"Garam dan Permasalahannya (Impor komoditas)"by @kurawa

Indonesia masih impor garam dari singapura sudah bertahun2 .. aneh yah kita masih pada diam aja lihat kelucuan ini Singapura gak punya pantai, sementara indonesia adalah negara dengan luas pantai terluas no 2 di dunia setelah kanada ..
management
0
Rudi Valinka @kurawa
Indonesia masih impor garam dari singapura sudah bertahun2 .. aneh yah kita masih pada diam aja lihat kelucuan ini ๐Ÿ˜
Rudi Valinka @kurawa
Singapura gak punya pantai, sementara indonesia adalah negara dengan luas pantai terluas no 2 di dunia setelah kanada ..
Rudi Valinka @kurawa
Menurut gue ini sih sdh kaya cerita dongeng si cerdik dan si pandir .. kita jadi si pandirnya yah ๐Ÿคฃ
Rudi Valinka @kurawa
Harus gue akui 3 tahun masa kepemimpinan jokowi belum ada kemajuan signifikan soal kemandirian komoditi.. kita masih jalan ditempat
Rudi Valinka @kurawa
Indonesia bergantung garam dari australia dan india... setiap tahun angka impornya makin besar, sementara RI masih kampanye swasembada2
Rudi Valinka @kurawa
Gue kalo lihat data impor indonesia miris juga .. ada impor minyak goreng juga dari singapura .. (gak tau minyak apa tuh)
Rudi Valinka @kurawa
Gue lupa dulu pernah bahas soal mengapa singapura begitu pandai memanfaatkan ke pandiran indonesia dalam memasok komoditi2
Rudi Valinka @kurawa
Banyak negara2 eksportir memanfaatkan singapura sbg feeder (pengumpan) utk masuk ke indonesia agar kena bea masuk rp. 0 (kaya DP rumah๐Ÿ˜ƒ)
Rudi Valinka @kurawa
Hitung2an pengusaha jauh lebih murah jika barang gue turun di singapura lalu membayar port handling dibanding bayar bea masuk di indonesia
Rudi Valinka @kurawa
Jadi singapura hanya mengambil untung kegiatan bongkar muat dan sandar kapal.. dia gak perlu pajak2an dan dgn cepat di ekspor ke indonesia
Rudi Valinka @kurawa
Jadi dalam beberapa kasus seolah2 komoditas itu milik singapura padahal cuma numpang lewat.. orang bilang untung kecil gpp yg penting sering
Rudi Valinka @kurawa
Sebenarnya pak jokowi sdh tau ini kok, beliau kan bekas eksportir mebel.. carut marutnya peraturan kepabeanan kita dia paham
Rudi Valinka @kurawa
Tapi terlepas dari semua sistem perdagangan.. inti dari kelangkaan komoditas2 di negara ini karena kita blm serius utk kerjainnya dgn benar
Rudi Valinka @kurawa
Pejabat2 indonesia sdh sering bolak balik ke luar negeri katanya mau survey, belajar tapi gak ada yg dikerjain
Rudi Valinka @kurawa
Belajar dari china dengan jumlah penduduk diatas 1 milyar lebih tapi bisa mengekspor komoditas2 ke negara2 lain dalam jumlah besar
Rudi Valinka @kurawa
Di china bisa maju karena mereka fokus setiap daerah/provinsi membuat sentra2 ekonomi sendiri2 .. jadi ada komoditas unggulan
Rudi Valinka @kurawa
Negara masih mengandalkan calo2 importir yg tentunya mendapatkan margin lebih banyak jika mengimpor dibanding produksi didalam negeri
Rudi Valinka @kurawa
Diakhir tahun 2016 berita soal garam masih seperti ini ada 130 ribu ton garam di gudang cirebon.. gak dipedulin pic.twitter.com/9Mxdq4vbjD
Expand pic
Rudi Valinka @kurawa
Sadis yah gue gak boleh protes sama pemerintah skr.. langsung dituduh jadi haters ..๐Ÿ˜‚..ini juga bagian dari kepandiran orang2 sjk lama
Rudi Valinka @kurawa
๐Ÿ˜….. maunya harus dukung pemerintah walaupun salah gitu? Yang sudah lama main twitter pasti sdh kenal twit gue dari awal2 ๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜Ž
Rudi Valinka @kurawa
Komoditas bermasalah di Indonesia: Manis = Gula Asin = Garam Pedas = Cabe Cuma Asem yg gak pernah bermasalah = Ketek
Rudi Valinka @kurawa
Konon kelangkaan Garam berawal dari kasus ini ~> Jadi Tersangka, Dirut PT Garam Ditahan Bareskrim - m.detik.com/news/berita/d-โ€ฆ
Rudi Valinka @kurawa
Kemaren gue banyak dapat pelajaran dari negara swiss... negeri yg tenang walau terkesan "angkuh" karena gak mau masuk Uni Eropa ๐Ÿ˜๐Ÿ˜
Rudi Valinka @kurawa
Pemerintah swiss berusaha utk mengurangi impor, mereka sangat menjaga produk domestiknya..harga lebih mahal gpp asal buatan sendiri katanya
Rudi Valinka @kurawa
Setiap minggu pemerintah sana mengadakan pasar rakyat, petani datang membawa barang2nya dan warga yg lain membantu utk membelinya
Load Remaining (62)

Comment

Login and hide ads.