Buat Penulis, Begini Caranya Agar Buku Kamu Sukses Diterbitkan by @benzbara_

Penulis "Luka Dalam Bara" @benzbara_ berbagi tips tentang visi yang harus dimiliki penulis terhadap bukunya sebelum mencari penerbit.
book buku kultwit kultweet menulis sastra seni
2
Bernard Batubara @benzbara_

Indonesian author of 15 books. Newest book: Residu (2019). E-mail: benzbara@gmail.com. IG: https://t.co/7RQudrnXva

https://t.co/kd0fDsbh1w
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
belakangan udah sering ngoceh tentang kopi. jelang ramadan ini kalau saya balik ngoceh lagi soal buku dan nulis gimana? oke?
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
enggak cuma sekali saya ketemu sama teman-teman (yang umumnya berusia lebih muda dari saya) yang bercerita bahwa mereka pengin bikin buku.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
semua yang bertemu saya di tempat-tempat acak (seringnya di kedai atau di acara talkshow saya) pada nanya, gimana caranya nerbitin buku.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
kalau ada yg nanya cara nerbitin buku, saya kasih tahu aja jalur-jalur yang saya tahu. baik itu via penerbit mainstream maupun indie.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
tapi di akhir percakapan (atau di tengah) saya bilang ke yang nanya, β€œsekarang tuh kalau cuma mau bikin buku sendiri gampang banget.”
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
kalau dulu, lima sampai sepuluh tahun lalu, mungkin bikin buku sendiri masih sulit. tapi sekarang jalurnya udah banyak sekali. makin mudah.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
pertanyaan yang lebih penting dari β€œgimana caranya nerbitin buku?” menurut saya adalah: β€œbuku kayak gimana yang mau kamu terbitkan?”
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
kamu mau nerbitin buku yang kayak gimana? kamu mau jadi penulis yang kayak gimana? pertanyaan yang ini lebih penting dijawab diri sendiri.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
ketika kamu hidup di zaman semua orang bisa jadi penulis dan semua orang bisa nerbitin bukunya sendiri, di mana posisi kamu?
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
ketika semua orang bisa mengakses jalur-jalur untuk menerbitkan bukunya sendiri, gimana kamu membedakan dirimu di antara keramaian?
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
jadi, pertanyaannya sekarang kalau kamu pengin buku sendiri bukanlah gimana cara nerbitin buku, tapi apa visi buku yg ingin kamu terbitin?
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
setelah kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi, baru nyari penerbit atau jalur penerbitan dan promosi yg cocok dengan tujuanmu bikin buku.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
karena sekarang gampang nerbitin buku sendiri, prosesnya dibalik: bukan cari penerbit dulu, tapi tentukan visimu dulu baru cari penerbit.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
jangan lupa juga satu hal sederhana yang nyaris selalu gak diperhatiin: tiap penerbit punya visi yang unik. cari yang cocok sama kamu.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
naskah yg ditolak tidak selalu berarti naskahnya buruk (kadang-kadang memang buruk, sih) tapi juga bisa karena gak cocok sama visi penerbit.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
jadi selain sibuk menuliskan naskahmu sendiri, jangan lupa juga pelajari karakter tiap penerbit yang kamu incar.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
gimana caranya mempelajari karakter penerbit? cara gampangnya: sering main ke toko buku dan perhatikan buku-buku terbitan penerbit tsb.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
dan jangan terpaku sama format-format buku yang sudah terbit. sekarang penerbit sangat terbuka sama bentuk-bentuk baru. jadi kreatif aja.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
yang penting, tujuan bikin bukunya jelas. naskahmu itu bentuknya apa, kenapa dibikin bentuknya seperti itu, pembaca mana yang disasar.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
kalau pertanyaan2 mendasar tadi udah dijawab (mau bikin buku kayak gimana? sasaran pembacanya siapa?), akan lebih mudah nyari penerbitnya.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
karena kalau kamu belum tahu mau bikin buku kayak gimana dan mau menyasar segmen pembaca yg kayak gimana, kamu pasti bingung nyari penerbit.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
pertanyaan-pertanyaan mendasar kayak tadi memang gak mudah untuk langsung dijawab. kadang baru terjawab seiring waktu dan pengalaman nulis.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
tapi kalo kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi dengan segera, semakin cepat kamu tahu semakin bagus, semakin mudah menentukan arah.
Pesan Buku #BatuManikam πŸ”ͺπŸ¦‰πŸ¦œπŸ”₯⚰️ @benzbara_
sekian ocehan tentang menerbitkan buku. kalau hal-hal teknis mah gampang, tinggal cari aja di google: β€œcara nerbitin naskah novel/buku”.
Load Remaining (5)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.