@mantriss bilang >> @nusronwahid1 mempertegas kesalahan @basuki_btp "dibohongi pakai Al maidah 51"

@mantriss bilang >> @nusronwahid1 mempertegas kesalahan @basuki_btp "dibohongi pakai Al maidah 51"
0
sumantri suwarno @mantriss

Sempet lihat penjelasan Kang @NusronWahid1. Benar dalam kerangka tabayyun internal, tetapi sulit untuk membenarkan off side-nya Ahok.

12/10/2016 06:35:06 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Coba dirunut proses kejadian -- ada sebagian muslim yg menafsirkan Al Maidah 51, dan mengkampanyekan tafsir tersebut secara terbuka.

12/10/2016 06:36:47 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Ini sama levelnya dengan khotbah2 di gereja yang juga mengutip firman dan juga ditujukan untuk mendukung salah satu kandidat.

12/10/2016 06:37:47 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Ini juga sama levelnya dengan ketika orang2 daerah tertentu mengkampanyekan seruan untuk memilih putra asli daerah....

12/10/2016 06:39:03 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Kampanye penggunaan sentimen2 seperti ini - agama, suku, ras dll sudah jadi praktek lama. Termasuk dari zaman Bu Mega nyapres.

12/10/2016 06:40:11 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Kisruh muncul tatkala - Ahok yang non muslim mengomentari secara spesifik sebuah ayat, menafsirkannya dan merendahkan tafsir yg berbeda.

12/10/2016 06:41:31 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Jika menggunakan penekanan @NusronWahid1 bahwa tafsir terbaik dimiliki pemilik ujaran ( Tuhan), maka justru di situ kesalahan Ahok.

12/10/2016 06:43:18 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Ahok tidak off side jika dia mengatakan, menurut teman saya yg juga muslim -- Al Maidah 51 itu bisa juga ditafsirkan bla bla bla...

12/10/2016 06:44:29 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Tetapi ketika dia mengatakan "dibohongi pakai Al Maidah 51" wajar jika ada kelompok orang yang merasa diserang atas tuduhan bohong tersebut.

12/10/2016 06:45:33 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Tidak bisa membela Ahok dgn menggunakan logika -- bahwa firman hanya dimengerti Tuhan, demikian juga ujaran Ahok hanya dimengerti Ahok.

12/10/2016 06:48:23 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Bahasa adalah medium komunikasi yg disusun bertahap oleh manusia. Kata per kata dibangun dan bisa digunakan meluas krn kesepakatan makna.

12/10/2016 06:49:38 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Jadi menafsirkan Tuhan tentu berbeda dgn menafsirkan ujaran Ahok. Karena Ahok menggunakan bahasa yg memiliki makna yg disepakati manusia.

12/10/2016 06:50:50 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Ujaran Ahok tentu boleh dinilai dgn pendekatan ilmu bahasa. Bahwa niatnya tidak jahat -- itu urusan di luar pemaknaan atas ujaran yg keluar.

12/10/2016 06:52:42 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Makanya dlm pelajaran bahasa juga diajarkan bagaimana menyampaikan gagasan secara sistematis, tepat, dan efisien.

12/10/2016 06:53:30 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Menyampaikan maksud itu harus tepat,-- karena kata dibodohi misalnya itu punya arti baku.

12/10/2016 06:56:13 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Khan yg dipersoalkan adalah serangan Ahok atas tafsir yang berbeda.... twitter.com/hunggul/status…

12/10/2016 06:58:43 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Kesimpulannya ini 2 hal berbeda. Menafsir Tuhan dan menafsir Ahok. Manusia punya alat lengkap dan punya otoritas menafsirkan kata2 Ahok.

12/10/2016 07:01:23 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Juga jangan hanya mengatakan yg menyerang Ahok melanggar Pancasila. Respon Ahok yg menyerang kepercayaan orang juga melanggar Pancasila.

12/10/2016 07:04:12 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Akhirnya, selamat ulang tahun Kang @NusronWahid1 semoga panjang umur, sehat, dan terus menjaga NKRI dengan sebenar2nya....

12/10/2016 07:05:38 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Di Youtube ada. Kalau mau fair -- semua gejala itu dibuka saja. Biar ngobatinya sekalian. Di semua agama ada kelompok fanatik... twitter.com/dodolankabeh/s…

12/10/2016 07:09:22 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Saya sih orang yang percaya, pemimpin muslim atau non muslim sama saja. Kemanfaatannya untuk publik yang paling utama....

12/10/2016 07:10:33 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Ahli bahasa lebih tepat. Lebih diperlukan menganalisa makna ujaran Ahok. Tetapi sebaiknya dimaafkan. twitter.com/peci_bundar/st…

12/10/2016 07:12:16 WIB
Choo Qie Mai @KunyukMerah

Apa gunanya bahasa apabila setiap ujaran memiliki makna yg hanya dipahami oleh yang mengucapkan? twitter.com/mantriss/statu…

12/10/2016 07:12:37 WIB
IsNad @hopret_

Barangkali bahasanya tidak "mengkampnyekan", biar stressingnya tdk pilkada melulu pak. Menyebarkan saja gimana pak? twitter.com/mantriss/statu…

12/10/2016 07:12:41 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Saya tdk mau berpanjang2. Membela diri secara salah itu juga bisa mengakibatkan perbuatan melanggar hukum. twitter.com/hunggul/status…

12/10/2016 07:13:50 WIB
Load Remaining (9)

Comment

No comments yet. Write yours!