4
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Kok masih banyak yah yg tidak paham mana al-Qur'an dan mana terjemah al-Qur'an. Mbok ya ngaji yg benar biar pengetahuannya naik kelas
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Al-Qur'an itu berbahasa Arab. Ayatnya suci, membacanya berpahala, dan keasliannya dijaga dan dijamin Allah. Terjemahannya ya beda lagi
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Terjemah itu hanya mengartikan kata per kata ke dlm berbagai bahasa di dunia ini. Terjemah ini bagian kecil dari pemahaman si penerjemah
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Terjemah al-Qur'an tidak suci, membacanya tdk berpahala dan akurasinya tdk dijamin Allah. Sdh ada campur tangan penerjemah
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Terjemah al-Qur'an juga berbeda satu sama lain tergantung pemahaman dan dzauq (sense) serta ekspresi penerjemah.
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Al-Qur'an tdk bisa diubah redaksinya, tapi terjemah al-Qur'an bisa direvisi dan disempurnakan. Makanya berbeda antara 1 edisi dg lainnya
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Knp almaidah51 jd panjang diskusinya? Krn ada pihak yg memaksakan 1 versi terjemahan dan menganggap mrk yg berbeda sbg mengingkari Qur'an
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Berbeda menerjemahkan al-Qur'an tdk lantas membuat pihak lain mengingkari firman Allah. Yg dibahas itu terjemahan, bukan al-Qur'an-nya
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Para ustadz, khatib dan da'i harus jujur dlm mengedukasi umat: kalau ada beda terjemahan, katakan! Jgn disembunyikan.
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Kalau ustadz, da'i dan khatib memilih 1 versi terjemahan, silakan! Tapi jgn bilang yg pakai terjemahan berbeda itu kafir atau munafik
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Bgm memilih terjemahan yg tepat? Harus buka kitab tafsir. Di sana akan dijelaskan konteks ayat, sebab turunnya, perbedaan makna ayat dll
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Selain gak bisa bedakan al-Qur'an dan terjemahannya, byk yg jg tdk paham kitab tafsir itu apa. Artinya kualitas mereka parah sekali!
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Ada yg sampai bilang "buat apa Qur'an ditafsir-tafsirkan". Atau gini "kitab tafsir karangan manusia, saya percaya al-Qur'an saja!"
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Omongan semacam itu menunjukkan mrk bisa ngaji al-Qur'an tapi tdk pernah belajar 'ulumul qur'an (ilmu-ilmu al-Qur'an). Menyedihkan 😰
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Orang2 yg tdk paham spt inilah yg plg gampang dibodohi pakai satu versi terjemahan al-maidah51, dan dg enteng mengkafirkan pihak lain
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Dan kalau kita jelaskan seluk-beluk tafsir al-Qur'an sampai berbusa-busa sekalipun, para buih itu malah bertanya: "situ muslim?"
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Mereka tidak akrab dg khazanah tafsir al-Qur'an yg dipelajari di pondok pesantren, madrasah dan kampus Islam
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Celakanya sebagian ustadz, da'i dan khatib yg sebenarnya paham kitab tafsir justru memilih tdk mengungkap perbedaan tafsir almaidah51
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Mereka memilih diam dan membiarkan kesalahpahaman umat ini terus berlarut. Mrk enggan mengakui ada beda terjemah dan beda tafsir
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Beda terjemah dan beda tafsir tdk harus sampai mencap org lain kafir atau munafik. Sejak dulu para ulama kita biasa berbeda pendapat
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Metode tafsir pun berbed-beda, sehingga penafsiran akhirnya pun beraneka ragam. Umat harus dikenalkan dg keragaman ini biar gak kagetan
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Tapi pilkada ini bikin banyak orang stress dan jadi tdk jujur dengan keilmuannya. Bukannya menjelaskan kpd umat, eh malah memprovokasi
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Bahkan saya yang berjam-jam menghabiskan waktu menelaah 10 kitab tafsir dan menjelaskannya kpd umat malah dibully
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Banyak tokoh yg sepakat dg penjelasan saya karena mrk pun paham dan membaca kitab tafsir yg sama, tp mrk diam krn takut dibully
Nadirsyah Hosen @na_dirs
Ada yg takut dicaci-maki umat dan gak bakal diundang ceramah lagi kalau meluruskan pemahaman umat soal al-Qur'an, terjemah dan tafsir
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.