0

Basofi Sudirman dikabarkan meninggal. Beliau adalah mantan wakil gubernur DKI Jakarta sekaligus mantan gubernur Jawa Timur

Anies Baswedan @aniesbaswedan
Innalillahi wainnailaihi rojiun. Berduka cita atas berpulangnya Bpk. Basofi Sudirman (Wagub. DKI Jakarta 1987-1992). Semoga husnul khatimah.
detikcom @detikcom
Kabar Duka, Mantan Gubernur Jatim Basofi Sudirman Meninggal Dunia detik.id/6OlKv1 pic.twitter.com/7tby1xn0Tq
Expand pic

"Baru saja ada kabar, bapak kita yang pernah menjadi Gubernur Jawa Timur (Basofi Sudirman) dipanggil Allah SWT," kata Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar, Senin (7/8/2017).
Pelantun lagu 'Tidak Semua Laki-Laki' ini sebelumnya telah lama sakit dan dirawat di Rumah Sakit Adi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat.
"Kita doakan, bagi yang muslim kita baca surat Al Fatihah," pinta Halim.
Basofi Sudirman, pria asal Bojonegoro, ini masuk rumah sakit sejak, Sabtu (6/5/2017) lalu. Basofi sakit karena usianya yang sudah tua. Selain itu, tekanan darah tinggi juga mempengaruhi kondisinya.

ATJEP HINDARSJAH @AHindarsjah
@detikcom Innalilahi wa'innalilahi rojiun smg khusnul khotimah,dilapangkang kuburnya, diampuni segala kekhilapannya dan dimuliakan disurga, Aamiin
bapane enyong @BapaneEnyong
@detikcom innalillahi wa innailaihi roojiuun,moga amal baeknya diterima, diampuni salahnya oleh Alloh SWT, amin
Haji Lulung @halus24
Innalilahi wa innailaihi roji' un telah wafat Bapak Mayjend TNI (Purn) H.BASOFI SUDIRMAN semoga Khusnul khotimah... Alfatihah

Prajurit dan pejabat yang juga artis dangdut...

METRO TV @Metro_TV
Basofi Sudirman, Pedangdut yang Sukses di Jalur Politik metrotvn.ws/lKYMdvPK pic.twitter.com/zXjwKTyL5Z
Expand pic

Satu hal menarik dari sosok Basofi adalah kecintaannya pada dunia seni, khususnya musik dangdut.
Seiring karier politik yang cemerlang, Basofi juga tenar sebagai pedangdut. Dia mampu tampil sebagai pejabat publik yang cair lewat kemampuannya bernyanyi. Karya Basofi pun tidak main-main, salah satu yang paling fenomenal adalah singel Tidak Semua Laki-Laki. Lagu itu masih terus diputar dan dinyanyikan ulang hingga saat ini.
Album Tidak Semua Laki-Laki dirilis ketika Basofi menjabat posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Tentu ini menjadi sejarah tersendiri dalam dunia politik Indonesia, di mana seorang pemimpin daerah adalah seorang penyanyi dangdut.
Tidak Semua Laki-Laki diciptakan oleh Leo Waldy. Lagu ini menjadi salah satu lagu dangdut terpopuler. Seperti lirik lagu-lagu dangdut lain, Tidak Semua Laki-Laki tidak lepas dari kehidupan sehari-hari. Lagu itu berkisah tentang upaya seorang laki-laki meyakinkan perempuan yang dicintainya.

Lagu hits almarhum...

RajaDangdut @luluch279
Tidak Semua Laki Laki, in memoriam pak Basofi, alfatihah youtu.be/5oX4L2bmY4w
Expand pic

Profil dan karir Basofi Sudirman termasuk moncer...

Cicih Sukaesih @CSukaesih
Tidak Semua Laki-laki Seperti Basofi Sudirman fb.me/5zyf5ABxd

Basofi lahir di Bojonegoro, Jawa Timur, pada 20 Desember 1940. Ia adalah putra Letjen TNI (Purn) H Soedirman, yang merupakan tokoh nasional dari Kabupaten Bojonegoro.

Dikutip dari berbagai sumber, Basofi pernah menjabat Kasdam I/Bukit Barisan pada 1986-1987. Setelah itu, ia menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta masa bakti 1987-1992. Kemudian ia menjabat Gubernur Jatim periode 1993-1998.

Cita-cita menjadi tentara

  • Basofi lahir di sebuah desa di Bojonegoro, Ngrawuh, 76 tahun silam. Karena ayahnya seorang tentara, sejak kecil ia sudah bercita-cita menjadi tentara. Sang ayah kerap mengajaknya melihat aktivitas latihan tentara. *

Basofi kecil pun sudah harus ikut mengungsi zaman mempertahankan kemerdekaan. Meskipun demikian, Basofi tetap menempuh pendidikan meski harus kerap berpindah mengikuti tugas ayahnya. Setelah lulus SMA, ia masuk Akademi Militer di Magelang, Jawa Tengah.

Lulus dari Akmil pada 1963, Basofi mulai berkarier di militer. Ia pernah menjadi Komandan Detasemen Tempur Kopasandha (1971-1972), Komandan Batalyon 412 Brawijaya (1973-1974), dan Komandan Brigade Infanteri Lintas Udara 18/Kostrad (1981-1983).

Ia juga pernah menjadi Komandan Kodim 0824/Jember (1977-1978), Asisten Teritorial Kodam IV/Brawijaya (1983-1984), Komandan Korem 083/Baladhika Malang (1984-1986), dan Kasdam Kodam I/Bukit Barisan (1986-1987), sebelum akhirnya ditarik ke Mabes ABRI.

Selain itu, dia punya segudang pengalaman lain. Meski karier politiknya melesat kencang, ia memilih pensiun pada usia 47 tahun. Karier di militernya ditutup dengan sebuah langkah memasuki dunia politik. Ia masuk Golongan Karya (Golkar). Kariernya di dunia politik pun tak kalah kencang. Ia pernah menjabat Ketua DPD Golkar DKI Jakarta dan pada 1987 diangkat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Akhirnya angin politik membawanya menjadi Gubernur Jawa Timur.

sıɹpı ouılɐʌıɐɹ ıpıɐ @PAPAZHICO
Selamat jalan Basofi Sudirman, 'tidak semua laki-laki' sukses di militer dan politik seperti Anda...😇😇😇
#NUberSATU | S1ber NU @NU_bersatu
Karena Tidak Semua Laki-Laki kenal Basofi Sudirman Wagub DKI, Gubernur Jatim, penyanyi, inisiator "Gerakan Kembali ke Desa". lahul Fatihah pic.twitter.com/TzbANQJqij
Expand pic
maretayoe @aaauuuxxx
2 minggu di surabaya, dan turut berduka cita atas meninggalnya mantan gubernur jatim bpk. Basofi Sudirman 🙏🏻🙏🏻 #rip
Noniiiik @bundaPandu2013
#RIP bapak Basofi Sudirman Semoga amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT...
. @jaenoct
pasang ifttt seminggu Seperti apa sosok mantan Gubernur Jawa Timur Basofi Sudirman di mata Dhimam Abror? Simak sel… news.detik.com/berita-jawa-ti…

Comment

Cristine Shu @cristine_shu 08/08/2017 14:27:13 WIB
Menakjubkan, Hanya di B-O-L-A-V-A-D-A anda bisa menjadi milliarder BBM : D89CC515 Whatsapp : 0812-8836-2917
Login and hide ads.