Duh, Ademnya Respon Opick "Eta Terangkanlah" Lagu Religi Miliknya Banyak Dipelesetkan Jadi Parodi

Eta Terangkanlah adalah lirik di lagu "Khusnul Khotimah" Opick
0
detikcom @detikcom

Opick Bicara Soal 'Eta Terangkanlah' yang Viral dan Jadi Parodi detik.id/6hPHO6 pic.twitter.com/mVVMdVEaB3

06/08/2017 17:50:46 WIB
Expand pic

Fenomena 'eta terangkanlah' yang viral di media sosial sebenarnya berasal dari lagu penyanyi religi, Opick yang berjudul Khusnul Khotimah. Opick sendiri santai saat lagunya dibuat jadi parodi.

"Enggak apa-apa. Bagus-bagus saja, itu bentuk ekspresi," kata Opick saat berbincang dengan detikcom, Minggu (6/8/2017).
Opick sendiri sudah melihat beberapa parodi 'eta terangkanlah' yang ada di media sosial. Penyanyi yang terkenal dengan lagu Tombo Ati ini menganggap parodi itu lucu-lucu juga.

"Aku juga lihat di Instagram. Lucu saja, tidak apa-apa. Ada juga teman-temanku yang sewot, ada fans yang sewot. Tapi tidak usah (sewot)," ujarnya.
Lagu 'Khusnul Khotimah' aslinya bercerita tentang kematian. Opick mengatakan lagu itu ada di album ketiganya, sementara saat ini dia sudah punya 14 album.

"Itu kutulis ketika aku di Madinah, ketika di makam," ucap Opick.

Kata-kata 'eta terangkanlah' bisa ditemui di Twitter, Instagram, Youtube, maupun media sosial lainnya. Mulai dari video berlirik sederhana dan nada simpel dengan efek gendang, berujung pada kata-kata yang jadi meme.

Berikut lirik 'eta terangkanlah' yang viral di media sosial:

Hiji dua hiji dua tilu,
Eta terangkanlah… Eta terangkanlaahhh…
Eta jiwa yang berkabut
Eta yang penuh dosa
Ampunilah… ampunilaaah…
Ampunilah zikiri dosa mas Tono

Driver Gabug @Arraso4

@detikcom Kalo Opick gue sebut ulama boleh ga sih? Soalnya sabar banget, ga dikit2 penistaan, penistaan..

06/08/2017 17:54:39 WIB
YØY @_riosaji

@detikcom Akhirnya yang punya lagunya angkat suara 😂

06/08/2017 18:04:06 WIB
Widya Utama sofyan @WidyaUtama6

@detikcom Syair lagu Religi nya menyentuh dan sarat akan makna, teruslah berkarya Bung opick

06/08/2017 18:54:49 WIB
CIALJimbles¹³ | 지민 🐥 @Ftyhalif

@Arraso4 @detikcom ulama itu orang yg berilmu. kl opik mngkn ilmunya baru dikit tapi sprtnya udah diamalkan jadinya adem.

06/08/2017 19:41:41 WIB

Arti "Eta, terangkanlah" menurut Budayawan Sunda...

detikcom @detikcom

Apa Arti 'Eta Terangkanlah' yang Viral? Ini Kata Budayawan Sunda detik.id/6C69Z3 pic.twitter.com/89bOXCwwLN

07/08/2017 09:31:11 WIB
Expand pic

*Budayawan Sunda dari Universitas Pasundan menjelaskan soal fenomena itu. Secara harfiah, kata 'eta' berasal dari bahasa Sunda yang berarti 'itu'.
"Sebetulnya, kalau saya lihat di YouTube itu kan pelesetan dari lagu Opick, ada kata 'terangkanlah' kan di lagunya. Saya nggak tahu siapa yang melesetin kenapa jadi viral," kata budayawan Sunda, Hawe Setiawan, ketika dihubungi detikcom, Senin (7/8/2017).
Sementara itu, kata 'eta' secara harfiah berarti 'itu' atau kata petunjuk sesuatu. Ia mengatakan kata 'eta' di dalam kalimat 'eta terangkanlah' dianggap sebagai verbal intensifiers, yaitu semacam kata bantu penguat kata kerja di depannya sehingga tidak ada artinya. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan orang Sunda yang menambahkan kata bantu sebagai penguat kata kerja di depan kata.
"Tapi dalam kesehariannya, kata 'eta' dapat dianggap sebagai penghantar penunjuk sesuatu. Di bahasa Sunda, ada sesekali verbal intensifiers, semacam penguat kata kerja. Misalnya, saya kasih contoh misalnya, 'diuk' artinya 'duduk', sebelum ada kata duduk biasanya ada awalan kata di depannnya, 'gek'. Jadi 'gek diuk'," kata Hawe.

shandhu @tetehsan

@Wheeloveyou_ @detikcom Kehabisan berita, makanya org lbh suka main k lambe2 drpd akun berita resmi gini, kdg suka d buat2,giliran penting apdetnya lama 😓

07/08/2017 10:03:46 WIB
echa✨ @reechadianaa

@detikcom Anjer yang ginian doang masuk berita 😂

07/08/2017 11:39:00 WIB

Comment

bolavada @bolavada 09/08/2017 09:36:26 WIB
FREEBET dan FREECHIP, BONUS DAN CASHBACK Ubah Keberuntungan Kamu Menjadi Pundi Pundi Uang Yuk chat aku di BBM: D*8*9*C*C*5*1*5 Line: B*o*l*a*v*a*d*a* FB: B*o*l*a*v*a*d*a*
0