Cerita Nyata Beratnya Dampak Campak pada Orang Dewasa yang Masa kecilnya Tidak Divaksin by: @nurinawati

Wajib dibaca untuk orang-orang yang menganggap remeh vaksin
1
Nurinawati @nurinawati

Ngomong-ngomong soal vaksin, suami gw ga pernah divaksin waktu kecil. Ntah karena di Austria sana ga ada program vaksinasi..

16/06/2017 04:38:33 WIB
Nurinawati @nurinawati

Atau mamanya simply ga aware. Dan pas pindah ke Indonesia, ga kejar vaksinasi yg ketinggalan juga.

16/06/2017 04:40:53 WIB
Nurinawati @nurinawati

Akibatnya baru keliatan setelah dewasa. Suami gw kena campak (morbili) 2x dalam 3 tahun. Kena campak di umur 30, ga vaksin, sakitnya parah.

16/06/2017 04:43:22 WIB
Nurinawati @nurinawati

Ruam merah rata sebadan, bahkan sampai ke telapak kaki. Demam sampai 40 derajat Celcius. Kejang-kejang. Mengigau. Ga bisa makan karena mual.

16/06/2017 04:46:20 WIB
Nurinawati @nurinawati

Worse - saking parah demamnya, pernah sampai gw tampar berkali-kali dan dia ga bangun juga. That was one of the scariest days in my life.

16/06/2017 04:49:54 WIB
Nurinawati @nurinawati

Selama 2 hari di puncak demamnya, dia ga ingat apapun. Literally hilang ingatan. Bolak-balik nanya "aku di mana?", "siapa ya?" ke tiap orang

16/06/2017 04:53:03 WIB
Nurinawati @nurinawati

I bet he didn't even remember my name. Cuma inget muka gw aj. Dia pegang tangan gw kencang banget tiap ada orang masuk.

16/06/2017 04:55:36 WIB
Nurinawati @nurinawati

Ketakutan karena ga kenal orangnya. Padahal itu nyokap gw atau dokter/suster yang jaga.

16/06/2017 04:56:35 WIB
Nurinawati @nurinawati

Worst - demam tingginya ngerusak syaraf dan imun. Sistem syaraf semi-otonom pinggang ke bawah yg kena. Ga bisa BAK dan BAB.

16/06/2017 04:59:26 WIB
Nurinawati @nurinawati

His legs were twitching non-stop. Ngeganggu banget sampai bikin ga bisa tidur. Lagi sakit dan ga bisa istirahat, gimana mau sembuh?

16/06/2017 05:02:34 WIB
Nurinawati @nurinawati

Awalnya, pas ga bisa BAK, kirain saluran kencingnya yg bermasalah. Begitu keluar RS setelah seminggu rawat inap, langsung cari spesialis..

16/06/2017 09:51:53 WIB
Nurinawati @nurinawati

..urologi. Observasi 2-3 hari gitu, lupa. Rontgen juga untuk ngecek ada batu ginjal atau apapun yg mengganjal di saluran kencingnya.

16/06/2017 09:58:06 WIB
Nurinawati @nurinawati

Ternyata ga ada apa-apa. Berarti masalahnya di bagian lain. That was when I read @romeogadungan 's thread about Guillain Barre Syndrome.

16/06/2017 10:03:53 WIB
Nurinawati @nurinawati

Suami gw masih bisa gerakin kakinya. Tapi gejalanya mirip. Demam tinggi berhari-hari, lemas, ga bisa BAK. That escalated quickly.

16/06/2017 10:11:56 WIB
Nurinawati @nurinawati

Besoknya langsung ke spesialis syaraf. Awalnya cari RS yg dekat rumah aja. Tapi dokternya koq bikin ga sreg. Tanpa pemeriksaan detail..

16/06/2017 10:13:54 WIB
Nurinawati @nurinawati

..pas kita tanya kemungkinan GBS, dia langsung menyimpulkan "Oh, iya GBS ini. Udah telat periksanya. Harus langsung terapi." 😱😱😱

16/06/2017 10:15:30 WIB
Nurinawati @nurinawati

Tentunya, jangan langsung percaya kalau baru ke 1 dokter dan dokternya langsung nge-judge tanpa pemeriksaan detail.

16/06/2017 10:21:04 WIB
Nurinawati @nurinawati

Akhirnya kita putuskan untuk periksa ke dokter yg sama dengan yg nanganin Tirta. Besoknya langsung cus ke RS Siloam TB Simatupang.

16/06/2017 10:24:28 WIB
Nurinawati @nurinawati

That was 3 different hospitals in 3 days in a row. All the way from Bogor to Jakarta.

16/06/2017 10:27:23 WIB
Nurinawati @nurinawati

Akhirnya ketemu dr. Peter di Siloam. You know a good doctor when you meet one. And he's very very very good.

16/06/2017 10:30:18 WIB
Nurinawati @nurinawati

Konsultasinya doang, mulai dari cerita kronologis, dia nanya beberapa hal, kita minta dijelasin banyak hal, ada kali 2 jam.

16/06/2017 10:31:52 WIB
Nurinawati @nurinawati

Beda banget sama dokter sebelumnya yg langsung lompat ke kesimpulan hanya dalam 10-15 menit.

16/06/2017 10:32:53 WIB
Nurinawati @nurinawati

dr. Peter ini bahkan buka beberapa buku dulu sebelum memastikan kesimpulannya - Conus Medullaris Syndrome. Detailnya googling aj ya.

16/06/2017 10:40:15 WIB
Load Remaining (29)

Comment

No comments yet. Write yours!