0

Belakangan muncul foto-foto Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama wanita bernama Indira Soediro melalui media sosial dan forum-forum percakapan.

Bane Raja Manalu @baneraja
siapa sih indira soediro kok heboh dan riuh? ada yg tau inpo?
Your Secret Admirer @Zumpio
Sah! Jonan-Indira! eh.. Kebiasaan lama sulit berubah ya bro @KementerianESDM ....staff urusan sangat khusus pic.twitter.com/nury0q0Mc6
Expand pic
Tessa Tambunan @tessamba
@Dedi_chaniago84 @Zumpio @KementerianESDM Memang pak Jonan begitu ekspresi nya, kalo lagi ngga pusing. Beliau berusaha ramah ke publik dan media. Selalu senyum sumringah
Tauhid @udatauhid
@Zumpio @KementerianESDM Di kartu nama tertulis "tenaga ahli". Keahliannya di bidang ESDM apa ya?
dadung nugroho @dadungnugroho
@udatauhid @Zumpio @KementerianESDM La itu ada om ... komunikasi dan informasi ... ngono yo ngono ning ojo ngono
Tauhid @udatauhid
@dadungnugroho @Zumpio @KementerianESDM Tenaga ahli itu biasanya spesifik dan terkait bidangnya, tdk umum. Lagipula "special staff" artinya staf khusus, beda dengan tenaga ahli 😁
Tessa Tambunan @tessamba
@Zumpio @KementerianESDM Coba obyektif dan realistis, saat ini K/L perlu ahli komunikasi publik yang fasih menyampaikan info yang proportional dan menghadang fitnah
RumahAksara™ @didienAZHAR
@Reiza_Patters: Ada alumni Putri Indonesia yg nempel sama Menteri ESDM (Indira Soediro), Menpora (Anindya K Putri) dan Menhub (Z. Hafizah). pic.twitter.com/hoeVrFn7OZ
Expand pic

Vlog Indira Soediro dengan Menteri Jonan membahas TTL

#EnergiBerkeadilan @KementerianESDM
SobatEnergi, simak Vlog Menteri Jonan dg Tenaga Ahli Komunikasi, Indira Soediro ttg TTL TIDAK NAIK smp akhir 2017. #TarifListrikTidakNaik pic.twitter.com/aGFL1rAHQJ

Indira Soediro sendiri adalah Miss ASEAN 1991 dan Putri Indonesia 1992. Usianya kini sudah 46 tahun dan ia telah dikaruniai lima anak.

enas @enasdhuhri
@Zumpio @BoengParno @KementerianESDM Indira (lahir di Jakarta, 22 Agustus 1970; umur 46 tahun) adalah seorang pengusaha, merupakan Miss ASEAN 1991 dan Putri Indonesia 1992.

Indira memang sering posting di Instagram foto2 kunjungn/kegiatn dg Menteri dll. Namun, setelah ditelusur kembali, akun Instagram Indira Soediro kini sudah tidak ada. Yang tersisa hanya foto2 dari hashtag.

Load Remaining (28)

Comment

Nia Fauzi @NiaFauzi 26/07/2017 11:46:11 WIB
saya lansir dari kompas bahwa Indira Soediro merupakan tenaga ahli komunikasi yang direkrut untuk membantu tugas untuk media internasional dan hubungan lembaga internasional #FotoJonanBiasaAja
Nia Fauzi @NiaFauzi 26/07/2017 11:49:35 WIB
Foto-foto yang beredar pun disebarkan oleh oknum dan menurut saya foto-foto tersebut biasa saja #FotoJonanBiasaAja
♥Sinta Kasih♥ @preettysintaa 26/07/2017 13:59:25 WIB
Ini ada pihak yang ga suka sama pak Jonan nyebar fitnah pake akun anonimus. Paling kerjaan mafia energi yang terkekang dengan kebijakan pak menteri yang susah diajak korupsi. #FotoJonanBiasaAja
♥Sinta Kasih♥ @preettysintaa 26/07/2017 13:59:33 WIB
Padahal mah foto nya biasa aja sebatas hubungan kerja dan profesional. #FotoJonanBiasaAja
teri.balado @teribalado1 26/07/2017 20:16:04 WIB
@Dedi_chaniago84 @Zumpio @KementerianESDM Justru karena hubungannya adalah profesional dan transparan maka difoto ya tersenyum seperti orang normal. Kalau ada macam macam mana mungkin senyum begini, malah kaget atau tutup muka. Logika aja
teri.balado @teribalado1 26/07/2017 20:16:31 WIB
@udatauhid "Di kartu nama tertulis "tenaga ahli". Keahliannya di bidang ESDM apa ya?" Di kartu nama tertulis jelas "Bidang Komunikasi dan Informasi"
teri.balado @teribalado1 26/07/2017 20:24:47 WIB
Saudara saudara yang musuhan sama semua teman kantornya dan tidak pernah berfoto bersama teman kantornya baru boleh komen negatif.
teri.balado @teribalado1 26/07/2017 20:25:14 WIB
Mari menjadi rakyat yang cerdas dan tidak mudah diprovokasi gosip. Semua bisa lihat sendiri faktanya bahwa foto tersebut posenya sangat wajar dan tidak melanggar asusila sama sekali.
teri.balado @teribalado1 26/07/2017 20:26:00 WIB
Ini hanya penyebaran issue terkait reshuffle kabinet
MDZ Luffy @mdzluffy 27/07/2017 05:48:16 WIB
tidak terlihat adanya hubungan special dari mereka berdua, ini hanya berita dari orang" yg gag suka sama pak jonan #fotojonanBiasaAja
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:47:36 WIB
1. Rumor seputar resafel kabinet berembus kencang beberapa pekan terakhir
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:48:00 WIB
2. Di sinilah kita bisa melihat sisi paling purba dari sebuah percaturan politik: segala rupa cara dihalalkan untuk mencapai tujuan.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:48:16 WIB
3. Nah, tanpa angin tanpa hujan, tiba-tiba foto-foto Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama seorang perempuan cantik tersebar ke tengah khalayak, melalui media sosial dan forum-forum percakapan.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:48:35 WIB
4. Mudah ditebak menyebarnya foto-foto itu adalah bagian dari agresifitas serangan politik untuk merusak reputasi seorang menteri.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:48:58 WIB
5. Apakah foto-foto itu hoax? Tidak juga. Hanya saja perlu diberi konteks dan konten yang sesuai fakta, agar tidak mengundang penafsiran liar dari siapa pun yang melihatnya.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:49:12 WIB
6. Berawal dari kebijakan Jonan mengubah wajah komunikasi publik Kementerian ESDM, terutama untuk dunia internasional.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:49:28 WIB
7. Orang yang ada di posisi itu tentu harus punya syarat minimal wajah cakep, camera face, dan lancar cas cis cus dalam bahasa Inggris.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:51:04 WIB
8. Bagaimana dengan penguasaan teknis dan pemahaman ttg dunia ESDM? Bisa dibangun sambil jalan. Kandidat dengan kompetensi yang komplet seperti itu, all in one, sulit didapat. Kalau toh ada passti di luar batas anggaran yang ada.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:51:28 WIB
9. Singkat kata, pilihan jatuh ke Indira Soediro, Miss ASEAN 1991, Putri Indonesia 1992. Dari tahun meraih gelar itu saja bisa ditebak usianya sudah tidak lagi belia: 46 tahun, dengan lima anak.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:51:51 WIB
10. Hingga masuk tim komunikasi Kementerian ESDM 1 April 2017, Indira masih malang melintang sebagai seorang model, bintang iklan, sekaligus pemain basket andal.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:52:59 WIB
11. Sebagai sosok yang menggeluti dunia model lebih 30 tahun,Indira terbiasa pamer foto di akun medsosnya
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:53:49 WIB
12. Foto-foto sejenis itulah yang disebar pihak-pihak tertentu di hari-hari seputar resafel ini. Foto yang tidak ada kaitannya dengan peran barunya di Kementerian ESDM.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:54:18 WIB
13. Foto lain yang disebar adalah foto Indira berdua dengan Jonan. Foto yang sebetulnya wajar saja karena diambil di tempat terbuka dan dalam pose yang wajar dan tidak melanggar batas norma dan susila.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:54:37 WIB
14. Angle foto memang tampak berdua, sering juga selfi, tapi itu bagian dari rombongan dalam suatu kunjungan kerja.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:54:52 WIB
15. Di akun medsosnya, Indira memang biasa memajang foto dengan pejabat Kemeterian ESDM, apakah menteri, wakil menteri, juga dirjen.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 06:58:52 WIB
16. Utk membangun komunikasi dg media internasional Indira dituntut memahami isu seputar ESDM, kebijakan, program, dan yg tdk kalah penting gagasan serta pandangan Menteri ESDM.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 07:02:32 WIB
17. Maka Indira terlihat kerap ada di dekat Jonan dalam berbagai kesempatan atau kunjungan kerja. Ini adalah jalan pintas terbaik untuk mempercepat penguasaan masalah, dan memantapkan pemahaman. Ini proses yang lazim terjadi.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 07:03:10 WIB
18. Setelah dirasa memadai, Indira bisa mulai dilepas untuk terjun ke dunia baru.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 07:03:27 WIB
20. Memanfaatkan Putri Indonesia untuk memperkuat tim komunikasi bukan melulu inisiatif Jonan, Menpora Imam Nahrawi juga melakukan hal serupa. Ia merekrut Putri Indonesia 2015, Anindya Kusuma Putri sebagai Juru Bicara Kemenpora.
Puteranegri @Puteranegriku 27/07/2017 07:03:39 WIB
21. Jadi, Kawan, rileks saja, gak usah baper, apalagi main tuduh dan vonis. Inga... inga... di musim isu resafel seperti saat ini, segala rupa isu, rumor, bahkan fitnah bisa deras mengalir atas nama target politik tertentu.
Login and hide ads.