0
detikcom @detikcom
Novanto Sahkan UU Pemilu dengan Presidential Threshold 20% detik.id/VUdZr4 pic.twitter.com/57ZkWxtQvW
Expand pic
James Carrington Rothschild Windsor @JCOS_WINDSOR
RUU Pemilu resmi disahkan oleh DPR RI menjadi UU Pemilu. Didukung oleh 6 fraksi DPR RI: PDIP, Golkar, PKB, PPP, NasDem dan Hanura.
James Carrington Rothschild Windsor @JCOS_WINDSOR
Ke 6 partai tersebut adalah pendukung Presidential Threshold sekitar 20 - 30%, yang setara dengan 15 - 25% kursi DPR RI.
James Carrington Rothschild Windsor @JCOS_WINDSOR
Namun pengesahan UU Pemilu tersebut diwarnai aksi walk out 4 fraksi, yakni Gerindra, Demokrat, PAN dan PKS.
James Carrington Rothschild Windsor @JCOS_WINDSOR
Ke 4 parpol tersebut adalah parpol yang menginginkan Presidential Threshold dihapus alias 0%.
James Carrington Rothschild Windsor @JCOS_WINDSOR
Saya mendukung secara pribadi agar Presidential Threshold tetap 20 - 25%, agar kandidat capres-cawapres yang muncul adlh yg berkualitas.
Presidential threshold adalah......

Presidential threshold adalah jumlah minimal perolehan kursi partai/koalisi di DPE/MPR melalui Pemilu Legislatif agar bisa mengajukan calon Presiden/Wapres. Penetapan threshold 20% artinya jika partai/koalisi partai memiliki jumlah suara atau suara gabungan kurang dari 20% suara total yang masuk dalam Pemilu Legislatif, partai atau koalisi partai tersebut tidak berhak mengajukan calon Presiden-Wakil Presiden.

spardaxyz @spardaxyz
Prof Yusril : "Saya akan melawan UU Pemilu yang Baru Disahkan ke MK" pic.twitter.com/NEFdjoLpQq
Expand pic

Yang menentang kebijakan ini memandang bahwa penetapan Presidential Threshold bertentangan dengan konstitusi yang mengedepankan demokrasi Pancasila karena kandidat-kandidat dengan partai bersuara kecil tidak akan memiliki peluang maju sebagai Capres-Cawapres padahal belum tentu rakyat tidak menyukai/tidak akan memilih mereka. (Ingat bahwa ada juga tren di masyarakat, "benci partainya tapi suka capresnya")

HincaPandjaitanXIII @hincapandjaitan
Sekali lagi kami tegaskan bahwa Presidential Threshold tidak kami sepakati dlm sistem pemilu bukan krna TAKUT tapi itu MELANGGAR KONSTITUSI.
HincaPandjaitanXIII @hincapandjaitan
Bukan miskin gagasan apalagi tanpa dasar, Presidential Threshold memang dirasa tidak perlu dlm pilpres 2019. Simak video berikut! #TolakPT pic.twitter.com/sWSnfyX2iW
Rachland Nashidik @RachlanNashidik
Benny K. Harman: "Fraksi Partai Demokrat tidak bisa menyetujui voting karena Presidential Treshold 20/25% telak melanggar konstitusi".
jemmy setiawan @Jemmy_biru
Partai Demokrat telah memilih untuk tidak ambil bagian melanggar konstitusi dalam urusan isu presidential treshold & WO adalah pilihan kami

Di samping itu, karena Pemilu 2019 rencananya diadakan serentak, Presidential Threshold dianggap sebagai langkah yang mustahil.

Yusril Ihza Mahendra @Yusrilihza_Mhd
Yusril: Tidak Mungkin Pemilu Serentak Ada Presidential Threshold - kumparan m.kumparan.com/muhamad-iqbal/…

Pakar Hukum Tata Negara, Yusril Ihza Mahendra, menyebut presidential thresold tidak mungkin diterapkan karena Mahkamah Konstitusi (MK), sudah memutuskan bahwa Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden mulai tahun 2019 digelar serentak.
"Putusan MK itu memang hanya mewajibkan pemilu serentak sesuai maksud pasal 22E UUD 45, tidak secara khusus putusan itu menyebutkan presidential threshold. Namun putusan MK itu harus dipahami secara utuh dengan logika hukum yang benar, bukan logika politik dan kepentingan," ucap Yusril kepada kumparan (kumparan.com), Kamis (20/7).

Menurut Yusril, kalau pemilu dilakukan serentak, bagaimana caranya menentukan presidential treshold. Karena itu keberadaan presudential treshold menjadi tidak mungkin dalam pemilu serentak.
"Tentang pencalonan presiden, kita kembalikan kepada norma pasal 6A ayat 2 UUD 45 'pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilihan umum sebelum pelaksanaan pemilihan umum'," lanjutnya.
Pemilu dimaksud, merujuk pada Pasal 22E ayat 3, yakni pemilu untuk memilih anggota DPR dan DPRD. Jadi pengusulan capres dan cawapres oleh parpol peserta pemilu itu sebelum pemilu DPR dan DPRD, baik pemilu dilaksanakan serentak maupun tidak serentak.
"Dari tafsiran sistematik tersebut, tidak mungkin presidential treshold akan menjadi syarat bagi parpol dalam mengajukan calon presiden," tegas Yusril.
Sementara itu, pemerintah melalui Mendagri Tjahjo Kumolo menyebut putusan MK itu tetap bisa ditafsirkan memperbolehkan presidential threshold. Sumber angkanya adalah hasil Pemilu Legislatif tahun 2014, untuk Pemilu 2019. Namun ini menuai perdebatan karena hasil pemilu 2014 tidak bisa digunakan untuk 2019.

URL kumparan 267 Yusril: Tidak Mungkin Pemilu Serentak Ada Presidential Threshold MK memutuskan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden tahun 2019 digelar serentak.
Kholil Pasaribu @kholilpasaribu
Mendagri memberikan pandangan akhirnya. Mendagri menilai bahwa substansi RUU Pemilu (presidential threshold) adalah konstitusional. pic.twitter.com/8iik1icRpV
Expand pic
Andri Prasetyo S. @APrasetyoS
presidential threshold 20% di pemilu serentak 2019 aka ngacu pd hasil pemilu 2014 adalah beda dimensi; waktu & tempat, bak ghaib
METRO TV @Metro_TV
Pengamat: Berapapun Persentasenya, Presidential Threshold akan Tetap Digugat metrotvn.ws/9K5j6QyN pic.twitter.com/l2QWU5KGUE

Dalam perdebatan, muncul juga pandangan bahwa threshold yang akan dipakai mengacu pada hasil Pemilu Legislatif 2014, yang tentu saja ditentang oleh yang saat ini berstatus pihak oposisi. Jika hasil Pemilu Legislatif 2014 dipakai, maka kekuatan politik dalam Pilpres 2019 akan menjadi seperti ini:

Mas Piyu Perjuangan 🇮🇩 @mas_piyuu
Presidential Threshold 20%, PETA Pertarungan PILPRES 2019 Akan Seperti PILKADA DKI 2017 bit.ly/2uHfmRd pic.twitter.com/gfDiKbgvuZ
Expand pic
Story Rabaan Netizen Arah Angin Politik di Pemilu 2019 Jika Presidential Threshold 20% Diterap.. Seperti apakah arah angin politik di pemilu 2019 jika predential threshold 20% diterapkan? 1855 pv 2
Yusril Ihza Mahendra @Yusrilihza_Mhd
Seperti saya katakan, saya akan melawan keputusan DPR malam ini ke MK pic.twitter.com/D37R1E2k6T
Expand pic
Load Remaining (4)

Comment

bolavada @bolavada 25/07/2017 01:59:46 WIB
FREEBET dan FREECHIP, BONUS DAN CASHBACK Ubah Keberuntungan Kamu Menjadi Pundi Pundi Uang Yuk chat aku di BBM: D*8*9*C*C*5*1*5 Line: B*o*l*a*v*a*d*a* FB: B*o*l*a*v*a*d*a*
Login and hide ads.