09/01/2017 16:28:55 WIB

Desain Ulang, Pabrik Roket Jadi Properti Komersial

Boom! Siapa sangka sebuah cafe, kantor dan bengkel ini tadinya adalah sebuah pabrik roket.
cafe desain pabrik kantor
seor4ng 989 View 0 comments
Add to Favorite
0
Login and hide ads.
  • Tiga properti dalam satu itulah gambaran Kantor, Cafe, dan Bengkel yang Didesain oleh Neri & Hu.

    Sebuah pabrik peluru kendali atau rudal di Beijing, Tiongkok ini bisa berubah fungsi setelah tidak lagi terpakai. Beneran lho kalau dulunya tempat ini memproduksi roket dan rudal!

    Sekarang, bangunan ini sudah beralih fungsi menjadi bengkel mobil, cafe, galeri, dan kantor bergaya industrial dan memiliki nama The Garage.

    Sejumlah bagian lama dengan tampilan material logam dan batu bata tetap dipertahankan. Bangunan asli memang ingin dipertahankan seraya menciptakan interior baru yang bisa menciptakan kesan terkait industri mobil.

    Proyek renovasi pabrik ini dirancang oleh biro arsitek Neri&Hu yang berkantor pusat di Shanghai, Tiongkok. Biro arsitek ini didirikan oleh Lyndon Neri dan Rossana Hu.

    Baca juga: Kelamaan Sewa Rumah, Bikin Kamu Susah Beli Rumah

    Untuk menciptakan kesan industrial ini, Neri&Hu memadukan material logam yang sudah ada dengan warna cat abu-abu pada interior, dikombinasikan dengan kayu walnut dan juga elemen lain sehingga tercipta kesan mobil antik.

    Bangunan ini sendiri ada tiga gedung dengan batu bata berwarna abu-abu yang tetap dipertahankan, sementara ada bagian baru dari struktur baja yang ditambahkan pada bagian Barat untuk membuat lantai baru.

    Kantor, cafe, dan bagian mengangkat mobil sebenarnya hanya dipisahkan oleh tembok berbentuk kotak. Neri&Hu ingin menciptakan kesan fasilitas penyimpanan bergaya industrial.

    Kantor dibuat dengan gaya yang sama dengan memasukkan kursi dari kulit dan meja dari kayu. Sedangkan di dalam cafe, terdapat kursi kayu dan meja dengan kaki dari logam.

    Baca juga: 5 Tanaman Untuk Taman ini Tidak Cocok, kata feng shui

    “Secara keseluruhan, proyek ini divisualisasikan sebagai ruang workshop, sebagian masih asli dan sebagian direnovasi. Semuanya diaktifkan oleh energi dan semangat pada era industrial,” ujar Neri dan Hu seperti dilansir oleh Dezeen.

    Wow, inspirasi untuk merombak ulang bangunan lama beralih fungsi menjadi baru memang banyak, terutama di luar negeri.

    Gudang, pabrik, dan lainnya bisa disulap menjadi kantor, cafe, co-working space dan lainnya. Tidak selamanya bangunan lama harus dihancurkan lho.

    Nah, buat kamu yang memiliki bisnis atau sedang merintis usaha (start up), nggak ada salahnya untuk melirik bangunan lama untuk dijadikan kantor. Keren kok, meski biasanya perlu dana ekstra untuk renovasi.

    sumber r123.co

  • Rumah123 @rumah123 09/01/2017 13:15:10 WIB
    Luar biasa! Stasiun kereta ini terintegrasi dengan moda transportasi massal lainnya bit.ly/2i6foLG #123Info pic.twitter.com/sSRhEsICQD
  • Rumah123 @rumah123 09/01/2017 08:30:21 WIB
    Usia 30 thn, belom punya rumah?Kira-kira kenapa ya? Yuk, cari tau apa aja kendalanya & temukan solusinya di bit.ly/2iLGzwx #123Tips pic.twitter.com/2ovVFAADYk
  • Rumah123 @rumah123 08/01/2017 20:35:07 WIB
    Kaum milenial, mau beli rumah di Jakarta? Berapa sih uang muka utk rumah harga Rp600 juta? Cuma 15%, ga susah kok! Kurang lebih sama dengan: pic.twitter.com/r8Rf67QIGF

Comment

All Categories

Category related to Computer & IT