Pro Kontra Soal Revisi UU ITE, Untuk Penegakan Hukum Atau Melindungi Pihak Tertentu?

Netizen banyak yang pro kontra mengenai revisi UU ITE yang baru. Apakah UU tersebut benar untuk penegakan hukum atau hanya untuk melindungi pihak tertentu?
National revisiuuite UU ITE
0

Semakin maraknya kejahatan di dunia maya maka disahkan revisi UU ITE untuk mengendalikan hal tersebut

donnybu @donnybu
Ini nih, ada infografis ciamik ttg konten UU ITE yg telah direvisi dan sah berlaku per hari ini... pic.twitter.com/YHPxJiX9MH
Expand pic
Expand pic
Kompas.com @kompascom
UU ITE yang Baru Mulai Berlaku Hari Ini. kom.ps/AFvnzD

Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang baru direvisi, akan berlaku mulai hari ini, Senin, 28 November 2016.

Ada empat perubahan dalam UU ITE yang baru.

*Pertama, adanya penambahan pasal hak untuk dilupakan, yakni pasal 26. Dalam pasal itu, seseorang boleh mengajukan penghapusan berita terkait dirinya pada masa lalu yang sudah selesai, namun diangkat kembali.

  • Kedua, yakni durasi hukuman penjara terkait pencemaran nama baik, penghinaan dan sebagainya dikurangi menjadi di bawah lima tahun.

Ketiga, tafsir atas Pasal 5 terkait dokumen elektronik sebagai bukti hukum yang sah di pengadilan. Artinya, dokumen elektronik yang diperoleh melalui penyadapan (intersepsi) tanpa seizin pengadilan tidak sah sebagai bukti.

Terakhir, yakni penambahan ayat baru dalam Pasal 40. Pada ayat tersebut, pemerintah berhak menghapus dokumen elektronik yang terbukti menyebarkan informasi yang melanggar undang-undang, seperti pornografi, SARA, terorisme, pencemaran nama baik, dan lainnya. Jika situs yang melanggar UU adalah perusahaan media, maka akan mengikuti mekanisme di Dewan Pers. Namun, bila situs yang menyediakan informasi tersebut tak berbadan hukum dan tak terdaftar sebagai perusahaan media (nonpers), pemerintah bisa langsung memblokirnya.

URL KOMPAS.com UU ITE yang Baru Mulai Berlaku Hari Ini - Kompas.com UU ITE yang baru direvisi, akan berlaku mulai hari ini, Senin (28/11/2016).
ADDIE MS @addiems
Hari ini diberlakukan revisi UU ITE. Dilarang mmbuat & mnyebar info brsifat tuduhan/fitnah/SARA yg undang kebencian. cnnindonesia.com/teknologi/2016…
Zara @zarazettirazr
Baru diingetin revisi UU ITE diperketat eh pdt Gilbert bukan hati2 malah ngasal menyebar berita abal2 yg menyesatkan informasi ke publik pic.twitter.com/jzAcYV5dP9
Expand pic
#JokowiTakutFPI👎 @wakilgubernurKW
Ini jg Menyesatkan Mengajak Lempar Molotov. Cc @CCICPolri @ZaraZettiraZR: Gilbert menyebar berita yg menyesatkan. pic.twitter.com/0LvDPBhlfL
Expand pic
raja andika @4ndika_P
@addiems @CNNIndonesia berita yg tidak akurat kemudian disebarkan, maka penyebarnya pun harus kena sangsi. pic.twitter.com/niCRKGyxJl
Expand pic
Expand pic
hijau... @reza316
@addiems @CNNIndonesia smg UU itu tdk utk melindungi sipapun yang menista kitab suci orang lain dgn dalih melanggar UU bg yg menginfokannya
SaveNKRI🇮🇩 @Ddipram
UU ITE akan semakin di giatkan untuk menjerat si pelanggar lewat medsos, boleh2 aja, asal jgn pandang bulu, wahai penegak Hukum..?"
Bitte langsam, Awe! @awemany
Di kasus UU ITE ini para penyinyir dari semua kubu mustinya bisa satu suara. Dungu aja kalo berfikir kalau UU itu hanya berlaku pada musuh.
Young Lawyer @dusrimulya
Mau Demo dihalang2i Narik uang dr bank ditakut2i Penjara Berpendapat diancam UU ITE Situs Berita dibredel WELCOME TO THE TIRAN !!
Kosong @MelnyAndrian
Membungkam aspirasi dengan UU ITE bukan solusi melainkan Boomerang bagi pemerintah #pemerintahbobrok
Gilang Mahesa @Gilang_Mahesa
Janji palsu pejabat yg di buzzer di sosmed bisa kena UU ITE nggak ?
Tukang Saluang @datuakrajoangek
Kalau org jahat tapi kita tuduh sebagai orang baik di social media apakah akan kena UU ITE?
Downy 😌 @donnnjuann
Kalau besok ngetwit foto ucing sampe bisa kena UU ITE, nah baru lah kita resign dari dunia ini.
Fresh graduate pada masanya ~ @qnqndq
UU ITE saat ini akan membuat pengadilan semakin padat.
Ferdinandus Setu @Fsetu
Tujuh muatan pokok Revisi UU ITE adalah upaya terbaik @kemkominfo bersama pemerintah & @DPR_RI utk jawab galau-gundah-gulana sebagian publik
Ferdinandus Setu @Fsetu
Bahwa masih ada yg protes usai Revisi UU ITE disahkan, kami di @kemkominfo tetap dapat memahami hal tsb sbg dinamika negeri demokrasi.
Mas @elbiwa
Revisi UU ITE mulai diterapkan hari ini. Gk perlu phobia sama aturan.Mari kita jaga etika,hak dan kewajiban diruang publik. #revisiuuite
Mas Djay™ @djaycoholyc
Semoga dengan berlakunya UU ITE yang baru, konten twitter kembali ke akarnya. Joke joke receh dan tweet gombal.
v c t r k m n g @vctrkmng
Latar belakang revisi UU ITE: ada legislator yang kesel diketawain karna ketipu ketik "1" di kolom comment fesbuk
Voltar Para @PrimeiroCoisa
UU ITE juga mengatur tidak boleh mendistribusikan, menyebarkan hal buruk di dunia maya. Buat yang wajahnya pas-pasan, ava diganti quote aja.
Load Remaining (1)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.