0
PesonaKisbet @kisbet_
Ngobrol2 mengenai adat batak ini yak. Yg benci jokowi memang selalu aja ada bahan utk nyela termasuk dari acara ngunduh mantu-nya kahiyang ini
PesonaKisbet @kisbet_
Ada orang yg nyinyir, halah krna jadi mantu nya presiden itu makanya sampe pake acara2 adat sampe bbrpa hari. Gak hrs kayak gitu2 juga bisaa kok. Dan yg ngomong ini memang mandailing yg gak mau pake adat dalam pesta. Dan ketika anaknya nikah gak pake adat.
PesonaKisbet @kisbet_
Dan memang di medan sprti yg pernah aku twitkan dulu. Jaraang orang mandailing di medan yg menikahkan anak pake adat mandailing. Hanya pelaminan dan pakaian aja pas resepsi adatnya gak ada. Jadi pas liat ada pernikahan adatnya sndiri scara lengkap mrka kaget dan nyinyir
PesonaKisbet @kisbet_
Lah knpa dulu malaysia klaim gordang sembilan sbagai alat musik mrka. Ya krna di sini gak dilestarikan. Gordang itu dipake ya pas acara adat. Tapi gak mau pake, ketika dipake ya dinyinyirin. Helaaaaaw
PesonaKisbet @kisbet_
Dan salah besar yg anggap pemberian marga ato acara adat mandailing nya kahiyang ini krna kahiyang anak presiden. Mau anak siapapun kalo mrka menjunjung tinghi adat istiadat mrka sndiri ya bakal sama pelaksanaannya kyk gini juga. Heboh dan meriah.
PesonaKisbet @kisbet_
Dan ada baiknya juga emang bobby jadi mantu presiden. Orang2 jadi tau apa itu mandailing yg mgkn kebanyakan orang tau batak itu hanya toba. Dan orang2 jadi tau adat istiadat mandailing. Dan semoga org2 mandailing di kota2 kalo menikahkan anaknya antusias pake adat.
PesonaKisbet @kisbet_
Gituuu loh. Jadi kalo benci pun sama jokowi gak usah urusin adat istiadat suku lain yg kelen sndiri pun gak pahami. Dan bagi orang mandailing yg juga ikut nyinyirin adat istiadatnya sndiri krna benci jokowi mending kelen gak usah ngaku jadi orang mandailing.
PesonaKisbet @kisbet_
Jadi knpa kahiyang harus diberi marga? Ya harus krna pesta adat pernikahan ini kan pernikahan dua marga. Gmna bisa pesta adat kalo kahiyang gada marganya. Posisi dia di adat itu di mana? Makanya diberi marga
PesonaKisbet @kisbet_
Knapa marga siregar? Ya memang marga pariban pada umumnya. Pariban kandung ato pariban dua kali. Tergantung kesepakatan. Marga lain bisa gak? Aku gak terlalu paham tp aku rasa bisa kalo ada pihak marga lain yg mau bersedia biasanya kalo deket dgn yg mau dikasih marga
PesonaKisbet @kisbet_
Udah gitu ajaaa sedikit penjelasan ke orang2 yg penuh iri dengki yg bisanya hanya mau nyinyir bahkan adat istiadatnya sndiri dinginyir hnya krna benci jokowi. Ada org yg mau mengenalkan dan melestarikan adat istiadatnya dinyinyir. Itu orang ato enggak :))
bukan tempat kursus @lia3x
@kisbet_ Sebenarnya semua suku punya adat masing-masing. Tergantung yang ngadain hajatan mau minimalis yang bisa menghemat budget atau melestarikan adat yang sudah pasti nambah pengeluaran lagi. Banyak yang ga ngerti tapi ribet ngomentarin. Kayak aku. ๐Ÿ˜‚
Elmo ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ ๐Ÿณ๏ธโ€๐ŸŒˆ @siriuslyelmo
@kisbet_ Bapakku, orang Jawa, dulu waktu nikah sama Mamakku, Panggabean, dapet marga Hutagalung. Dan adatnya 2, Batak sama Jawa ๐Ÿ˜… Sampai sekarang sepupu2 Batak kalo kawinan juga masih pake adat yang 3 hari ๐Ÿ˜ฌ
DoS @darmantompul
@kisbet_ Ya, yg kutahu pun begitu.Masuk ke marga Tulang atau yg di atasnya. Secara prinsip, yg serumpun atau marga lain pun dimungkinkan kalau dari yg paling dekat tak ada lagi yg bisa. Btw, apa istilah Mandailing untuk proses "mangain boru" ini, ya? Btw,
DoS @darmantompul
Yg nyinyir mungkin belum mengerti luasnya perkerabatan dan fungsinya dalam adat. Kasarnya, bakal banyak yg sakit hati kalau keberadaan adat mereka diabaikan. Jgnkan pejabat, bagi orang2 biasa saja penghormatan terhadap kedudukan adat seseorang ini penting sekali. twitter.com/kisbet_/statusโ€ฆ
Ms. Nobody ๐Ÿพ @cutdewi26
@kisbet_ Karena mau pake adat, ga mampu.. mahal kan ya.. kata temenku yg orang mandailing.

Suasana upacara adat Batak pemberian marga untuk Kahiyang Ayu

Dede Budhyarto @kangdede78
Lokasi acara Mangalehen (Pemberian) Marga Kepada Mempelai Wanita (Kahiyang Ayu) #JokowiMantu pic.twitter.com/G9ZwHwu5WO
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Dede Budhyarto @kangdede78
Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar, karena marga ini marga ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar, yang disapa Kahiyang sebagai Namboru atau Ibu Mertua. Dengan kata lain, agar jelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur. #JokowiMantu pic.twitter.com/hH1MdrI2wO
Expand pic
Dede Budhyarto @kangdede78
Prosesi pemberian marga adalah keluarga Bobby memohon kepada keluarga pihak Ibu Bobby yang bermarga Siregar, agar berkenan memberi marga Siregar kepada Kahiyang Ayu. Pemberian marga ini diadakan di rumah Doli Sinomba Siregar, tulang atau kakak laki-lakinya ibundanya Bobby. pic.twitter.com/PSAvAxnylg
Expand pic
Dede Budhyarto @kangdede78
Para Tetua Adat sudah hadir di acara pemberian marga Kahiyang Ayu bertempat di rumah Doli Sinomba Siregar, kakak laki-laki Ibunda Bobby Nasution. #JokowiMantu pic.twitter.com/DNaFCAWtNh
Expand pic
Radio Elshinta @RadioElshinta
Kahiyang Ayu sudah sampai di rumah paman Bobby Nasution, Doli Siregar di Jln Suka Tangkas no.17 Kel. Suka Maju, Medan Johor, Sumut untuk mengikuti sidang adat pemberian marga. #ElshintaNewsAndTalk #KahiyangBobbyElshinta pic.twitter.com/psDIJSYuyu

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.