1
Erykar @erikarlebang
Puji Tuhan, lagi bukti "melakukan sesuatu yang benar dengan komitmen tinggi membuahkan hal positif" Hasil gak pernah mengingkari usaha
Erykar @erikarlebang
Awal tahun lalu bertemu dengan teman lama. Ketemu istrinya duluan sih. Bercerita, teman ini baru jalani operasi pengangkatan tumor otak
Erykar @erikarlebang
Cukup panjang lebar si istri cerita. Intinya dia frustasi, karena gak tahu harus melakukan apa? Sementara kondisi suaminya memburuk terus
Erykar @erikarlebang
Misal dia bingung suami harus makan apa? Menuruti anjuran di RS, makan apa saja supaya kuat, malah bikin kolaps tiap usai jalani kemoterapi?
Erykar @erikarlebang
Dia mendengar bahwa #RawFood adalah pola makan sangat efektif perbaiki kualitas hidup penderita kanker. Pas dicoba, malah nambah frustasi
Erykar @erikarlebang
Suaminya yang datang dari kesukuan terkenal dengan kuliner khasnya jelas alami kesulitan saat mengkonsumsi menu #RawFood. Istrinya kesal
Erykar @erikarlebang
Respon saya untuk sesi curhatan itu agak bikin si istri kaget. Bukannya menghibur, membesarkan hati, saya malah menegurnya cukup keras
Erykar @erikarlebang
"Berhenti menyalahkan orang lain! Selalu akan ada pihak lain salah, dokter salah, RS salah, suami salah, keluarga salah, semua! Percuma!"
Erykar @erikarlebang
"Ujung-ujungnya Tuhan juga dianggap salah, karena memberi cobaan kelewat berat. Lalu apa ajang menyalahkan itu memberi hasil? Nggak bakalan"
Erykar @erikarlebang
"Sadar diri, kalau mau salahkan ya diri sendiri, supaya bisa diperbaiki. Ngikutin petunjuk ini-itu kok hasilnya jelek? Ya kenapa ngikut?"
Erykar @erikarlebang
"Kan gak tahu? Ya ngikut" "Kenapa gak nyari tau? Ya terima nasib! Kalau gak mau merasa tertipu, cari tahu sendiri. Minimal usaha ngerti!"
Erykar @erikarlebang
Terkait #RawFood, saya balik logikanya. "Makan menu baru, dia sendiri atau ditemani keluarga". Disini istrinya nyengir malu "..sendirian"
Erykar @erikarlebang
Nah bayangkan saja, orang biasa makan seenak jidat, mendadak disuruh mengkonsumsi 'makanan ajaib' sendirian! Terus diomelin pas gak mau
Erykar @erikarlebang
"Jadi kalo gitu pas dia makan #RawFood harus ditemenin ya?" Lah manurut ngana?
Erykar @erikarlebang
Kalau bisa bukan cuma ditemani. Makanan lain harus disterilkan di meja makan, setidaknya saat dia sedang makan. Pengen makan lain? Ngumpet
Erykar @erikarlebang
Dia juga sudah melakukan upaya positif. Misalnya, dia beli mesin #AirKangen. Langkah sangat baik bagi penderita kanker. Tapi apa lacur?
Erykar @erikarlebang
Karena belinya gak dibarengi keinginan mencari tahu, lebih karena disuruh. Gak dipergunakan benar. Ya, saya ledekin lagi
Erykar @erikarlebang
"Ibarat punya kompor gas, tapi masak masih pake minyak tanah. Karena males cari tahu, apa keuntungan gunakan teknologi? Ya repot mau sukses"
Erykar @erikarlebang
In short, akhirnya si istri mau mengkoreksi semua yang dijalani suami dan dirinya saat ini. Untuk mendapatkan hasil terbaik tentu.
Erykar @erikarlebang
Ubah pola makan! Kiri waktu teman saya masih jadi korban doktrin makan protein hewani, kanan memulai #FoodCombining untuk lalu ke #RawFood pic.twitter.com/yDIUTmIgfS
Expand pic
Erykar @erikarlebang
Kemudian untuk atasi kemunduran fisik, ini kendala yang cukup mengganggu karena aslinya suka olahraga, dia coba berlatih #yoga secara rutin
Erykar @erikarlebang
Lihat aja video fisioterapi pasca operasi otaknya ini. Fase kepayahan saat melakukan banyak hal sederhana, amat membuat frustasi. Hal normal pic.twitter.com/wCWqhPzl62
Erykar @erikarlebang
Egonya juga harus menerima kenyataan bahwa agilitas-atletisme yang dulu dimiliki, hilang total. Dia bolak-balik terjatuh dalam keseharian
Erykar @erikarlebang
Jatuh untuk ukuran orang yang baru melakukan operasi di kepala, bukan perkara enteng. Apalagi beberapa kali benturannya memang ke kepala
Erykar @erikarlebang
#Yoga yang dilakukan, jelas bukan level ala-ala. Harus sesuai kapasitas kebutuhan. Dia hanya lakukan recuperative poses #Iyengar tradition pic.twitter.com/N7OLT0dMyG
Expand pic
Load Remaining (18)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.