Bukan Karena Agama, Berikut 3 Spekulasi Termasuk Kekayaan Minyak di Rakhine yang Jadi Akar Konflik Rohingya

Banyak spekulasi yang muncul terkait konflik di Negara Bagian Rakhine, Myanmar.
0

Konflik Rohingya karena masalah minyak dan gas,

detikcom @detikcom

#Infografis Kisah Rohingya terusir dari Rakhine yang kaya minyak dan gas. detik.id/67RB2d pic.twitter.com/Jneo8cyTO9

06/09/2017 10:51:03 WIB
Expand pic
YouthProactive! @YouthProactive

Myanmar memiliki posisi geopolitik strategis krn tepat di tengah negara Asia penting: China, India, Thailand, Bangladesh dan Laos #Rohingya

05/09/2017 19:43:53 WIB
YouthProactive! @YouthProactive

Myanmar punya 676.578 kilometer persegi sumber seng, timbal, emas dan perak yang kaya, cadangan minyak dan gas alam yang potensial #Rohingya

05/09/2017 19:44:44 WIB
YouthProactive! @YouthProactive

Myanmar juga menghasilkan batu mulia; rubi, safir, mutiara, dan batu giok. Sebanyak 90% rubi di dunia berasal dari negara ini #Rohingya

05/09/2017 19:45:06 WIB
YouthProactive! @YouthProactive

Populasi Muslim Rakhine, di sisi lain, dianggap sebagai ancaman potensial untuk mengacaukan wilayah tersebut #Rohingya

05/09/2017 19:45:27 WIB
YouthProactive! @YouthProactive

Ketidakstabilan di wilayah tersebut niscaya akan mempengaruhi "keamanan energi" disana #Rohingya

05/09/2017 19:45:43 WIB
YouthProactive! @YouthProactive

Dalam hal ini, populasi #Rohingya yang meninggalkan negara tersebut atau diusir dari wilayah tersebut melayani kepentingan ekonomi-politik

05/09/2017 19:46:02 WIB
YouthProactive! @YouthProactive

Memang benar bahwa penindasan yang terjadi di wilayah ini sebagian besar berasal dari nasionalisme pasca kolonial #Rohingya

05/09/2017 19:46:24 WIB
YouthProactive! @YouthProactive

Tapi merupakan fakta bahwa krisis di Rakhine memiliki hubungan yang mendalam dengan perebutan kekuasaan sumber daya alam #Rohingya

05/09/2017 19:46:55 WIB
Gunandre69 @gunandre69

@TirtoID @bee_alana11 Kalau melihat kandungan minyak dan gas serta perbatasan dengan india & pakistan di rakhine sangat strategis~konflik rohingya pengalihan isu

06/09/2017 11:01:26 WIB
CIALJimbles¹³ | 지민 🐥 @Ftyhalif

@TirtoID nah ini baru pas. sm kayak israel palestina. semua ttg tanah dg konflik agama sbg bumbu.

06/09/2017 10:50:30 WIB
Tiadi Naedi @_tiadi

@detikcom Framing cuy? Orang Rohingya itu jangankan jadi pejabat, KTP aja gak dikasih, jadi gak ada urusan dengan SDA!!

06/09/2017 10:53:28 WIB
UFO Gaul @UFO_AntiPribumi

@tiadi__ @detikcom Pastinya berkaitanlah. Usahakan lihat sesuatu itu dari berbagai sudut pandang. biar ga salah kaprah.

06/09/2017 10:59:13 WIB
UFO Gaul @UFO_AntiPribumi

@Anggrainicuet @detikcom @TirtoID Nah... gw curiga kalo ada kejanggalan disana. Ada Kelompok tertentu yg ingin wilayah tsb lepas dari Myanmar.

06/09/2017 11:24:48 WIB
Kumoro @Kumoro15

@detikcom Oo pantes urusanya duit, Brrti Muslim rohingnya murni dijajah, Bukan karena agama..si suu ki pantes diem Aja.

05/09/2017 17:45:21 WIB
i.setiaone @one_setiawan007

@detikcom Sdh diblng bukan isu agama tapi isu politik dan ekonomi namun dibungkus dengan agama dan di tonjolkan di media

05/09/2017 16:49:01 WIB
Fahri Ismail @Fahri_Ismail13

@tempodotco Tuh kan, biang kerok genosida #Rohingnya terdeteksi, pantesan pemerintah Myanmar berani banget.

05/09/2017 19:42:03 WIB

Terjadi sejak Penyerbuan Pasukan China Dinasti Yuan /Mongol untuk taklukkan Kerajaan Benggala ratusan tahun lalu

ElSang @elfizal

1. Konflik berdarah di Rakhine sebenarnya terjadi sejak Penyerbuan Pasukan China Dinasti Yuan /Mongol utk taklukkan Kerajaan Benggala

02/09/2017 18:07:30 WIB
ElSang @elfizal

4. Sejarah Kronik China mengakui wilayah Myanmar dulu dihuni etnis Benggala. Krn dibantai dr masa kemasa akhirnya jd minoritas!!

02/09/2017 18:41:42 WIB
ElSang @elfizal

5. Seiring tsingkirnya Ras Benggala selanjutnya disebut #Rohang atau #Rohingya jadi minoritas. Populasi Ras Thai (Origin chinese) mayoritas!

02/09/2017 18:46:55 WIB
ElSang @elfizal

8. Menelisik Rakhine, jauh sebelumnya telah ada sebuah kerajaan Dhanyawadi dg raja pertama Marayu 3325SM. Dan Sang Budha pernah kesana 554SM

02/09/2017 19:12:39 WIB
Load Remaining (19)

Comment

No comments yet. Write yours!