Mengupas Rencana Merger dan Dijualnya BUMN di Era Jokowi, 800-an "Anak Cucu" BUMN Bakal Direstrukturisasi Besar-besaran

Efisiensi yang dinilai keluar dari core bisnis BUMN
0

Presiden Jokowi memerintahkan Kementerian BUMN melakukan restrukturisasi BUMN yang mencapai 800-an anak perusahaan melalui kebijakan merger menjadi kesatuan holding dan dijual ke swasta. Proses ini sedang berjalan.

Akungnya_Marshall°® @MasTBP_

Tolong di Listdown apa benar ada 800 BUMN? Otak boleh Goblok Tapi Mbok Yao Jangan Super Pekok 😊 pic.twitter.com/uwLEo09TMJ

28/10/2017 18:05:02 WIB
Expand pic

Versi online berita tersebut:

URL nasional.harianterbit.com 800 BUMN Dijual, NKRI Negara Menuju Kebangkrutan Wacana Presiden Joko Widodo untuk menjual atau menggabungkan sekitar 800 anak dan cucu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dianggap sebagai langkah yang tak tepat. 509

Aktivis dari Rumah Amanat Rakyat Ferdinand Hutahaean mengemukakan, penjualan anak dan cucu BUMN menunjukkan Negara sedang mengalami krisis keuangan yang serius dan bisa mengarah kepada kebangkrutan perekonomian karena aset negara akan dijual. Sehingga perlu penjelasan Pemerintah, aset apa yang akan dijual.

Direktur Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mengatakan rencana pemerintah akan menjual 800 BUMN maka menandakan bahwa saat ini pemerintah sudah tidak punya uang. Oleh karena itu daripada APBN bangkrut, tidak bisa menutupi bayar utang, gaji pegawai, dan tunjamgan fasilitas mewah pejabat, maka pemerintah akan lebih baik menjual apa yang bisa dijual termasuk 800 BUMN untuk dijual.

Pengamat kebijakan Yusri Usman mengaku tidak setuju pemerintah menjual BUMN. Alasannya, sesuai pesan UU bahwa BUMN ditugaskan oleh negara untuk mengelola semua potensi sumber daya alam dan fasilitas publik yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Sehingga hasil dari pengelolaan BUMN disajikan untuk rakyat agar sejahtera.

Penjelasan Jokowi

  • Dalam acara Rakornas Kadin, di Jakarta, awal Oktober lalu, Jokowi meminta Kementerian BUMN untuk merampingkan struktur perusahaan pelat merah yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah dengan menjual atau melebur (merger) anak-anak usaha perusahaan pelat merah yang dirasa sudah terlalu banyak. Saat ini jumlah perusahaan pelat merah yang ada di Indonesia sekitar 118 BUMN dengan jumlah anak usaha BUMN yang mencapai 800 unit.*

"Ya betul BUMN ada 118, tapi anak dan cucunya hampir 800. Tapi yang buat anak cucu cicit bukan saya, kan sudah ada dari dulu," kata Jokowi.

Peleburan atau menjual BUMN, dirasa perlu karena, anak perusahaan yang dibentuk tersebut sudah jauh melenceng dari inti (core) bisnis perseroan. "Saya sudah perintahkan kemarin, yang 800 dimerger. Atau kalau perlu dijual. Ngapain BUMN ngurusin catering, nyuci baju. Langsung saya tunjuk langsung. Saya terbiasa blakblakan seperti itu. Untuk apa gitu," tandasnya.

Berita senada

URL metrotvnews.com Presiden Berencana Jual 800 Anak Perusahaan BUMN Presiden Joko Widodo menyepakati usulan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk melebur sedikitnya 800 anak perusahan BUMN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 11656
URL CNN Indonesia Jokowi Minta Anak Usaha BUMN Tak Sesuai Bisnis Induk Dijual Saat ini, jumlah anak dan cucu usaha BUMN mencapai hampir 800 perusahaan, di mana diantaranya memiliki bisnis yang tak lagi sesuai dengan induknya. 704

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani menilai BUMN berekspansi terlampau jauh dengan memiliki anak, cucu, hingga cicit usaha yang tidak sesuai bisnisnya. Hal tersebut menurut dia, bisa mematikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Anak cicit BUMN ini mengambil banyak porsi swasta dan UMKM. Contohnya, ada kegiatan catering untuk internal BUMN yang dibikin oleh cicit mereka. Kami ingin, BUMN ini kembali ke core bisnisnya,” ujar Rosan.

WOI-in @ja @satriadirgahayu

@MasTBP_ MINAT TAMBAH FLOWER_ SUPER PEKOK ..... SILAKAN BACA KORAN PEKOK HARIAN TERBIT sehari terbit sebulan ga

28/10/2017 18:27:52 WIB
Tuaka Captikus👹 @tuakacaptikus

@MasTBP_ Maksudnya itu mungkin lapak2 pkl yg di bongkar oleh Pol PP..😂😂

28/10/2017 18:47:36 WIB
cew bang @cew_bang

@MasTBP_ BUMN yg di lego 600 Estimasi yang laku 2 BUMN Sisanya bisa jadi di obral...

28/10/2017 19:06:02 WIB
Only___Me#88 @M70W71

@MasTBP_ 800 BUMN....masa sih sebanyak itu ? Ahhhhh..... mungkin dihitung sekalian sama pohon mangganya....makanya bisa 800 !

28/10/2017 19:10:37 WIB
malangbali @switmartabak

@MasTBP_ google.co.id/amp/www.metrot… Nih saya bantu! Yg blg 800 asal bacot dan terlalu byk micin!

28/10/2017 19:23:17 WIB
URL metrotvnews.com Jumlah BUMN akan Berkurang dari 119 ke 85 Perusahaan Kementerian BUMN akan merealisasikan pembentukan induk usaha (holding) pada tujuh sektor sebagai bagian dari roadmap BUMN 2015-2019. 1

Kementerian BUMN akan merealisasikan pembentukan induk usaha (holding) pada tujuh sektor sebagai bagian dari roadmap BUMN 2015-2019. Yaitu Holding Logistik dan Perdagangan, Holding Perkebunan, Holding Farmasi, Holding Perkapalan, Holding Konstruksi dan Infrastruktur, Holding Tambang, dan Holding Pertahanan Strategis.

"Jumlah BUMN akan berkurang (right sizing) dari saat ini berjumlah 119 perusahaan, menjadi sebanyak 85 perusahaan pada 2019," kata Deputi Kementerian BUMN Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha BUMN, Aloysius K. Ro, di Jakarta, sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (14/1/2016).

Selain pembentukan holding, Kementerian BUMN juga menjalankan restrukturisasi melalui program privatisasi terhadap sejumlah BUMN lainnya melalui pola penjualan saham kepada publik (IPO), penawaran umum terbatas (right issue), dan strategic sales.

Kimia Farma akan menempuh right issue, PTPN VII dijadwalkan IPO pada 2016, sedangkan empat BUMN yaitu PT Merpati, PT Kertas Kraft Aceh, PT Iglas, PT Kertas Leces akan dilepas kepemilikannya kepada investor strategis.

FPI Tamat @AyasSipenk

@MasTBP_ Jual Aset kapan tuh..BUMN apa..! Berita H O A X .

28/10/2017 20:00:43 WIB
Load Remaining (22)

Comment

Bukan bot tap but @Shd_Agatha 29/10/2017 15:54:48 WIB
Itu yg hampir 800 adalah anak-cucu perusahaan dari total 118 BUMN om, Itu media ngaconya kelewat akut ky nya hhehe
0