SURGA YANG DIPEREBUTKAN by @na_dirs

Chirpified
2
Nadirsyah Hosen @na_dirs

Sehabis ngopi latte pagi ini insya Allah aku mau kultwit soal surga yang diributkan dan diperebutkan 🙏 pic.twitter.com/3YikRQ0tI1

18/07/2017 08:25:48 WIB
Expand pic
Nadirsyah Hosen @na_dirs

1. Surga yang diributkan. Gara2 ceramah @itss_syam yg mengatakan kenikmatan terbesar di surga nanti adalah pesta seks, banyak yg heboh🙏

18/07/2017 09:36:32 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 2. Mungkin @itss_syam lupa bhw kenikmatan terbesar di surga kelak adalah saat kita memandang wajahNya. Bukan soal bidadari dan seks

18/07/2017 09:38:38 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 3. Tapi beliau @itss_syam sudah minta maaf. Ya mari kita maafkan. Selalu ada pelajaran dibalik peristiwa. Smg kedepannya lebih hati2 lagi

18/07/2017 09:40:01 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 4. Tapj bukankah di ayat dan hadits itu ada soal seks dan bidadari di surga? Bgm memahaminya? Di sinilah perlunya memahami konteks sosial

18/07/2017 09:42:18 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 5. Memahami ayat hanya dari terjemahan harfiah akan membawa kita pada pemahaman zahir akan kenikmatan surga yg dikisahkan dalam Nash

18/07/2017 09:43:37 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 6. Saya ingin beri contoh 3 kenikmatan surga: bidadari, sungai dan kebun, serta khamr. Ketiganya jangan dipahami secara zahir semata

18/07/2017 09:45:26 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 7. Iming2 kenikmatan ketiganya adalah strategi dakwah Islam sesuai konteks sosio-historis masyarakat Arab jahiliyah saat itu

18/07/2017 09:46:20 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 8. Sebelum Islam datang, orang Arab istrinya gak terbatas. Islam dtg bawa aturan maksimal 4. Rugi dong kalau masuk Islam? Begitu tanya mrk

18/07/2017 09:48:58 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 9. Maka Islam tawarkan kalau kalian buat baik di dunia akan ada bidadari cantik menunggu di surga. Ini kompensasi sesuai konteks saat itu

18/07/2017 09:50:15 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 10. Bidadarinya jumlahnya berapa? Banyak, kata Islam. Cantik gak? Cantik, santun, montok, bergelang emas, selalu perawan, jawab Qur'an.

18/07/2017 09:51:24 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 11. Jadi ini jawaban Qur'an pada konteks masyarakat yang masih jahiliyah, gila wanita dan merasa rugi kalau masuk Islam. Ini konteksnya

18/07/2017 09:52:26 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 12. Gak cuma itu, Qur'an kasih iming2 lain soal surga. Dulu itu org kaya adalah mrk yg punya kebun kurma banyak. Di surga gimana nanti? Ada!

18/07/2017 09:53:27 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 13. Akan ada kebun yg indah, dimana akan mengalir air di bawahnya. Jgn lupa arab itu tandus dan gersang, maka surga yg diprojeksikan spt itu

18/07/2017 09:54:50 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 14. Kalau utk masyarakat Jawa yg subur, banyak kebun dan sungai tentu projeksi surga spt itu gak akan menarik 😀 lha wong udah ada hehehe

18/07/2017 09:55:56 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 15. Itu sebabnya memahami penggambaran surga jgn zahir saja. Rugi nanti kalau surga isinya cuma kebun doang. Pahami ayat secara sosiologis

18/07/2017 09:57:02 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 16. Orang arab tukang minum khamr. Eh diharamkan. Rugi dong masuk Islam. Maka Islam harus memberi jawaban kompensasi kelak di surga

18/07/2017 09:58:04 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 17. Maka dalam sebuah riwayat dikatakan di surga nanti ada sungai isinya khamr. Kamu minum sambil menyelam gak bakal mabuk. Puas deh.

18/07/2017 09:58:33 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 18. Begitulah cara Islam berdakwah dg memprojeksikan ukuran kesenangan dan kebahagiaan masyarakat Arab pada saat itu.

18/07/2017 09:59:45 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 19. Anak sekarang nanyanya: di surga ada wifi gak? Boleh jadi kalau Qur'an masih turun skr jawabannya: "ada wifi dg kecepatan tak terbatas"

18/07/2017 10:00:56 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 20. Padahal sejatinya surga itu adakah yg tak terbayanhka oleh kata dan mata serta rasa. Beyond our imagination

18/07/2017 10:01:34 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 21. Pelajaran yg kita ambil dari kasus "surga yg diributkan" ini adalah: pahami ayat sesuai konteksnya dan pahami manhaj dakwah Qur'an.

18/07/2017 10:02:57 WIB
Nadirsyah Hosen @na_dirs

@itss_syam 22. Demikian penjelasan singkat saya. Wa Allahu A'lam bis shawab 🙏

18/07/2017 10:03:59 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!