Membuka Tabir Awal Teori Flat Earth & Ilustrasi Pendukungnya, Jadi Percaya Bumi Datar or Bulat?

Flat earth atau bumi datar makin marak jadi perdebatan era sosmed
1
detikcom @detikcom

Foto: Mungkin Begini Penampakan Bumi Jika Bentuknya Datar detik.id/VbbX4c via @detik_foto pic.twitter.com/n8djdo1cX3

29/07/2017 08:21:00 WIB
Expand pic

*Teori Bumi Datar atau Flat Earth Theory adalah sebuah teori yang meyakini kalau bumi ini datar.

  • Teori ini dulu digagas Samuel Rowbotham (1816-1884) dan dianggap masyarakat akademik di Inggris sebagai pseudoscience. Sempat kehilangan popularitas, teori ini dicoba diangkat lagi oleh Samuel Shenton pada 1956 dengan mendirikan International Flat Earth Society.
  • Dimulai pada 2004 oleh Daniel Shenton, digoreng lewat situs internet, dimainkan dengan rajin di media sosial dalam berbagai platform. Flat Earth Theory meraih popularitas dengan adanya YouTube.*

Pus2Kanopus @Pus2Kanopus

Ilustrasi teori bumi datar alias flat earth by news.detik.com/foto-news/d-35… pic.twitter.com/hSAGlC2LXO

29/07/2017 15:16:06 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
PC_JONG @PC_JONG7

@detikcom @detik_foto Bumi datar.. ky piring gitu ???? 😯😯

29/07/2017 09:10:23 WIB
BURHAN KAPAK @mochergumilar

@detikcom @Arie_mrBoss @detik_foto Saya suka ketawa saja kalau ada debat FE dan GE.. saya mah netral lah 😆.. banyak rahasia Allah SWT tdk diketahui manusia..

29/07/2017 09:56:52 WIB

Pada 1956, Samuel Shenton mendirikan International Flat Earth Society sebagai organisasi penerus dari Universal Zetetic Society. Shenton lebih tertarik pada ilmu pengetahuan dan teknologi alternatif sehingga pada organisasi ini, penekanan pada argumen keagamaan jauh berkurang dibanding pada organisasi pendahulunya. Tidak lama setelah pendirian Flat Earth Society, satelit buatan pertama berhasil diluncurkan. Foto-foto yang diambil oleh satelit di luar angkasa kemudian memperlihatkan bahwa bumi adalah bulat. Akan tetapi Flat Earth Society tetap meyakini bahwa bumi itu datar. Shenton mengatakan, "Mudah sekali melihat bahwa foto seperti itu dapat memperdayai mata yang tak terlatih."https://id.wikipedia.org/wiki/Flat_Earth_Society

Dudunk Bongsang @DBongsang

@detikcom @detik_foto Detik lama2 ga penting jg nih! kemaren2 nanya kenapa pusat perbelanjaan sepi? Yang jawab banyak anak2 alay yg ngertinya demo nasi bungkus.

29/07/2017 10:11:35 WIB
Nan... @nanhartono

news.detik.com/readfoto/2017/… Bumi Datar? Abad ke 21 makin banyak aja orang Indonesia percaya teori ini.... 😲😬😢😭

29/07/2017 09:06:29 WIB
Tedy Adi Putra @tedyadiputra

@zulfanny @detikcom Saya yg katolik saja seumur hidup ga pernah diajarkan teori bumi datar

29/07/2017 08:44:09 WIB
Febry Imanda @Febry_Rev

Percuma skolah 12th kalo prcaya teori bumi datar, mngkn mreka kbnykan main GTA twitter.com/detikcom/statu…

29/07/2017 00:53:13 WIB

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)...

Untuk menyelesaikan masalah ini, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memberikan penjelasan mengenai perdebatan soal teori Flat Earth (bumi datar).

  • Menurutnya, teori bumi datar adalah pendapat sekelompok orang yang tidak memiliki landasan ilmiah.*

“Saya selalu jelaskan bahwa FE bukanlah teori, tetapi sekadar pendapat sekelompok orang yang tidak punya landasan ilmiah,” kata Thomas seperti dikutip dari laman pribadinya, Jumat (29/7/2017).

Dia pun menengaskan jika da kelompok yang masih ‘ngotot’ menyatakan bahwa bumi itu datar tidak usah didebat, cukup didengarkan saja.

“Cukup dengarkan seperti kita mendengar dongeng khayalan sebelum bobo, semasa kecil dulu,” ujarnya.

Dia pun memberikan penjelasan dengan ilmu kekinian. Dilaman pribadinya, Thomas menampilkan foto bumi mulai dari yang paling dekat hingga yang paling jauh.

  • “Cukup saya arahkan untuk download Google Earth, yang merupakan hasil pemotretan dengan satelit. Mulai temukan kota kita yang kita kenali setiap jalan dan bangunannya, lalu zoom out untuk melihat provinsi, pulau, negara, benua, sampai bumi yang bulat. Lalu kembali lagi zoom in mencari kota lain dan objek yang menjadi daya tarik kita. Foto bumi yang bulat adalah rekonstruksi dari kumpulan banyak citra satelit resolusi sangat tinggi,” ucapnya.*

“Kalau mau melihat bumi bulat secara utuh, lihatlah citra beberapa satelit cuaca yang memotret bumi dari ketinggian 36.000 km. Saat ini ada 5 satelit aktif yang memantau cuaca global: Himawari-8, Meteosat VISSR, Meteosat SEVIRI, GOES East, dan GOES West. Berikut ini foto bumi yang bulat dari satelit cuaca, dilihat dari berbagai arah garis peta dan grid ditambahkan untuk mengenali benua yang dipotret,” demikian Thomas melengkapi penjelasannya.

Comment

No comments yet. Write yours!