Mencari Tahu Identitas Pelaku Sweeping Social Kitchen di Solo yang Memakan Korban

Terjadi sweeping di restoran Social Kitchen di Solo hari Minggu 18 Desember 2016 malam jelang Senin dini hari. Kejadian itu mengakibatkan sejumlah pengunjung wanita terluka.
regional SOLO jawatengah sweeping
0

Minggu (18/12) dinihari, sekelompok massa melakukan aksi sweeping disertai dengan perusakan di Restoran Social Kitchen, sekitar Monumen Banjarsari, Solo. Puluhan orang itu datang bermotor dan langsung masuk dan berlanjut melakukan perusakan barang dan memukuli sejumlah pengunjung restoran. Beberapa pengunjung sempat dibawa ke rumah sakit.

Juru bicara Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), Endro Sudarsono juga mengakui berada di lokasi pada saat kejadian. Namun, dia membantah terlibat perusakan barang dan penganiayaan. "Ketika kami sedang berada, puluhan orang tak dikenal mengenakan jubah dan helm tertutup tiba-tiba masuk ke dalam restoran melakukan perusakan dan pemukulan. Kami lalu keluar dari restoran. Kami tidak tahu siapa mereka itu karena mukanya tertutup."

Endro Sudarsono mengaku kedatangan LUIS adalah untuk mediasi, terkait masalah restoran yang memperdagangkan miras dan buka hingga jam yang melebihi ketentuan.

Kasus ini langsung ditangani oleh otoritas yang lebih tinggi, yakni Polda Jawa Tengah.

URL Tempo Nasional 976 Massa Berjubah Sweeping Restoran di Solo, Polda Bergerak | Tempo Nasional Sekelompok orang melakukan aksi sweeping disertai dengan perusakan di Restoran Social Kitchen Solo pada Ahad dini
Sadam Jhon @sadamjhon07
Teror terjadi dimana mana, negara harus hadir utk menjamin keamanan rakyatnya. @jokowi m.tempo.co/read/news/2016…
Bakhtiar @bachtiarwahab
@tempodotco ayo ungkap siapa massa berjubah itu. kok masuk pake helm. Tunjukin identitas!
Teddy Bayupatti® @MasTBP_
Asyu tenan iki >>> Sweeping Restoran di Solo, Pelaku Lukai 3 Perempuan ln.is/nasional.tempo… lewat
Siapa pelaku yang akhirnya ditangkap Polda itu?

EL (warga Gandu Rt 01 Rw 02, Sawahan, Ngemplak Boyolali, yang merupakan ketua sebuah gabungan laskar-laskar di Solo), ES (pengajar pesantren yang juga juru bicara gabungan laskar tersebut), S alias YS dan S alias SA (unsur pimpinan gabungan laskar) dan JS (seorang pengacara).

-> Di berita sebelumnya, ES sempat berkata bahwa dirinya tak tahu menahu soal pelaku sweeping itu, tapi dalam perkembangannya ia termasuk orang yang diamankan.

Adapun barang-barang yang diamankan polisi sebagai barang bukti adalah sebuah mobil Avanza warna silver, rekaman cctv, jaket yang dipakai saat aksi, dan lima buah handphone.

detikcom @detikcom
Terkait Aksi Sweeping, 5 Tokoh Laskar Solo Ditangkap Polisi detik.id/638I6K pic.twitter.com/dOmcqmfJHm
Expand pic
URL detiknews 10366 Terkait Aksi Sweeping, 5 Tokoh Laskar Solo Ditangkap Polisi Dalam sweeping, dilaporkan beberapa pengunjung rumah makan mengalami tindak kekerasan dan sejumlah barang rusak. Karena 5 orang ini ditangkap.

Akun FB Endro Sudarsono


IRONhead @gunturfreny
@detikcom jeblosin ke penjara dan bubarkan ormasnya
Mas In @esispr
@detikcom harus ditindak tegas bagi mereka sbb tdk ada payung hukum terkait aksi sweeping oleh ormas/kelompok selain aparat penegak hukum
fendisen @fendisen88
@detikcom nah kek gitu baru benar,biar penuh penjara,ribet banget...bubar kan aja jd gak sibuk sibuk amat polisi nya
Fendizoei99 @fendizoei9
@detikcom tangkap Dan proses sesuai UU yg berlaku.
ozzy @ozzy_excel
@detikcom... Jangan Cuma oknumnya yg ditangkap pak polisi.... Tolong itu BUBARKAN sekalian ormas anarkis yg suka bikin ONAR...
den bagus @kikisuko
@detikcom duh solo kok ada ya kayak gini, Alhamdulillah sudah ditangkap semoga tidak terjadi di kota lainnya Semoga aman dan damai selalu
Perkembangan saat ini
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.