0

Konflik Rohingya karena masalah minyak dan gas,

detikcom @detikcom
#Infografis Kisah Rohingya terusir dari Rakhine yang kaya minyak dan gas. detik.id/67RB2d pic.twitter.com/Jneo8cyTO9
Expand pic
YouthProactive! @YouthProactive
Myanmar memiliki posisi geopolitik strategis krn tepat di tengah negara Asia penting: China, India, Thailand, Bangladesh dan Laos #Rohingya
YouthProactive! @YouthProactive
Myanmar punya 676.578 kilometer persegi sumber seng, timbal, emas dan perak yang kaya, cadangan minyak dan gas alam yang potensial #Rohingya
YouthProactive! @YouthProactive
Myanmar juga menghasilkan batu mulia; rubi, safir, mutiara, dan batu giok. Sebanyak 90% rubi di dunia berasal dari negara ini #Rohingya
YouthProactive! @YouthProactive
Populasi Muslim Rakhine, di sisi lain, dianggap sebagai ancaman potensial untuk mengacaukan wilayah tersebut #Rohingya
YouthProactive! @YouthProactive
Ketidakstabilan di wilayah tersebut niscaya akan mempengaruhi "keamanan energi" disana #Rohingya
YouthProactive! @YouthProactive
Dalam hal ini, populasi #Rohingya yang meninggalkan negara tersebut atau diusir dari wilayah tersebut melayani kepentingan ekonomi-politik
YouthProactive! @YouthProactive
Memang benar bahwa penindasan yang terjadi di wilayah ini sebagian besar berasal dari nasionalisme pasca kolonial #Rohingya
YouthProactive! @YouthProactive
Tapi merupakan fakta bahwa krisis di Rakhine memiliki hubungan yang mendalam dengan perebutan kekuasaan sumber daya alam #Rohingya
Gunandre69 @gunandre69
@TirtoID @bee_alana11 Kalau melihat kandungan minyak dan gas serta perbatasan dengan india & pakistan di rakhine sangat strategis~konflik rohingya pengalihan isu
CIALJimbles | 지민 🐥💛 @Ftyhalif
@TirtoID nah ini baru pas. sm kayak israel palestina. semua ttg tanah dg konflik agama sbg bumbu.
Tiadi Naedi @_tiadi
@detikcom Framing cuy? Orang Rohingya itu jangankan jadi pejabat, KTP aja gak dikasih, jadi gak ada urusan dengan SDA!!
UFO Gaul @UFO_AntiPribumi
@tiadi__ @detikcom Pastinya berkaitanlah. Usahakan lihat sesuatu itu dari berbagai sudut pandang. biar ga salah kaprah.
UFO Gaul @UFO_AntiPribumi
@Anggrainicuet @detikcom @TirtoID Nah... gw curiga kalo ada kejanggalan disana. Ada Kelompok tertentu yg ingin wilayah tsb lepas dari Myanmar.
Kumoro @Kumoro15
@detikcom Oo pantes urusanya duit, Brrti Muslim rohingnya murni dijajah, Bukan karena agama..si suu ki pantes diem Aja.
i.setiaone @one_setiawan007
@detikcom Sdh diblng bukan isu agama tapi isu politik dan ekonomi namun dibungkus dengan agama dan di tonjolkan di media
Fahri Ismail @Fahri_Ismail13
@tempodotco Tuh kan, biang kerok genosida #Rohingnya terdeteksi, pantesan pemerintah Myanmar berani banget.

Terjadi sejak Penyerbuan Pasukan China Dinasti Yuan /Mongol untuk taklukkan Kerajaan Benggala ratusan tahun lalu

ElSang @elfizal
1. Konflik berdarah di Rakhine sebenarnya terjadi sejak Penyerbuan Pasukan China Dinasti Yuan /Mongol utk taklukkan Kerajaan Benggala
ElSang @elfizal
4. Sejarah Kronik China mengakui wilayah Myanmar dulu dihuni etnis Benggala. Krn dibantai dr masa kemasa akhirnya jd minoritas!!
ElSang @elfizal
5. Seiring tsingkirnya Ras Benggala selanjutnya disebut #Rohang atau #Rohingya jadi minoritas. Populasi Ras Thai (Origin chinese) mayoritas!
ElSang @elfizal
8. Menelisik Rakhine, jauh sebelumnya telah ada sebuah kerajaan Dhanyawadi dg raja pertama Marayu 3325SM. Dan Sang Budha pernah kesana 554SM
Load Remaining (19)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.