Provokator atau diprovokasi?

Penjelasan mengenai orasi yang provokatif dari @piokharisma yang ada waktu demo tgl 4 November.
viralnow
1
Pio Kharismayongha @piokharisma
Kalo menurut gue, yg jadi provokator bukan yg mukul2 polisi pake tongkat.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Orator2 utama mereka, sejak dari siang meneriakkan yel-yel "Revolusi Sekarang Juga" dan "Turunkan Jokowi".
Pio Kharismayongha @piokharisma
Belum lagi hinaan "Presiden Anjing", trus ada ustad yg bilang "Kami siap rusuh". Setelah teriakan2 itu, massa makin beringas.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Berkali-kali, orator menuntut petugas utk membuka barikade, mereka ingin mendatangi Jokowi saat itu juga. Massa teriak setuju.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Apalagi setelah dpt kabar kalo JK bilang akan memproses Ahok paling cepat seminggu dr kemarin. Massa dibakar kembali oleh orator.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Orator2 itu juga bilang kalo ga akan mundur atau pulang sebelum Ahok ditangkap saat itu juga. Massa teriak setuju.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Sebenarnya agak kontradiktif, orator membakar massa untuk revolusi sekarang juga tapi petugas dr FPI menahan agar tidak vandal.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Sayang, gue ga apal nama2 yang orasi. Tapi yg jelas ada Rizieq, Dhani, Fahira dan Ratna Sarumpaet.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Nama2 yang barusan gue sebut, orasi sebelum maghrib. Yang super kompor, ustad2 yang orasi setelah maghrib. Gue ga tau namanya.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Massa yang mukulin polisi pake tongkat, posisi mereka sama persis dg yg pertama bakar ban (sore sblm maghrib). Kayaknya dr kelompok yg sama.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Massa yang lemparin botol ke arah polisi, juga berada di titik yg sama.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Sebelum adegan bakar ban, gue sempat berdiri di situ. Di antara kelompok yg nantinya akan mulai rusuh.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Gesture mereka sejak awal, selalu menghadap ke polisi. Padahal, yg orasi ada di sebelah kanan mereka. Jadi, seolah siap konfrontasi.
Pio Kharismayongha @piokharisma
"Kenapa yg mukul polisi bajunya ga kayak yg demo lain?" Karena dr awal emang banyak yg ga pake baju putih. Atau bersorban/ berkupluk putih.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Jadi ya, buat yg mantau demo kemarin dr sosmed atau tv doang, orator2 di podium utama materi orasinya udah provokatif sejak awal.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Kecil kemungkinan kalo ada provokator yang disusupkan sejak selepas maghrib. Wong emang kompor banget si oratornya.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Teori gue knp baru abis maghrib, massa baru beringas: krn capek udh seharian, orator "bakar" terus, eh mlm dpt kabar Ahok blm bs ditangkap
Pio Kharismayongha @piokharisma
Akhirnya mereka memaksakan diri agar polisi buka barikade dg pukul pake tongkat. Polisi nembak gas air mata. Massa yg militan makin marah.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Karena ada respon dr petugas, massa yg lain seolah dpt legitimasi bahwa tindakan mereka adalah perjuangan. Akhirnya nyebar kemana-mana.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Oya satu hal, tidak sekalipun gue denger orator mendiskreditkan etnis Cina dlm orasinya. Provokasi mereka: turunkan jokowi atau tangkap ahok
Pio Kharismayongha @piokharisma
Provokasinya hanya mengusik urusan politik.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Nanti agak siang, gue upload versi foto2. Tapi sampe momen dilempari gas air mata dong. Pas kerusuhan melebar, gue udah di rumah.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Oya, dr sblm maghrib beberapa demonstran udah siap dg kemungkinan pelemparan gas air mata, krn udah byk yg ngoles pasta gigi di deket mata.
Pio Kharismayongha @piokharisma
Anyway, do you can guess who the one who said "Presiden Anjing" ? It was Ahmad Dhani.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.