0
Ismail Al Anshori @thedufresne
Saat jd aktivis, elo bs mikir tanpa batasan. Di birokrasi, minimal hrs mikir ada bnyk duit yg hrs SEGERA dibelanjakan scr efektif & efisien.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Saat jd aktivis, lo bs bilang "hrs ada kajian komprehensif". Di birokrasi, hrs mikir: gmn memecahkn msalah dgn cepat sesuai siklus anggaran.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Saat jd aktivis, lo bs ideal: pertama mikir konsep, baru implementasi. Di birokrasi, pertama2 lo hrs mikir gmn biar anggaran ga dicuri.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Saat jd aktivis lo bs mikir ideal krn yg dihadapi skala kecil. Di birokrasi, skalanya ribuan kali lipat & waktu mepet.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Saat jd aktivis, lo enak bilang tata ruang hrs tertib. Di birokrasi, yg lo hadapi adlh org yg mau kasih duit triliunan. Gmn jln tengahnya?
Ismail Al Anshori @thedufresne
Saat jd aktivis, org2 yg kerja bareng punya otak & skill sama. Di birokrasi, beruntung bgt kl nemu yg bs diajak mikir bareng.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Sejujurnya gw pengen lihat apkh Elisa & Marco bs galak ke para pengembang ttg tata ruang. Gw tebak sih engga. Tp gw harap gw salah.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Gini deh: kita lihat saja apakah Anies & Sandi akan upload video2 rapat, baik rapim maupun rapat2 umumnya, terutama rapat BKPRD.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Kita lihat apakah Anies & Sandi mau upload Pergub2 baru dengan cepat.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Soal transparansi, Anies-Sandi bisa menyamai Ahok saja sudah bagus kok. Ngga usah banyak bacot deh.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Eh, tp utk semua hal, kalo Anies-Sandi bisa deliver kinerja yg sama spt Ahok emang udah bagus bgt sih. Which is highly unlikely.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Dan yg elo hadapi adlh para pengembang yg berjasa bayari kampanye Anies-Sandi. Hayo, gimana? twitter.com/thedufresne/st…
Ismail Al Anshori @thedufresne
Saat lo jd aktivis, lo mikir: konsep, baru cari duit. Di birokrasi, ada duit banyak, lalu apa yg mau dilakukan. Serba kebalik.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Saat jd aktivis, org2 kerja bareng itu semuanya temen lo. Di birokrasi, seringkali ada situasi lo ga bs dan ga boleh percaya satu orang pun.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Saat jd aktivis, lo bs pake cara "dialogis" krn cuma hadapi segelintir org. Di birokrasi, lo hrs atasi masalah minimal puluhan ribu orang.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Cb bayangin ada duit Rp 1,5T utk bangun 103 sekolah. Ga ada dok lelang & gambar, PNS nya ga ngerti bangunan. Semua hrs selesai 15 Desember.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Dulu margin bangun sekolah itu 40-50%. Kl anggaran Rp 1,5T, mk cm bs dpake utk bangun 50an sekolah. Skrg bs utk 100an sekolah. Kok bisa?
Ismail Al Anshori @thedufresne
Dulu bangun sekolah 4 lantai itu butuh 2 thn anggaran. Skrg cukup 6 bln saja. Kualitasnya jg jauh lbh baik, pdhl setengah harga. Kok bisa?
Ismail Al Anshori @thedufresne
Kl pake cara pikir aktivis, lo akan bikin perencanaan detail, baru kmudian lelang. Tp kl gitu, bs bangun 20-30 sekolah/tahun udah bagus.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Kalo lo pake cara pikir Sandiaga, Rp 1,5T td itu akan dikasih ke kontraktor2 kecil. Mereka pun subkon lg. Biaya bengkak, kualitas turun.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Knp bs cepet? Krn kita ambil risiko. Lelang design & build, sama sekali ga ada gambar. BPK sampe bingung. Rock & roll.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Lalu krn nilainya di atas Rp 100M, mk BUMN jd tertarik masuk. Dulu mana ada BUMN ngerjain sekolah & puskesmas kelurahan?
Ismail Al Anshori @thedufresne
Lalu gmn perusahaan kecil? Sbnrnya ada 2 macam perusahaan kecil di Jkt. Satu, perusahaan yg tetap kecil walo main proyek pemda +20tahun.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Jenis pertama ini biasanya perusahaan makelar. Cuma bendera. Pekerjaan disub ke org lain. Bs sampe 3-4 level. Hasilnya amburadul.
Ismail Al Anshori @thedufresne
Ada sekolah di Jakbar 3 lantai, kolomnya kecil, miring, & ga lurus dgn kolom di bawahnya. Ga selesai. Trnyata kesulitan modal.
Load Remaining (12)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.