Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

NAMA-NAMA DESA/DUSUN DAN NAMA SEKOLAH PALING UNIK

Berita unik kali ini akan membahas tentang pemberian nama desa yang terdengar aneh dan lucu.
2

Banyak sekali alasan mengapa nama-nama desa, dusun dan sekolah tersebut menjadi sangat unik. Apakah hanya untuk gampang di ingat, atau ada alasan tertentu. Mungkin beberapa dari sahabat ada yang berasal dari sana, silahkan menambahkan ulasan ini jika memang ada hal yang baru.

Mengupas keunikan Indonesia kayaknya nggak akan habis-habis, memang negara kita kaya akan ragam budaya juga memiliki tempat-tempat eksotis yang bertebaran di mana-mana. Naa, kali ini yang mau kita kupas adalah nama-nama tempat yang aneh, unik dan yang pasti anti mainstream! Di mana ajah? Cekidot yuk!

Berikut ini nama-nama desa, dusun dan sekolah yang aneh dan lucu yang ada di Indonesia yang kami rangkum dari beberapa sumber yang ada.

1. Kecamatan Dukun
Entah dulu banyak dukunnya atau gimana ya sampai dijadiin buat nama kecamatan kek gitu. Dari info mbah Gogel, kecamatan Dukun ada dua tempat, di Gresik, Jawa Timur sama di Magelang, Jawa Tengah. Naa, foto di atas kayaknya ngambil yang di wilayah Gresik.

2. Dusun Koplak
Ada dusun bernama Koplak di Desa Umbul Martani, Kecamatan Ngemplak,Kabupaten Sleman(foto diatas). mungkin ada yang pernah lewat dusun ini..??
Jadi, Jangan bicara "KOPLAK!!!" sebelum tahu kampung Koplak.
Tahu arti koplak kan ya? Itu basa jawa artinya bodoh, tapi kayaknya lebih pas diartiin konyol sih. Dusun Koplak ini ada di Kelurahan Umbulmartani, kecamatan Ngemplak, kabupaten Sleman. Sejarahnya belum nemu nih, mungkin karena banyak yang jualan koplak pisang kali yaa.. Uhh, dasar deh kamu koplak!

3. Desa Tutup
Tutup adalah desa di kecamatan Tunjungan, Blora, Jawa Tengah, Indonesia. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa, disebut bahwa Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Desa Tutup ini ada di kecamatan Tunjungan, kabupaten Blora, Jateng. Eh, kayaknya susah deh kalo mau bikin ktp di sini, tiap ke balai desa eh Kantor Kepala Desa Tutup. Bukanya kapan sih??

4. SD Negeri Bokong
SD NEGERI BOKONG sebuah sekolah dasar yang berada di utara desa sonoharjo,margokaton,seyegan,sleman,yogyakarta!cukup aneh namanya tetapi dengan nama itu menjadikan sekolah itu unik dan mempunyai nama yang lain dari pada yang lain

5. Desa Pocong
Pada waktu dulu Desa ini belum ada namanya karena jumlah penduduk pada waktu itu masih belum banyak dan desa ini masih berupa hutan dan banyak semak belukar. Suatu waktu ada salah satu dari anggota warga disini meninggal dunia, sesuai adat istiadat yang ada warga yang meninggal di kebumikan (di kubur) layaknya orang meninggal dunia biasa.
Setelah malam tiba banyak warga masyarakat yang ketakutan karena ada pocongan (orang mati yang dibungkus kain kafan) yang berjalan kesana kemari melewati hutan-hutan, semak belukar dan pemukiman penduduk, kejadian ini berjalan sampai dengan 40 hari lamanya.

Waduh kenapa dinamain desa Pocong sih, apa gara-gara banyak penampakan pocongnya di sana? Gak tau juga sih. Buat yang mau uji nyali boleh kok ke sana, tapi gak jamin ketemu pocongnya loo. Desa ini masuk kecamatan Tragah, kabupaten Bangkalan, Jatim. Katanya sih 11 kiloan dari jembatan Suramadu.

6. Desa Golok
Denger kata golok pasti mikirnya buat nyembelih atau tebang tanaman. Naa di kecamatan Banyuurip, Purworejo, Jateng, ada desa bernama Golok. Wah, apa gara-gara warganya pada suka bikin golok kali ya?

7. SD Negeri Setan
Data Kementerian Pendidikan mencantumkan lokasi SD Negeri Setan berada di Jalan H Umar Baehaqi 1c, Salam, Candiretno, Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

8. SD Negeri Gandulan
Gandulan adalah Sekolah Dasar (SD) Negeri berlokasi di Propinsi Jawa Tengah Kabupaten Kab. Temanggung dengan alamat Desa Gandulan, Kaloran.

Gandulan itu kalau di Indonesiakan mempunyai arti bergelantungan atau gelantungan.

9. Desa Siluman
Nah, dibawah ini adalah sejarah nama Desa Siluman, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia dari beberapa sumber yang tahu tentang sejarah desa Siluman dari beberapa versi.
Nama Siluman diambil dari nama sebuah kali kecil CISILUMAN yang sekarang termasuk kewilayah Desa Kedawung.

Load Remaining (24)

Comment

No comments yet. Write yours!