flagship Model The industry-leading continuous ionized electrolysis water generator system, the SD501 is the finest machine in its class. With the strongest electrolysis chamber available, fully-equipped with 7-Platinum-plated Titanium plates! pic.twitter.com/JIlT6aNsVi

22/11/2017 05:48:47 WIB
Expand pic

Pakar kesehatan saluran cerna menyebut kangen water (air alkali) tidak lagi menjadi manfaat ketika sudah masuk ke lambung, karena sifat asam lambung. PH-nya akan dinetralkan kembali.

detikcom @detikcom

Kangen Water Punya pH Tinggi, Dokter: Kena Asam Lambung Netral Lagi detik.id/6CLoDn pic.twitter.com/orY0nLMqkZ

23/11/2017 18:21:33 WIB
Expand pic

Dijelaskan Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FKUI RSCM, makanan dan minuman apapun yang masuk ke tubuh akan dicerna oleh lambung. Jika sifat asam maupun basanya terlalu kuat, tentu saja akan ada efek negatif yang timbul.

"Jadi kalau basanya terlalu kuat juga nggak bagus, karena akan membuat lambung rusak juga," tambahnya lagi.

Terlebih menurutnya, tidak mudah mengubah pH yang ada di darah manusia. Idealnya, pH darah ada di angka 7,35 hingga 7,45. Namun meminum air alkali dengan sifat basa yang pH-nya 8 ke atas tidak serta merta membuat pH darah menjadi sama nilainya.

Dhany Molgen @DMolgen

@detikcom tpi kok orng mag akut,diabet bisa sembuh total ya dok?😂 trus diabet yng kata dokter seumur hidup alias gk bisa diobatin pake obat ny dokter di kangen water kok bisa total ya sembuh ny?😂 #hidupsehat #tanpaobat #KangenWater😚

23/11/2017 19:06:28 WIB

Penjelasan BPOM

detikcom @detikcom

Ramai di media sosial soal kangen water, Kepala BPOM DKI Jakarta pun ikut berkomentar. Apa katanya? Simak di sini selengkapnya. via @detikHealth health.detik.com/read/2017/11/2…

23/11/2017 15:11:49 WIB

*Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan makanan Jakarta, Dra Dewi Prawita, Apt, Mkes turut mengomentari jika produk Kangen Water memiliki brosur dan iklan yang dinilai menyesatkan, karena menyebut air yang diproduksi oleh mesin kangen water sebagai obat dan bisa menyembuhkan penyakit.

  • "Jadi mereka itu menjual alat, nah itu disalahgunakan jadi menjual air yang klaimnya belum tentu benar, dan belum bisa dijamin manfaat, mutu dan keamanannya," tambahnya lagi.

Dewi mengatakan tidak ada produk air kesehatan yang mendapat izin edar dari BPOM. Produk yang ada saat ini hanyalah air minum dalam kemasan dan juga air isi ulang yang telah mendapat izin BPOM.

Dhany Molgen @DMolgen

@detikcom @detikHealth cumn orng bego dan males mikir yng bakal lngsung prcaya ini,saya salah satu bagian dari kangen water,asal kalian tau skrng yng ditakutkan orng farmasai adalah RS bakal sepi,obat gk laku,klw lu puny otak lu bisa cari tau gmna bhya obat yng ada izin BPOM ny,

23/11/2017 15:36:09 WIB
Dhany Molgen @DMolgen

@detikcom @detikHealth klw kalian pngen tw gma sbner ny kangen water kalian bisa dateng ke distributor trdekat kalian,dikit aja nih buat @BPOM_RI di RS atau dokter mereka selalu bilang penyakit diabet itu seumur hidup,atau tidak bisa diobati,tpi di kangen water? SEMBUH TOTAL,

23/11/2017 15:42:54 WIB
Load Remaining (15)

Comment

No comments yet. Write yours!