2

Sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa

Didit Novianto Terakhirnya Indonesia...sungguh besar perjuangan nenek moyang kita menyatukan NKRI. Mari jaga keutuhannya.

Rahmatulloh Hendro Luar biasa yg membuatnya, mungkin masih ada kekurangan tapi informasi yang disampaikan cukup mewakili dan memudahkan untuk dipelajari. Terimakasih & tetap semangat!

Flavia Mandy Parah banget, ironi melihat kerajaan2 di Jawa dapat dikuasai VOC, hindia Belanda sangattttt lama. Mental dijajah dari dulu sampe sekarang. Sekarang dijajah kebodohan yang dibalut agama

Moch Maschun
Bagus videonya.
Mo usul aja nih. Frame nya ngga cuma Jawa saja, tapi berubah membesar dan mengecil sesuai besarnya wilayah kerajaan2nya pada saat itu. Contoh, ketika pas jaman Majapahit bisa membesar frame nya sesuai perkembangan/perluasan wilayah Majapahit. Kemudian mengecil lagi ketika wilayah Majapahit juga mengecil.
Ntar kalo udah ada videonya, tag yaa..
Good job

Lukman N Nuhun pak video nya lumayan mewakili diawal tapi beberapa kerajaan masih belum kesebut spt Daha, majarakan, kutasiluman, kutatandingan, dll Naim Sanjaya Agah Bachtiar
**

Adi Wijaya El Sofyan Luar biasa yg membuatnya.., mereka yg sedikit banyaknya tau akan sejarah Indonesia, akam langsung terisi oleh video ini.
Tapi yg saya masih bingung, tentang awal beradaban jawa dari situs gunung padang itu..
Mungkin saya kurang referensi...

Rifqi Yusviansyah Laman Keren video nya. Ternyata emang bener ya, waktu saya ke gunung padang. Kata penjaga dan pemandu wisata disana, Gunung Padang ini kerajaan yg paling tua di Jawa. Tapi abis itu hilang. Dan beberapa tahun sebelum nya ada yg menemukannya tertimbun tanah yg jadi nya kyk gunung... skrg jdi tempat wisata hehe

Randi Jivogantar Permana Smg video tsb bs mjd dampak yg lbh baik utk generasi kita skrg.. Asal mjd lbh baik & menginspirasi tekad kita smua smakin komit dlm meneladani persatuan, sy rasa bisa dilanjutkan "viral" info positif ini, agar generasi kita skrg bs mjd pawang nusantara yg tangguh nan agung hingga masanya nanti.

cintatanahair #bumipertiwi nosara #nonprofit #zeropolitic #truthbehindthetruth #love #GODdestiny

Sejarah kerajaan-kerajaan di Sumatera

Firman Syah keren......trmksh

Muhammad Sholeh Sangat bagus kerja Anda
Dan sangat perlu diapresiasi
Dan sumber yg dicantumkan cukup akurat serta musik Melayu nya enak sekali

Hanya saja sekedar informasi, Majapahit tidak sampai ke samudera pasai, selalu di tahan Sriwijaya dan paling sampe Langkat Tamiang

Samudera pasai berdiri 1267- 1561
Majahapit 1293-1500
Chou Ku-fei bertahun 1178 menggambarkan tentang cikal bakal kerajaan Pasai, yaitu kerajaan Perlak yang sudah memeluk Islam dan hanya berjarak 5 hari pelayaran dari Jawa. Selanjutnya, Perlak (ferlec) menjadi pelabuhan utama Samudera Pasai.

Catatan Marco Polo (tahun 1292 M) setidaknya membuktikan bahwa Pasai merdeka dari Majapahit. Kalau Pasai adalah jajahan Majapahit, rombongan ratu China yang dia bawa (2000 orang) pastilah tercatat dalam Negarakretagama ataupun terlampir dalam sejarah China sebagai kunjungan ke Majapahit, nyatanya yang tertulis di sejarah China sono adalah “Fa – Chai”. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa pasai bebas aktif dan disegani dalam diplomasi hubungan internasional.

Sedang catatan Ibnu Batutah yang singgah di Pasai pada tahun 1345 M menggambakan perayaan penyambutanya oleh Sultan Malik az-Zahir. Menurut Ibnu Batutah, Samudera Pasai berkembang menjadi pusat perdagangan internasional. Pelabuhannya diramaikan oleh pedagang-pedagang dari Asia, Afrika, Cina, dan Eropa. Catatan Ibnu Batutah ini diamini oleh Marco Polo.
Kemudian adanya koin emas Majapahit, seumur dg koin emas Eropa, dan koin emas china dan koin emas India
Yg memungkinkan itu sebagai alat tukar yang ditentukan kerajaan Islam (dinar emas atau dirham perak)

Wilayah Tamiang adalah bagian kerjaan Aceh yg didominasi suku Melayu
Raja Aceh sendiri mempersunting putri Melayu dari istana Pahang
Dan membawa serta 10.000 penduduknya bermigrasi ke aceh
Kesultanan Deli sendiri masih di bawah kesultanan Aceh

Kesultanan Aceh berbaiat kepada Khalifah yang memimpin khilafah Utsmaniyah

Koreksi jika ada khilaf saya, mari sama" belajar

Akmaluddin Said Excellent job dan terima kasih untuk pembuat video yg sangat informative dan bagus ini. Dan musik melayunya keren dan enak didengar.

Turut bangga dengan kerajaan Siak Sri Indrapura yang pernah berkuasa di Riau. Dan salut juga buat raja siak yg terakhir Sultan Syarif Qasyim II yang menyumbang 6 juta golden untuk perjuangan kemerdekaan NKRI dan menyerahkan kerajaannya secara sadar ke NKRI.

Jayalah Indonesia.

Fitraya Ramadhanny Ada yang kelewat kayaknya. Imperium Chermin yg gabungan aceh, kelantan, champa. Yg ada di abad 14-15 blm dimasukin. Datanya ada di History of Java tulisannya Raffles

Nawi Tuban Bravo yang membuat. Meski belum sempurna. Sudilah kawan kawan memberikan masukan buat lebih baik lagi.
Semoga nanti muncul sejarah kerajaan-kerajaan di Indonesia beserta hubungan kekerabatan mereka biar kita paham dan saling menghargai.

Nelly Benjamin Batak dari jaman purba emang udah susah dijinakkan

Achmad Fauzi Susah krn wilayahnya sulit dicapai/ karena ga ada sumber daya yg bgitu penting untuk dikuasai?

Leogent Haromunthe 1. Wilayahnya yg sulit digapai: benar

  1. Tidak seperti kebanyakan kerajaan, puncak kepemimpinan tidak mutlak dipegang seorang raja, melainkan juga dari golongan adat/agama yg disebut parbaringin. Jadi tidak ada raja yg berhak menyerahkan tanahnya ke penjajah, seperti yg dilakukan Melayu.

  2. Tidak ada komoditi yg berharga? Silakan liat sejarah barus, dimana sumbernya dan peredarannya.

Yudi Tridarmawan Kayaknya ada yg missing dikit, sebelum Hindia Belanda menguasai, wilayah Bengkulu dikuasai oleh Kerajaan Inggris sebelum akhirnya ditukar dengan Singapore. Pada jaman itulah ditemukannya bunga Rafflesia Arnoldi

Tommi Chandra Palembang dr dulu banget sudah ada, pantesan kota tertua di indonesia sudah 1000 an lebih umurnya

Maria Zhu Wlu pun ada comment dari yg lain tentang salah atau kekurangan data namun kita patut apresiasikan tepuk tangan buat pembuat video ini sehingga yg tidak tahu apapun ttg Sumatra menjadi lbh mengerti apa ada nya

Comment

jolanda @RollandaTwitt 05/07/2017 06:46:42 WIB
Animasi yg sangat membantu sejarah pulau jawa dan sumatra, mari kita kritisi demi pebaikan kedepannya
jolanda @RollandaTwitt 05/07/2017 06:47:07 WIB
Animasi yg sangat membantu sejarah pulau jawa dan sumatra
Login and hide ads.