0
D I T Y A @aditnamasaya
PIRAMIDA MESIR siapa yang membangun sesungguh-nya ? ( Kultwit investigasi santai )
D I T Y A @aditnamasaya
1. Ada 3 hal yg diajarkan disekolah ttg Piramida Giza : - Piramida adalah Makam Fir'aun - Dibangun bgs Mesir - Dibangun dgn alat tradisional
D I T Y A @aditnamasaya
2. Pertanyaan-nya? Benar seperti itu?
D I T Y A @aditnamasaya
3. Dlm buku, tanyangan TV (History Channel), disebutkan, Piramida adalah makam Fir'aun. Padahal tdk ada satu makam pun ditemukan didalamnya.
D I T Y A @aditnamasaya
4. Kita setback ke belakang sebentar. Siapa sih yg awal-nya yg mempopulerkan info bahwa Piramida makam-nya Fir'aun?
D I T Y A @aditnamasaya
5. Namanya Heroditus ( 484 - 425 SM ). Sorang sejarawan. Heroditus ini yg menulis Tujuh Keajaiban Dunia 2500 thn yg lalu.
D I T Y A @aditnamasaya
6. Karena basenya sbg pengembara, maka metode yg digunakan Heroditus adalah merangkai cerita berdasar wawancara dgn penduduk Mesir saat itu.
D I T Y A @aditnamasaya
7. Sangking absah-nya itu cerita, maka penamaan utk Piramida Giza terbesar pun diambil nama Khufu (Cheops) karena konon Fir'aun yg bangun.
D I T Y A @aditnamasaya
8. Belakangan ditemukan fakta bahwa Fir'aun Khufu makamnya di Kuil Abydos (Valley of Kings, Luxor), jaraknya ratusan KM dari Giza ... 😊😊
D I T Y A @aditnamasaya
9. Lalu bagaimana dgn Hieroglyphs? Bukankan itu bukti bahwa Piramida tsb dibangun Fir'aun? Nah justru disinilah awal keraguan terungkap.
D I T Y A @aditnamasaya
10. Ada ribuan Hieroglyps yg bercerita tentang kehidupan masyarakat Mesir kuno. Mulai dari : cocok tanam, kawin, sunat, dll. Tapi ...
D I T Y A @aditnamasaya
11. Tidak ada satu cerita Hieroglyps yg bercerita ttg bagaimana mereka membangun Piramida ... ( Entah lupa, entah tidak ingat ) ... 😁😁
D I T Y A @aditnamasaya
12. Ingat, Hieroglyps itu ilmu sosial. Sedangkan utk menjelaskan keberadaan Piramida, tdk cukup dgn itu. Nanti jatuhnya malah Fairy tale.
D I T Y A @aditnamasaya
13. Setidaknya, dibutuhnya ilmu : Teknik Sipil, Astronomi, Arkeologi dan geologi untuk menyelidiki bagunan luar biasa canggih ini.
D I T Y A @aditnamasaya
14. Piramida adalah bangunan dgn tingkat presisi terbaik didunia. Liat nih dari foto satelit ... pic.twitter.com/FUYcDE9d4o
Expand pic
D I T Y A @aditnamasaya
15. Bangunan Piramid terdiri dari - 2.3 juta batu, masing2 seberat 2.5 – 400 ton. - Tingginya 146.6 m. - luas dasar bangunan 5.3 juta m2.
D I T Y A @aditnamasaya
16. Jika info-nya benar, luas pucuk Piramida itu 6 mm2. Ini tingkat presisi yg luar biasa. Meleset dikit aja, ga bakal ketemu tuh puncak.
D I T Y A @aditnamasaya
17. Lalu bagaimana memindahkan batu seberat 200 - 400 ton? Let say, tinggi Nabi Adam menurut al qur'an ekuivalen dgn 28 meter. pic.twitter.com/TDtqwMwPmR
Expand pic
D I T Y A @aditnamasaya
18. Pertanyaannya apa dgn manusia setinggi itu, mampu memindahkan batu 400 ton? Kalo di film sik ditarik pake tambang, dgn roda balok .. 😊😊
D I T Y A @aditnamasaya
19. Tapi kalo kita ambil kata Egyptology kalau Piramida dibangun selama 20 tahun, jelas nggak mungkin.
D I T Y A @aditnamasaya
20. Hitungannya : 20 x 365 x 24 x 60 / 2.3 jt batu. Berarti 2.3 juta batu seberat 200 ton, dipahat diangkut & terpasang setiap 4.6 menit 😂😂
D I T Y A @aditnamasaya
21. Piramid jelas dibuat oleh peradaban yg memiliki inteligensia tinggi. Bukan hanya hebat secara arsitektur dan konstruksi ...
D I T Y A @aditnamasaya
22. Tapi juga memiliki makna matematis dan astronomis tertentu. FYI tiruan konstruksi Piramida, sampai sekarang blm ada yg bisa buat.
D I T Y A @aditnamasaya
23. Coba liat gambar ini. Apa yg ada dibenak twips? ... Yup Phytagoras, rumua Matematika paling ajaib : a^2 + b^2 = c^2 ... 😊😊 pic.twitter.com/F50IEa5u2P
Expand pic
Load Remaining (28)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.