22/09/2017 14:45:34 WIB

Kivlan Zein 18 Tahun Yang Lalu: Ternyata Sudah Pernah Kena Tuding Sebagai Provokator

Kivlan Zein yang merasa Gus Dur perlu meluruskan ucapannya pergi menemui Gus Dur yang dipanggilnya "Pak Abdurrahman."
provokator Abdurrahman Wahid kivlanzein Gus Dur
M4ngUNyil 1791 View 0 comments
  • Add To Favorite
Add to Favorite
0
Login and hide ads.
  • Mayor Jenderal Kivlan Zein kenyang dituduh sebagai provokator. Sekali waktu, Gus Dur menyebut "Mayjen K" sebagai provokator kerusuhan Ambon, dan orang menoleh ke Kivlan. Sebelumnya, Kivlan juga dihubungkan dengan pasukan swasta Pam Swakarsa. Koordinator Staf Ahli Kepala Staf Angkatan Darat (Korsahli KSAD) ini juga dikenal dekat dengan Letjen (Purn.) Prabowo Subianto�satu poin yang membuatnya kian sering dituduh macam-macam. Dalam kasus Ambon, lulusan Akademi ABRI tahun 1971 itu sempat mendatangi Gus Dur di rumahnya di Ciganjur untuk minta penjelasan.

    Dalam wawancara dengan majalah TEMPO, Kivlan menegaskan bahwa dia telah memasang sikap "waspada" dengan bawaan Gus Dur. Dia mencontohkan, waktu peristiwa Tasikmalaya, Gus Dur menuduh Humaika, padahal yang dimaksud Humanika adalah yang di bawah Egi Sudjana. Waktu peristiwa santet, Gus Dur sebut nama AS yang lalu dikira masyarakat sebagai Adi Sasono. Adi tenang saja, tidak memedulikan. Inisial AS lalu berubah jadi ES, yang dikira publik Egi Sudjana.

    Bagaimana dengan tudingan Anda berada di belakang Pam Swakarsa?

    Pam Swakarsa, yang ikut mengamankan Sidang Istimewa MPR, tentu pro-sidang. Lalu saya dikatakan media ada di tengah massa, bukan di tengah Pam Swakarsa. Artinya, harusnya saya setuju massa yang anti-SI. Tapi kenapa saya dituduh Pam Swakarsa? Atas dasar itu, saya dianggap memimpin Pam Swakarsa. Karena itu, saya dihujat Gus Dur. Saya dianggap membuat rekayasa foto mereka yang terbunuh di Cawang itu. Saya dibilang yang menyebar-nyebarkan foto itu di Ambon, sehingga masyarakat Islam Ambon marah. Padahal yang diserang pertama justru orang Islam. Di mana logikanya?

    Atas tudingan Gus Dur, anak Kivlan yang bersekolah di Malang terkena bully di sekolah, disebut sebagai "anak provokator," karena itu Kivlan merasa perlu membela diri dan menemui Gus Dur. Sewaktu bertemu Pak Abdurrahman, Kivlan berkata, "Kalau saya yang dimaksud, Bapak saya tuntut ke pengadilan. Tapi, kalau (maksudnya) bukan, ya enggak apa-apa. Di depan wartawan, dia bilang bukan saya yang dimaksud. Karena dia omong bukan lagi, bukan lagi, ya saya jawab nyeletuk, itu mayjen 'kira-kira'. Rupanya Gus Dur tersinggung, dan dia bilang, 'Mayjen kunyuk, mayjen monyet kecil'."

  • URL majalah.tempo.co "Abdurrahman Wahid Harus Diperiksa" | Majalah TEMPO | Situs Berita Online Indonesia Situs Berita Tempointeraktif menyajikan liputan berita, video, gambar dan informasi online indonesia seputar bisnis, politik, pemilu, hukum, kriminal, korupsi, saham, ekonomi, internasional, selebritas, sepak bola liga inggris, liga champion, liga itali,
  • sumarsih @sumarsih11 20/09/2017 14:34:16 WIB
    @alinursahid MayjenKivlanZein mengaku diperintah @wiranto1947 utk mengerahkan pamswakarsa dlm trgd Semanggi I -13 Nov.'98. Korban, 7 mahasiswa meninggal.
  • sumarsih @sumarsih11 21/09/2017 07:43:31 WIB
    @merseybois23 @alinursahid @wiranto1947 Diangkat jadi Menko Polhukam...."demokrasi & reformasi hanya menjadi kedok penguasa" (puisi Wawan), mhsw Atma Jaya krbn Semanggi I -13/11/98

Comment

All Categories

Category related to Famous People