Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Alm. KH. HASYIM MUZADI dimata Prof. MAHMUD MD

Selama hidupnya, KH Hasyim Muzadi memang dikenal sebagai tokoh PB Nahdlatul Ulama. Pendiri pesantren Al Hikam di Malang dan Depok ini kemudian dipilih menjadi Ketua Umum PB Nahdlatul Ulama pada periode 1999-2004.
0

Alm. KH. HASYIM MUZADI dimata Prof. MAHMUD MD

KENANGAN DAN KEAKRABAN Alm. KH. HASYIM MUZADI dengan Prof. MAHMUD MD

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi tutup usia pada Kamis (16/3/2017) pagi.

Hasyim Muzadi wafat pada usia 72 tahun.
Kabar duka wafatnya mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama ini diketahui dari cuitan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD, melalui akun Twitter.

Mahfud MD @mohmahfudmd

Innaa lillaah wa inna ilaihi raji'un. KH Hayim Muzadi tlh wafat pg ini jam 6.15. Semoga mendapat surga-Nya. Kita pun akan lewat jln yg sama.

16/03/2017 06:56:53 WIB

Sehari sebelumnya, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana menjenguk Hasyim Muzadi di kediamannya, Kompleks Pondok Pesantren Al Hikam, Malang, Jawa Timur. Jokowi menginstruksikan tim dokter kepresidenan untuk membantu penanganan medis atas kondisi kesehatan kyiai ini.

Rombongan Jokowi yang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo berada hampir 45 menit di kediaman mantan Ketua Umum PBNU, yang jatuh sakit sejak awal Januari 2017 itu. Jokowi menjelaskan bagaimana kondisi terakhir Hasyim Muzadi, termasuk apakah sudah bisa berkomunikasi langsung dengan kiai atau tidak.

Seperti diberitakan sebelumnya, kesehatan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam, Malang, Jawa Timur, ini belum stabil sejak awal 2017 hingga sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Lavalette Kota Malang selama 10 hari.

Nama lengkap beliau adalah KH. Ahmad Hasyim Muzadi. Lahir di Bangil Tuban - Jawa Timur pada tanggal 8 Agustus 1944 . Ayah beliau bernama H. Muzadi dan Ibunda beliau bernama Hj. Rumyati. Sedangkan istri beliau bernama Hj. Mutammimah. Beliau dalah mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), organisasi keagamaan terbesar di Indonesia. Ia pernah menjadi pengasuh pondok pesantren Al-Hikam, Malang, Jawa Timur.

Kiai Hasyim, begitu ia akrab disapa, menempuh jalur pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah di Tuban pada tahun 1950, dan menuntaskan pendidikannya tingginya di Institut Agama Islam Negeri IAIN Malang, Jawa Timur pada tahun 1969. Pria yang lahir di Tuban pada tahun 1944 ini, nampaknya memang terlahir untuk mengabdi di Jawa Timur. Sederet aktivitas organisasinya ia lakoni juga di daerah basis NU terbesar ini.

Sosok beliau dekat dengan siapa saja termasuk dengan kalangan elit politik.
Hasyim dikenal sebagai sosok kiai yang memosisikan dirinya sebagai seorang pemimpin Indonesia. Selain sebagai ulama, sosok Hasyim dikenal "nasionalis dan pluralis". Itu sebabnya, ketika terjadi peristiwa Black September, yakni tragedi runtuhnya gedung WTC di Amerika Serikat, yang menempatkan umat Islam sebagai pelaku teroris, kiai yang dikaruniai enam orang putra ini, tampil dengan memberikan penjelasan kepada dunia internasional bahwa umat Islam Indonesia adalah umat Islam yang moderat, kultural, dan tidak memiliki jaringan dengan organisasi kekerasan internasional. Ia adalah sekian dari tokoh umat di Indonesia yang dijadikan referensi oleh dunia barat dalam menjelaskan karakteristik umat Islam di Indonesia.

Itu hanya sekelumit jejak karier dari Alm. KH. HASYIM MUZADI.
Di mata Prof. Mahfud MD, KH Hasyim Muzadi Sosok yang Kaya Humor dan Toleran.
Sosok KH Hasyim Muzadi rupanya memilki kesan tersendiri bagi mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD.

Berikut ini cuitan Mahfud MD tentang KH Hasyim Muzadi:

Mahfud MD @mohmahfudmd

"KH Hasyim Muzadi itu punya kemampuan menciptak humor & kaya dgn koleksi humor". Soal Ansor missed calls & ulama travel umrah itu contohnya.

16/03/2017 10:07:03 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

"Senang, bnyk anak2 NU yg skrng belajar ke Saudi. Sayangnya klau pulang tak jd ulama tp berbusnis travel Umrah", Itu gurauan K. Hasyim Mzd.

16/03/2017 10:02:35 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

"Anak2 Ansor skrang hebat2. Pny dua HP tp tak bs beli pulsa. Bolak-balik hny mised call agar ditelepon balik". Itu gurauan K. Hasyim Muzadi

16/03/2017 09:57:51 WIB
Okezone @okezonenews

KH Hasyim Muzadi Wafat, Mahfud MD: Tokoh yang Bisa Membawa dalam Keindonesian dan Keislaman okz.me/CXNiD pic.twitter.com/rkvABClp6k

16/03/2017 07:50:11 WIB
Expand pic
Mahfud MD @mohmahfudmd

KH Hasyim Muzadi kalau berceramah kocak tp tak sembarang melucu. Melucunya penuh makna substantif. Agama dihayatinya dgn damai dan toleran.

16/03/2017 07:45:16 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

Kyai Hasyim Muzadi adl tokoh yg bisa mencontohkan kpd kita bagaimana hidup dalam keindonesiaan dan keislaman yg damai dan berprinsip.

16/03/2017 07:34:01 WIB
Mahfud MD @mohmahfudmd

KH Hasyim Muzadi sdh wafat. Kematian bg kita spt menungu kereta2 lewat. Tinggal mau ikut yg skrang atau yg berikutnya atau yg berikutnya lg.

16/03/2017 07:29:26 WIB

Selamat jalan pak KH. Hazim Muzadi, kami bangga kepadamu karena buah pemikiran yang anda tuangkan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Semoga arwahnya diterima disisi Allah SWT. Amin

Comment

No comments yet. Write yours!