0

Bakal calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyayangkan pernyataan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang menggunakan surat Al Maidah ayat 51. Pernyataan Ahok tidak tepat dan harus diluruskan. Anies Baswedan juga meminta jangan ada yang menyalahkan orang banyak yang tersinggung atas pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang merujuk pada ayat suci Alquran.

Berikut ini tulisan lengkap tanggapan Anies terhadap pernyataan Gubernur Basuki atau Ahok:

Tanggapan terhadap Pernyataan Gubernur DKI
Asslkm wr wb
Ibu, Bapak, teman-teman semua,
Hari-hari ini ketenteraman terganggu, kenyamanan terusik dan kemarahan tersulut oleh pernyataan Gubernur DKI Jakarta.
Pernyataan Gubernur DKI Jakarta dalam sebuah acara resmi pemerintah daerah dengan merujuk pada ayat suci Al-Quran sangatlah tidak perlu, tidak relevan dan tidak tepat. Karena itu jangan justru menyalahkan orang banyak yang merasa tersinggung, namun introspeksi diri adalah langkah yg lebih bijak dan dewasa.
Gunakan cara dan kata yang patut, serta rasa hormat bila menyebut sesuatu yang dipandang sebagai suci oleh siapapun. Bangsa ini bhinneka, maka hormatilah kebhinnekaan itu.
Di Indonesia ini tak terhingga banyaknya orang yang bekomitmen dan bekerja untuk menjaga suasana damai dan saling menghormati. Bukan pekerjaan yang ringan. Mereka semua itu menjaga suasana negeri ini agar terbebas dari sentimen negatif terkait SARA dalam kehidupan sehari-hari. Kamipun memiliki komitmen itu, apalagi dalam kampanye Pilkada ini.
Komitmen dan ikhtiar menjaga kedamaian serta mengeratkan tenun kebangsaan itu harus bersama-sama, dan itu semua tidak bisa dikerjakan hanya oleh sebagian kita sementara ada pihak menganggap sepele, apalagi tak sensitif tentang pentingnya menghormati.
Menjaga tenun kebhinnekaan jadi berat, sulit dan rumit jika ada pihak yang terus-menerus mengancam dengan pernyataan-pernyataan tak sensitif dan tak menghormati. Ikhtiar banyak orang yg berusaha merawat kedamaian itu jadi dicederai oleh ucapan tak sensitif dan tindakan tak patut.
Dan, apabila ada pihak-pihak yang merasa perlu untuk menuntut secara hukum atas pernyataan itu, maka itu harus dipandang sebagai suatu yang wajar ditempuh dalam sebuah negara hukum seperti Indonesia. Kata dan perbuatan bisa memiliki konsekuensi hukum. Kita harus menghormatinya.
Maka sekali lagi, mari jaga komitmen menjadikan Pilkada DKI Jakarta ini sebagai pesta demokrasi dan festival gagasan yang penuh dengan kesejukan dan keceriaan.
Mari kita semua menjaga keeratan tenun kebangsaan kita.
Salam,
Anies Baswedan
8 Oktober 2016

Trisno Wibowo: Kampanye yang bagus Pak,....
Seharusnya disebut juga tidak boleh ada pihak yang main pelintir berita dan memprovokator baru bapak bisa 'sedikit kelihatan bener2 bijak'.

Cony Fibriani II: Pak Anies :'( from the deepest of my heart I miss the old you. i mean the real you. Pak Anies yg sebenarnya.. pak Anies yg dulu. that's why dr dulu saya berharap bgt bapak ga terjun ke dunia politik, eh tp saya salah termyata bpk udah kecebur duluan :'(

Astomo Pancoro Putro: kapan pak mengurai visi misi kl sibuk mengomentari cagub lain? bapak bisa dipilih krn visi misi yg memajukan DKI, bukan keahlian mengomentari org. jgn² besok kl kepilih bapak sibuk mengomentari gub sebelum bapak dan lupa membangun DKI

Dedhi Sujatmiko: Wah kata katanya manis, tapi malah makin membakar dan sengaja memojokkan lawan. Saya lebih menghargai blunt honesty. Good bye mas, I am no longer your fans.

Lily Savitri: Anies yang sekarang bukanlah anies yg dulu. Inilah faktanya idealisme,...integritas,,,tergerus oleh kerakusan politik kekuasaan.
Hanya karena momentum pilkada, pola pikir yang semula idealis, humanis, akademis berubah menjadi pola pikir yang pragmatis dan parsial.
Sungguh sangat disayangkan.

RiauGreen.com @riaugreencom
Ahok Kutip Al Maidah 51, Ini Tanggapan Anies Baswedan dlvr.it/MQQX5m pic.twitter.com/LMyF0ijoJw
Expand pic
Amies Baubadan @AmiesBaubadan
Di fb Anies memberi tanggapan soal ucapan Ahok yg dipelintir. Gaya sok manies pdhl happy dan provokatif. Mayoritas komen yg masuk negatif 😂
Nasyith Zein @NasyithZein
sebut juga pak, gak boleh ada pihak yg pelintir berita dan memprovokasi biar bapak 'sedikit kelihtan bener2 bijak'. antaranews.com/berita/589155/…
ZetT @_ZzetT_
@pandji di detikcom Anies bilang omongan Ahok ttg ayat adalah salah. Sbg juru bicara apa tanggapan loe?verifikasi sebelum menanggapi?
JusticeForAll @PowerOfSubh
@republikaonline @aniesbaswedan gak usah ditanggapi pak yg buni, berita cuma buat kungkung bapak aja..cukup kirim lawyer tuk bela pak buni..
Mohamad Guntur Romli @GunRomli
Anies: Pernyataan Ahok Gunakan Ayat Alquran Tidak Tepat detik.id/VEDXoT tdk masalahkan pemelintiran? Krn pendukungnya? 😀
andytjahyadi @di_HatiKecil
@GunRomli anies luarbiasa. Ketipu kita slama ini dg sikap santun dan tutur kata yg indah bak mutiara..Ini membuat sy smakin mdukung Ahok
priyo adnan @priyoaremania
@GunRomli : Om Anies ini ibarat makan bersama, diatas meja santun tapi di bawah meja kakinya nendang2..
SENASURYA♉ @senasurya53
@GunRomli entah kenapa ya Anies jadi suka komentari orang lain? Salah gaul kali?
Y.Yahya @yusakyahya
@GunRomli inilah warna sebenarnya AB, muncul ke permukaan, prinsip dikalahkan kepentingan sesaat.
Mario Santoso @MoraiSonatos
@GunRomli Benar sekali! Sebal sekali bacanya. Waktu orang2 gunakan ayat untuk pengaruhi pemilih dia diam saja. Inilah Anies dalam politik
Rd Sumantri @antonsumaryanto
@GunRomli Kalau agama (sara) sudah dimasukkan ranah politik, kampanye sdh tak bermutu.
Anne ॐ @AnneSerlo
Memang tdk seharusnya Ahok menyinggung ayat AlQuran. Tapi pelintiran fitnah pendukung Anies adalah blunder yg sangat parah. #AhokYuk
Roel Saja @Roel_jow
@VIVAcoid justru yg disayangkan, pendukung @aniesbaswedan yg memlintir pendapat @basuki_btp sehingga menimbulkan keresahan.
Fajar Nugros @fajarnugros
Kalo komen Pak Anies itu "sudah, soal Al Maidah pak Ahok jangan dibesar-besarkan" -- gue pilih dia. Tapi ternyata sama aja kyk yg laen hehe

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.