Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Tentang Penambang Emas Ilegal di Timika, Netizen: Jadi Tamu di Rumah Sendiri

Warga lokal = ilegal. Warga amrik freeport = legal. Hasil revolusi mental
0

Mereka memang bukan penambang yang memiliki izin resmi dari pemerintah untuk melakukan penambangan emas di Timika.

detikcom @detikcom

Potret penambang emas ilegal di Timika. Lihat foto lainnya di sini: detik.id/6hz0C5 via @detikfinance pic.twitter.com/0s3nWSRuYL

21/08/2017 15:36:57 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic

Seperti dilansir dari detikfinance, warga Komoro yang tinggal di sekitar sungai Aikwa memanfaatkan limbah PT. Freeport yang mengandung emas. Mereka bisa mendapatkan 1 gram emas/hari.

Tambang Grasberg, yang dimiliki Freeport McMoRan, setiap harinya membuang 200.000 ton limbah tambang langsung ke sistem delta Aikwa.

Tambang Grasberg, yang dimiliki Freeport McMoRan, setiap harinya membuang 200.000 ton limbah tambang langsung ke sistem delta Aikwa.

URL detikfinance Potret Penambang Emas Ilegal di Timika Warga Komoro yang tinggal di sekitar sungai Aikwa memanfaatkan limbah PT. Freeport yang mengandung emas. Mereka bisa mendapatkan 1 gram emas/hari.

Namun nampaknya netizen tak sepenuhnya setuju kalau warga asli Timika ini disebut penambang emas ilegal.

xEDWAYx @EdwiDarmawan

@detikcom @detikfinance Mereka lahir dan besar di timika. Mereka tua dan mati di timika. Mereka yang menjaga dan merawat timika. Ilegal ? Negri ngeri ku :)

21/08/2017 15:42:35 WIB
Joni Tageg @PemudaRifuh

@detikcom @detikfinance Itu Tanah ulayat. tanah leluhur mereka. Legal secara adat. "Menjadi Tamu di rumah sendiri itu menyakitkan saudara"

21/08/2017 17:22:03 WIB
Si Budi Kecil ; kuyup menggigil @mas_jenuri

@detikcom @detikfinance Legal itu yg ad sahamnya, ygmenikmati orang asing dan berbagi dg para koruptor.. Ibarat petani mereka memanen padi diladang sendiri ilegall

21/08/2017 17:09:21 WIB
Gradski 77 @panggilsajaBOS

@detikcom @detikfinance mending ilegal tp PRIBUMI yg ngerjain drpd legal tp asing yg ngerjain alias ujung2nya RAMPOK HASIL BUMI INDONESIA

21/08/2017 16:05:55 WIB
Dony @Dony_asoka

@detikcom @piscok99 @detikfinance Biarin aja sih itukan tanah mereka sendiri,punya mrka juga, mereka cari makan ditanah sendiri kok dibilang ilegal, heran

21/08/2017 18:29:16 WIB
ADIL MAKMUR NKRI @Abustang4

@detikcom @detikfinance Ini namax di jajah kampung sendiri malah kayak pendatang kasiang emang rakyat

21/08/2017 16:27:58 WIB
Wahhabis Lokal @ASapardan

@detikcom @detikfinance Tanah mereka penuh dg emas. Secara fisik sj keliatan miskin. Sedang pemerintah exploitasi emas besaar2an utk pembangunan daerah lain.

21/08/2017 15:42:14 WIB
#StayAtHome #PakaiMasker @MohMaliki

@detikcom @detikfinance Kalau pakai alat canggih baru namanya ilegal. Kalo cm gitu gitu aja mah namanya penambangan rakyat

21/08/2017 15:42:34 WIB
Rachel @bbmrachel

@detikcom @detikfinance dlu oleh karyawan freeport mrk djuluki shift 3 ato DDP (department dulang perkasa) 😂😂

21/08/2017 17:33:06 WIB
d u w e n @omduwen

@detikcom @detikfinance Biarin mereka nambang, pemerintah jg gak peduli, mana lowongan pekerjaan 10 juta? 😉

21/08/2017 16:36:56 WIB
Yuniarso @Wonggunung212

@detikcom @detikfinance Kurang tepat kalau dikatakan ilegal, sebab merekalah yg memiliki, merasakan langsung (seharusnya)!!!!!

21/08/2017 15:41:54 WIB
Presiden @AhmadZXY

@detikcom @detikfinance Warga lokal = ilegal. Warga amrik freeport = legal. Hasil revolusi mental

21/08/2017 15:52:51 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!