5
Mohammad Kahfi @_kahfimhmmd_
On This Day: Raja Faisal Dibunuh: Raja Faisal merupakan Raja Arab Saudi yang menjabat 1964 hingga 1975. Raja F... bit.ly/1DVW6ym
Hari kematian: 25 Maret 1975
Jalannya Peristiwa

Tanggal 25 Maret 1975 dalam sebuah acara sambutan kepada delegasi dari Kuwait di Riyadh, Raja Faisal dibunuh oleh keponakannya sendiri, Faisal bin Musaid.

Delegasi dari Kuwait itu adalah seorang Menteri Perminyakan. Sebelum bertemu Raja, ia sudah bertemu dengan Menteri Perminyakan Saudi. Saat tiba di tempat pertemuan, Raja hanya dikawal seorang pengawal. Saat itu keponakannya, Faisal bin Musaid juga ada di tempat tersebut.

Sekitar pukul 10.32 saat Raja bersalaman dengan anggota delegasi, Faisal bin Musaid tiba-tiba mengeluarkan revolver dari jubahnya dan menembak Raja dari jarak dekat. Peluru mengenai kepala bagian samping hingga Raja jatuh tersungkur. Saat itu Faisal bin Musaid masih terus berusaha menembakkan senjatanya ketika rombongan pengawal berupaya menyergap dan mengikatnya, namun kebanyakan tembakan-tembakan itu hanya mengenai tembok. Raja sempat berwasiat agar Faisal bin Musaid jangan dieksekusi mati. Namun, setelah juru medis tak berhasil menyelamatkan nyawanya, rakyat Arab yang marah serta keinginan untuk menegakkan keadilan akhirnya membuat Faisal bin Musaid tetap dihukum pancung tanggal 8 Juni 1975, mengesampingkan wasiat Raja.

URL tirto.id 3727 Terbunuhnya Raja Faisal, Sang Reformis dari Saudi Raja Faisal, penguasa ketiga Arab Saudi, adalah seorang reformis, modernis, pro-Palestina garis keras, dan pendukung pan-Islamisme. Akhir hidupnya tragis: dibunuh keponakannya sendiri.
Cox Syofian @Coxie_15
..ya teragis, beliau meninggal dibunuh keponakannya sendiri yang baru saja pulang dari Amerika. dia adalah Raja Faisal, semoga Allah..
Konspirasi tentang motif pembunuhan
Yahya Waloni @YahyaWaloni
Akhirnya pada tahun 1975 raja Faisal dibunuh, banyak yg menduga ada konspirasi besar dlm pembunuhannya akibat pandangan politiknya yg beda

1. Karena TV?

Fortis Est Veritas @VeritasArdentur
Arab saudi itu negara aneh memang. Gara2 urusan, TV itu haram atau halal saja, raja bisa mati.
Poltak Hotradero @hotradero
Raja Arab Saudi yang dibunuh hanya gara-gara siaran TV sebagaimana dimaksud @VeritasArdentur adalah Raja Faisal. Dibunuh keponakan tiri.
achmad marendes @achmad_marendes
Raja Faisal dibunuh thn 75 gegara membolehkan TV masuk Saudi, segitunya kah beragama?
Agus Tiang Dermajeng @Agus973
@sy_haris tahun 1975 Raja Faisal dibunuh oleh keponakannya Faisal bin Musaid. Ini jd bahan renungan agamawan dlm ranah politik jd munafik

2. Karena ketidakwarasan mental dan ketidaksenangan Faisal bin Musaid?

Buku The Book of Assasins: A Biographical Dictionary from Ancient Times the Present karya George Fetherling (2001) menjelaskan bahwa Faisal bin Musaid bukanlah sosok yang waras akalnya serta memiliki dendam tak berkesudahan pada Raja. Faisal bin Musaid adalah saudara termuda dari Khalid bin Musaid, seorang pangeran yang terbunuh tahun 1965 akibat mendalangi penyyerangan ke stasiun TV swasta di Riyadh. Kala itu (Maret 1975), dia baru saja pulang dari luar negeri dari tujuannya belajar di Amerika. Namun Faisal bin Musaid bukanlah mahasiswa dengan pencapaian gemilang. Ia diketahui telah berpindah kampus lebih dari sekali. Faisal bin Musaid memiliki rekam jejak perkelahian di bar dan Polisi selalu berusaha melindunginya agar tak masuk penjara demi menjaga nama baik Kerajaan. Tahun 1971, setelah kepulangannya dari luar negeri, Raja melarangnya pergi ke luar negeri dengan maksud untuk meredam perilaku bengalnya.

Koran Beirut, An-Nahar, menulis bahwa kemungkinan sebab kenekatan Faisal bin Musaid adalah karena Raja telah mengacuhkan protes Faisal bin Musaid tentang kurangnya uang saku $3.500 per bulan yang diterima Faisal bin Musaid. Alasan lainnya adalah adanya taktik untuk meruntuhkan tahta garis keturunan Saud, karena Faisal bin Musaid dijadwalkan akan menikahi putri Saud (Putri Sita) di minggu yang sama.

3. Karena dukungannya terhadap Palestina dan sikapnya ayang anti Israel

Masih bersumber dari tulisan koran An-Nahar, konspirasi lain yang juga mengemuka adalah bahwa pembunuhan itu sudah direncanakan jauh sebelumnya atas arahan CIA. Sikap Raja Faisal yang mendukung kemerdekaan Palestina dan anti Israel dianggap membuat gusar USA.

Pasca resolusi PBB mengenai pemecahan wilayah Palestina, Raja Faisal pernah mendesak ayahnya yang saat itu menjadi raja agar memutus hubungan diplomatik dengan USA namun desakan ini ditolak karena Arab memiliki hubungan dagang yang penting dengan USA saat itu.

Sebetulnya, Raja Faisal bukanlah putra mahkota. Ia naik tahta setelah kakaknya, Raja Saud bin Abdulaziz Al Saud yang penuh skandal keuangan, digulingkan. Setelah ia naik tahta, banyak kebijakannya yang jelas-jelas menunjukkan sikap anti Israel dan sekutunya dijalankan. Raja Faisal pernah mengembargo perdagangan minyak dengan USA setelah USA mengancam menyerang Mesir jika Mesir nekat memasuki wilayah Israel. Embargo Raja Faisal kala itu menyebabkan ketimpangan di sektor energi dan transportasi USA dan sempat mengakibatkan krisis ekonomi berkepanjangan.

Kebijakan-kebijakan lain yang terkenal dari Raja Faisal, meski tak terkait langsung dengan hubungan Arab-Israel-USA dalah penghapusan budak dengan cara membeli semua budak dengan uang pribadinya, serta melakukan penghematan keuangan kerajan dengan menarik 500 mobil mewah Cadillac milik istana dan uangnya dialihkan untuk membangun sumur air untuk rakyat.

Aditya Ramandika @ramandikaditya
Seandainya Raja Faisal bin Abdul Aziz tidak tewas dibunuh, sejarah dan peta kekuatan dunia saat ini mungkin jauh berbeda.
#SaveDylan @dudeofrock
King Faisal adalah satu2nya Raja Saudi yang paling beres, makanya dia dibunuh.
Raja Faisal pernah berkunjung ke Indonesia dan menemui Presiden Soeharto
Fadli Zon @fadlizon
Kunjungan #RajaSalman Bin Abdul Aziz pd Maret 2017 sbg kunjungan pertama stlh 47 thn (thn 1970) lalu Raja Faisal dtng ke Indonesia.
Kata Kunci Kita @KataKunciKita
1970 kunjungan raja faisal di masjid istiqlal. Awal bulan ini Raja Salman. #istiqlalku pic.twitter.com/z9yqauiK8L
Expand pic
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.