0

Foto yang dipakai detik.com pada berita genangan air di Gandaria City jadi perbincangan

Arbain Rambey @arbainrambey
Jaman sekarang itu sulit bohong loh... pic.twitter.com/EFMWFQUeBQ
Expand pic
Expand pic
#2019GantiPresiden @frans_surya
Saya mau tanya serius kpd @arbainrambey apakah hakcipta foto bisa dialihkan spt ini? | @antaranews @antarafoto @detikcom pic.twitter.com/ZjLIt9IAr9
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Denny I. @dennyidi
@arbainrambey Digambar yg pertama plat mobilnya aja udah bg
Yoggi Andhi @yoggiandhi
@arbainrambey Wah, sepertinya ini kasus lama. Dulu juga pernah detik pake foto serupa utk mengilustrasikan banjir dan rame gara2 dikira foto media lain

Foto tersebut juga pernah dipakai detik.com pada bulan Maret 2017

Ain @gundakan
@yoggiandhi @arbainrambey Di dunia digital kaya gini, bukannya ada orang atau penyedia foto utk di jual ya? Jadi, dia beli foto/gambar org lain dan diaplikasikan ke
Ain @gundakan
@yoggiandhi @arbainrambey ke kebutuhannya. Kalo ga salah,ada deh di google namanya "shutterstock". Misal, bisa aja tuh foto dibeli trs gue kasiin watermark pny gw dah
#2019GantiPresiden @frans_surya
@mcpinsi @yoggiandhi @arbainrambey Hak cipta tdk bisa dipindahkan. Walau pun foto sdh dibeli.
Arief Ridwan @tegarid
@arbainrambey Itu dengan menyebut bahwa foto ilustrasi udah cukup belom om ?
#2019GantiPresiden @frans_surya
@tegarid @arbainrambey Baca yg teliti. Karya fotonya diklaim Zaki Alfarabi. Aslinya karya Nova Wahyudi. Hak cipta tdk bisa diganti, walaupun jk sdh dibeli fotonya. pic.twitter.com/NUAtVb89F3
Expand pic
Expand pic
ponnjuan @ponnjuan
@NugrahaDP @arbainrambey pimilik foto adalah Nova Wahyudi / @antarafoto , nah itu @detikcom udah ijin belum buat menggunakan foto tersebut.
Hendra Febry K @ndrandri
@arbainrambey Meskipun sudah diberi keterangan 'ilustrasi'?
#BejoHoki @QBAY_suqi
Kan caption nya emang "ilustrasi banjir", masih salah ya? twitter.com/arbainrambey/s…
Max Rockatansky @azharikadv
@QBAY_suqi yg paling bener ya pake foto: nova wahyudi/antara, ilustrasi/edit by: zaki alfarabi/detik.
Arbain Rambey @arbainrambey
Bukan soal caption, tapi credit.....siapa pemilik hak ciptanya twitter.com/QBAY_suqi/stat…
heru putranto @heruputranto
esensi foto utk apa bang? apa iya pimrednya ga ngerti?? fg nya moto kan utk produk jurnalistik twitter.com/arbainrambey/s…
- @jivamaheswari
@arbainrambey menurut sa bukan bohong, karena disebut di situ 'ilustrasi'. ilustrasi artiny ya sekedar gambaran saj, bukan persis sperti yg diilustrasikan
Arbain Rambey @arbainrambey
Ini bukan soal ilustrasi/bukan...tapi soal pengakuan itu karya siapa....watermarknya i bukan nama pemotret aslinya yang jelas2 @antarafoto twitter.com/NugrahaDP/stat…

Dikutip dari hukumonline.com

Karya fotografi merupakan salah satu ciptaan yang dilindungi menurut Pasal 40 ayat (1) huruf k Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (“UU Hak Cipta”).

Sebagai salah satu ciptaan yang dilindungi, tentunya perlindungan karya fotografi merujuk kepada syarat perlindungan yang ditetapkan oleh undang-undang. Dalam Hak Cipta, perlindungan terhadap ciptaan lahir secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata.[3] Hal ini juga berlaku bagi karya fotografi. Dengan lahirnya hak cipta atas suatu karya fotografi, maka karya tersebut secara otomatis mendapatkan perlindungan secara hukum meliputi hak moral dan hak ekonomi.[4]

Hak Moral dan Hak Ekonomi
Dari sisi hak moral, hak moral merupakan hak yang melekat secara abadi pada diri Pencipta untuk:[5]
a. tetap mencantumkan atau tidak mencantumkan namanya pada salinan sehubungan dengan pemakaian Ciptaannya untuk umum;
b. menggunakan nama aliasnya atau samarannya;
c. mengubah Ciptaannya sesuai dengan kepatutan dalam masyarakat;
d. mengubah judul dan anak judul Ciptaan; dan
e. mempertahankan haknya dalam hal terjadi distorsi Ciptaan, mutilasi Ciptaan, modifikasi Ciptaan, atau hal yang bersifat merugikan kehormatan diri atau reputasinya.

Sedangkan dari sisi hak ekonomi, Pencipta atau Pemegang Hak Cipta memiliki hak ekonomi untuk melakukan:[6]
a. Penerbitan Ciptaan;
b. Penggandaan Ciptaan dalam segala bentuknya;
c. Penerjemahan Ciptaan;
d. Pengadaptasian, pengaransemenan, atau pentransformasian Ciptaan;
e. Pendistribusian Ciptaan atau salinannya;
f. Pertunjukan Ciptaan;
g. Pengumuman Ciptaan;
h. Komunikasi Ciptaan; dan
i. Penyewaan Ciptaan.

Setiap Orang yang melaksanakan hak ekonomi atas suatu ciptaan milik orang lain wajib mendapatkan izin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta.[7] Setiap orang yang tanpa izin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta dilarang melakukan Penggandaan dan/atau Penggunaan Secara Komersial Ciptaan.[8]

URL hukumonline.com/klinik 194 Pembubuhan Watermark dalam Karya Fotografi sebagai Identitas Pencipta Bagaimanakah keabsahan tanda air (<i style="mso-bidi-font-style:normal">watermark</i>) dalam suatu karya cipta fotografi apabila digunakan untuk menunjukkan bukti pencipta berkenaan dengan kepemilikan hak berdasarkan UU Hak Cipta?
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.