2
Login and hide ads.

Belakangan ramai dibicarakan kasus pengusiran wartawan TV One di salah satu pulau reklamasi di Teluk Jakarta.

URL www.viva.co.id 16068 Karni Ilyas Ungkap Reporternya Diusir di Kawasan Reklamasi - VIVA Pemerintah pusat telah mencabut moratorium reklamasi Teluk Jakarta.
🅼. 🅺🅷🆄🅼🅰🅸🅽🅸 @mkhumaini 18/10/2017 10:08:54 WIB
Non Sense yg Mengatakan Reklamasi Memberikan Manfaat Buat Nelayan. Reporter tvOne & Nelayan yang dilaut Negara disekitar Pulau D aja Diusir. pic.twitter.com/fexr7tJf12
Mas Piyu 🇮🇩 @maspiyuuu 18/10/2017 08:33:55 WIB
GILE! Seperti Bukan Lagi Wilayah NKRI, Karni Ilyas: Wartawan tvOne DIUSIR Saat Meliput Proyek Reklamasi bit.ly/2gq2iLi pic.twitter.com/Mzdu9KuM1I
 Expand pic
Do_Ra_Dong @Ronin1948 18/10/2017 01:30:15 WIB
Jangankn wartawan TVONE, kawan kami yg brasal dari aparatur pmrth diusir dari pulau reklamasi awal agustus 2017 Satpamnya ada yg dari China pic.twitter.com/q41uNpmWF8
 Expand pic
 Expand pic
#2019GantiPresiden @riyanto_krida 17/10/2017 21:15:35 WIB
@DatuakPanduko Itu aja wartawan dari media besar dengan beberapa kru yg lengkap dengan kamera, gimana kita rakyat kebanyakan..? Apa gak makin ngeri..?
FEFE~HIDAYAT @ferry_hidayat12 18/10/2017 10:20:38 WIB
@mkhumaini aneh bin ajaib krna baru kali ini di negara sendri orang di larang mendekat. ada apa...
Kun_Anta @JpuGila 18/10/2017 17:56:58 WIB
@mkhumaini Itu ada kamera berani saja patroli ngusir penyiar tvOne apalagi orang yg biasa yg gak punya jabatan apa2
OkeWae @okewaee 18/10/2017 08:50:23 WIB
@maspiyuuu padahal ini masih di negara sendiri.. ada apa dengan #REKLAMASI ?????? makin mencurigakan ... #TolakReklamasi

Dikutip dari kumparan.com:

Setelah ditelusuri lebih lanjut atas kejadian sebenarnya, ternyata itu bukan pengusiran yang tanpa sebab. Terdapat beberapa kondisi yang membuat pihak pengamanan tidak memberikan izin peliputan pada wartawan TV One.

Reklamasi merupakan proyek besar sehingga wajar memiliki pengamanan yang berlapis. Apalagi posisinya di tengah laut. Kemudian, sebelumnya wartawan TV One itu tidak menyampaikan izin untuk melakukan liputan pada Pemprov Jakarta maupun pihak yang terkait dengan proyek tersebut. Sehingga mereka terlihat sebagai orang asing yang hendak memasuki wilayah proyek. Oleh karena itu, mereka tidak diperbolehkan masuk ke lokasi proyek dan terlihat seperti ada pengusiran.

Seharusnya izin peliputan itu dilayangkan terlebih dahulu sehingga dapat berkoordinasi dengan pihak keamanan proyek. Dengan begitu, persiapan untuk liputan bisa diakomodasi oleh pihak yang terkait. Terutama justru terkait dengan pengamanan awak media itu sendiri karena lokasinya di laut.

URL kumparan 34 Fakta Dibalik Pengusiran Wartawan TV One dari Proyek Reklamasi Teluk Jakarta Sejak momen pelantikan Gubernur DKI Jakarta kemarin, isu Reklamasi Teluk Jakarta menjadi ramai dibicarakan kembali oleh publik. Tak heran, sebab Gubernur DKI saat ini, Anies Baswedan, memiliki janji untuk menghentikannya.

Bahkan pada bulan Mei 2016 saat Tiga menteri, yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, serta pemerintah provinsi DKI Jakarta meninjau pulau reklamasi, awak media tidak diizinkan mengambil gambar di sembarang tempat.

Selain itu, wartawan tidak diizinkan menggunakan kendaraan pribadi. Peraturan ini juga berlaku bagi staf kementerian dan pemerintah provinsi. Semua diminta mengantre untuk mengambil nomor pengunjung. Wartawan masuk dengan menggunakan dua unit bus Transjakarta.

URL Tempo Tiga Menteri Datangi Pulau Reklamasi, Wartawan Dilarang Foto   Menteri Susi Pudjiastuti, Siti Nurbaya, dan Rizal Ramli mengunjungi pulau reklamasi.
URL https://news.okezone.com/ Ketatnya Penjagaan bagi Media di Pulau D Proyek Reklamasi : Okezone News Tak sembarangan orang bisa untuk menyeberang ke pulau D - Nasional - Okezone News
Tiga Dora @Tiga_Dora 18/10/2017 20:13:07 WIB
Peliputan macam ini gak bisa sembarangan, ada prosedurnya m.kumparan.com/deni-iskandar/…
Desrinda Syahfarin @desrinda 19/10/2017 14:05:29 WIB
@saididu HPL nya Pemda,trus wartawan udah punya izin dari Pemda belum? Ke rumah gw aja wartawan harus izin gw kok. #mikirsitik
Collect tweets from around the world and make a story

Bookmarked tags

No tags
Login and hide ads.