0
Daemoen @Mentimoen
1. Barusan ada rekan DM soal bahwa Down Payment untuk kredit rumah itu ga boleh 0%. Itu benar adanya, ada aturan BI untuk hal ini. pic.twitter.com/OFiJMofdzv
Expand pic
Daemoen @Mentimoen
2. BI buat aturan soal ratio maksimum LTV (Loan to Value) & FTV (Financing to Value) yg boleh diberikan. Itu supaya perbankan lebih PRUDENT.
Daemoen @Mentimoen
3. LTV = perbandingan jumlah kredit yg boleh diberikan, dibanding dgn nilai properti yg diagunkan. Ini digunakan u. perbankan konvensional.
Daemoen @Mentimoen
4. Krn perbankan shariah ga mengenal bunga kredit, maka diperkenalkan istilah FTV, prinsipnya sama saja dgn LTV.
Daemoen @Mentimoen
5. Saya capture aturan BI 18/16/PBI/2016 fasal 6 dibawah: LTV & FTV untuk rumah diatas 70m2 adalah 85%. Artinya 15% hrs dari dibiayai dr DP. pic.twitter.com/cp6wWgn8sh
Expand pic
Daemoen @Mentimoen
6. Sedangkan untuk Rumah Susun kecil dari 22m2 s/d 70m2, uang muka yg diharuskan adalah 10%.
Daemoen @Mentimoen
7. Jadi gimana juga uang muka hrs ada jika ingin penuhi aturan BI ini. Ada yg tanya, gimana kalo uang muka itu jd dari kredit?
Daemoen @Mentimoen
8. Menurut aturan BI, Bank dilarang memberikan Kredit u/ pemenuhan Uang Muka kepada debitur. Jd uang muka hrs dibayar!
Daemoen @Mentimoen
9. Sepertinya Anies & Sandi entah mimpi gimana, sehingga bikin program yg aneh yg melanggar semua aturan negara & bangga lagi! ☹☹☹☹
Daemoen @Mentimoen
10. Ada yg usulkan, gimana kalo DP itu disubsidi aja oleh Pemprov? Duitnya dr mana? Ini DP rumah bukan jumlah kecil. Anggaran bs trilliunan.
Daemoen @Mentimoen
11. Lagipula, program subsidi semacam ini sangat rawan korupsi & penyelewengan. Dimana ada duit trilliunan, disitu ada tikus2 besar!
Daemoen @Mentimoen
12. Kelihatannya Anies Sandi ga mampu bikin program konkrit yg ga berbasis kredit atau subsidi duit. Akhirnya mirip BLT, program bagi2 duit.
VIVAcoid @VIVAcoid
BI Ingatkan Anies-Sandi Janji DP Rumah 0% Salahi Aturan dlvr.it/NPQvBb
Daemoen @Mentimoen
1. BI bilang, janji DP rumah 0% salahi aturan. Tetapi prakteknya, bisa diakali toh. Soal legalitas, menurut sy sdh ga benar. Mari kita bahas twitter.com/VIVAcoid/statu…
Daemoen @Mentimoen
2. Misalnya pembeli mau beli rumah Rp 850jt. Perlu kredit tapi ga mau bayar DP. Maka bisa diatur supaya harga rumah di mark up, jadi Rp 1M.
Daemoen @Mentimoen
3. Wkt mengajukan permohonan kredit ke Bank, masukin Rp. 1M, dgn DP 15%=Rp 150jt. Lalu diatur seakan2 pembeli sdh bayar DP wkt teken kontrak
Daemoen @Mentimoen
4. Sehingga pembeli dapat kredit Rp 850jt tanpa bayar DP sama sekali. Soal legalitas, ya jgn tanya. Transaksi spt ini jg beresiko.
Daemoen @Mentimoen
5. Yg jelas bg bank yg berikan kredit, itu sdh ngaco. Property bernilai Rp 850jt, dimasukkan jd agunan dgn nilai mark up Rp 1M. Itu ga bener
Daemoen @Mentimoen
6. Transaksi ini juga melanggar azas prudensi dari perbankan. Aturan BI itu dibikin demi tujuan baik menurunkan resiko bank gagal.
Daemoen @Mentimoen
7. Transaksi sejenis jg bs dibuat dgn kongkalikong dgn developer dgn dalih potongan harga. Potongan itulah dijadikan DP, nilai agun tetap.
Daemoen @Mentimoen
8. Jika ada bank yg promosikan DP 0%, ada kemungkinan di balik layar ini yg terjadi. Krn DP 0% jelas2 melanggar aturan BI.
Daemoen @Mentimoen
9. Moga2 Anies Sandi ga mikir skema macem2 spt ini demi menggolkan rencana DP 0%. Itu benar2 ga mendidik, resiko finansial jg meningkat.
Daemoen @Mentimoen
10. Udah deh, pokoknya ide Anies Sandi itu parah banget, ditinjau dari banyak segi. Dari sisi apapun, itu bikin masalah.
Daemoen @Mentimoen
11. Sering di Indo, mrk yg membuat scheme memby-pass aturan dianggap "kreatif", dianggap thinking out of the box. Pdh itu nyerempet illegal!
Daemoen @Mentimoen
12. Di manca negara, istilah CREATIVE / INNOVATIVE ACCOUNTING sering berkonotasi negatif, yg ngelakuin rada2 berbau sel tahanan 😁😁😁😁
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.