0
Denny Baonk @denny_baonk
Kemarin juga saya membaca gugatan pada Anies. Katanya, mengapa tidak fokus pada program. Terus terang bingung mikirin makna kalimat itu.
Denny Baonk @denny_baonk
Fokus pada program itu maksudnya gimana? Bukannya terlihat Anies cukup giat mensosialisasikan programnya. Kemarin ada acara ttg DP rumah.
Denny Baonk @denny_baonk
Persoalannya, harapan spt itu dlm Pilkada ini atau mungkin sampai puluhan tahun ke depan juga akan sulit tercapai. Banyak faktornya.
Denny Baonk @denny_baonk
Misalnya faktor transparansi data dan akses publik terhadap data. Kita saja bayangkan mau jadi Cagub nyusun program. Nyari datanya gampang?
Denny Baonk @denny_baonk
Tidak. Karena meskipun arus transparansi dan keterbukaan informasi makin kuat, tapi secara faktual aparat yg keep data itu belum berdaya.
Denny Baonk @denny_baonk
Situs institusi apapun di Indonesia ini ketersediaan datanya masih miskin. Meski sdh ada juknis utk SOP, transparansi informasi belum ideal.
Denny Baonk @denny_baonk
Dan ini juga terjadi di Pemda. Termasuk DKI. Masih jadi mimpi ada Cagub bisa bikin program detil sampai ke alokasi anggaran setiap peraknya.
Denny Baonk @denny_baonk
Dalam kasus Anies memang ada satu sisi yang bisa dibaca dengan dua perspektif. Sisi pengikutsertaan publik dlm penyusunan programnya.
Denny Baonk @denny_baonk
Perspektif yg pertama melihatnya secara positif. Ia lempar visi & menarik sebanyak banyaknya aspirasi kritik sumbangan pemikiran dari warga.
Denny Baonk @denny_baonk
Ini ya sesuai dengan visi pelibatan rakyat yang dia punya. Bagus utk warga juga karena jadi concern thd isu publik, mau mikir dan mau bicara
Denny Baonk @denny_baonk
Nilai positifnya banyak, krn hal spt ini bisa membangun budaya warga yang beneran jadi warga kota yang aktif dan concern pada isu publik.
Denny Baonk @denny_baonk
Pola ini justru menstimulasi demokrasi makin hidup. Perdebatan wacana bukan soal2 yg ga penting, tp soal isu publik yg nyentuh hidup warga.
Denny Baonk @denny_baonk
Perspektif negatifnya, ya tentu saja bisa dinarasikan pola begini dipake karena Anies memang ga punya program detilnya. Cuma punya ide dasar
Denny Baonk @denny_baonk
Walau di sisi negatif itu juga ga terlalu jelek. Krn pemimpin memang visinya dulu yg terutama. Soal penyusunan program teknis itu kerja tim.
Denny Baonk @denny_baonk
Tapi saya sepakat, sisi negatif ini ga boleh terlalu dimaklumi krn alasan itu. Paling tidak Anies harus menggodog dulu dengan timnya.
Denny Baonk @denny_baonk
Tapi katakanlah kondisinya begitu. Anda mau lihat dg perspektif negatif atau positif, ya boleh boleh aja. Yg penting apa kemudian resultnya.
Denny Baonk @denny_baonk
Sebetulnya kemarin pengen dateng juga saya di gathering yg bahas soal DP 0% itu. Krn pengen tau, apa bahasan yg diurai dlm sosialisasi itu.
Denny Baonk @denny_baonk
Karena saya pernah twitkan, orang ngeributin rumah cuma dari skema pembiayaan itu baru ngomongin satu sisi dari banyak masalah terkait.
Denny Baonk @denny_baonk
Bukan berarti pembiayaan ga penting. Tapi fokus di situ doang ya lucu. Apalagi dari perdebatan liar di twitter ini makin keliatan jumudnya.
Denny Baonk @denny_baonk
Urusan hak milik atas satuan rusun didebatin tanpa punya pemahaman ttg hukum tanahnya, lapisan hak dlm penguasaan tanah, hak kebendaan dsb.
Denny Baonk @denny_baonk
Tapi karena saya emang males juga hadir di acara yg terafiliasi dg satu kubu tertentu, akhirnya kemarin ga hadir juga. Hanya baca baca aja.
Denny Baonk @denny_baonk
Urusan DP 0-nya mungkin masih ngga terlalu clear juga jadinya. Tapi paling tdk ada satu hal yg harus dilihat. Upaya sosialisasi programnya.
Denny Baonk @denny_baonk
Ini yg kembali ke topik awal saya mulai thread ini. Fokus pada program, sosialisasi programnya saya rasa cukup dilakukan kubu Anies-Sandi.
Denny Baonk @denny_baonk
Gathering utk membahas lebih terperinci DP 0% itu kan mestinya dinilai clear aja sbg upaya "fokus pada program." Begitupula OK OC misalnya.
Load Remaining (25)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.