Di Balik Sanjungan untuk Diplomat Muda yang Bela Indonesia Saat Diserang 6 Negara soal HAM di Papua

Nara Rakhmatia menyangkal adanya pelanggaran HAM di Papua dan menyebutkan kalau negara2 Pasifik tsb telah lakukan intervensi kepada Indonesia.
0
URL KOMPAS.com Diserang soal Papua di PBB, Diplomat Muda Indonesia Balas Para Pemimpin Negara Pasifik - Kompas.com Diplomat itu bernama Nara Masista Rakhmatia yang menuding negeri kepulauan di Samudra Pasifik menggunakan PBB untuk agenda pribadi mereka.

Sebagaimana telah banyak diberitakan, terjadi aksi protes seorang diplomat muda Indonesia yang berbicara di dalam sidang PBB menentang negara-negara Kepulauan Pasifik mengkritik catatan HAM Indonesia di Papua dan Papua Barat.

Delegasi dari Kepulauan Solomon, Vanuatu, Nauru, Kepulauan Marshall, Tuvalu, dan Tonga, mengungkapkan hal itu saat mendapat kesempatan berpidato di Sidang Umum PBB dan mendesak digelarnya penentuan nasib sendiri di wilayah tersebut.

Komentar ini mendapatkan respons kuat dari delegasi Indonesia, yang mengatakan kritik itu bermotif politik dan dirancang untuk mengalihkan perhatian dari masalah di negara mereka sendiri.

Ialah Nara Masista Rakhmatia, diplomat muda Indonesia yang bertugas di PBB yg mengemukakan ketidaksetujuannya atas pendapat yg dikemukakan negara2 Kepulauan Pasifik di tengah2 sidang PBB.

Rakhmatia menyebut negara-negara kepulauan di Pasifik itu telah mengganggu kedaulatan nasional Indonesia.

"Laporan bermotif politik mereka dirancang untuk mendukung kelompok-kelompok separatis di Provinsi Papua Barat, yang telah secara konsisten terlibat menghasut kekacauan publik dan dalam melakukan serangan teroris bersenjata."

"Ini adalah bentuk pelanggaran kedaulatan dan integritas wilayah negara kami. Hal ini sangat disesalkan dan berbahaya bagi negara-negara ini untuk menyalahgunakan forum PBB, termasuk sidang pada Agustus ini."

"Negara-negara ini menggunakan Majelis Umum PBB untuk memajukan agenda domestik mereka dan bagi beberapa negara menggunakan forum ini untuk mengalihkan perhatian dari masalah politik dan sosial di dalam negeri mereka sendiri."

Sepertinya aksi protes diplomat Indonesia tsb sudah diamini oleh Menlu Retno.

METRO TV @Metro_TV

Menlu Tak Terima Tudingan PM Kepulauan Solomon Soal Pelanggaran HAM di papua metrotvn.ws/VNnxpREk pic.twitter.com/LfLXUoVQ1L

27/09/2016 05:55:32 WIB

Aksi protes diplomat Nara pun di satu sisi banyak mendapat apresiasi

PenjarakanAhok! @bangzul_pni

Bangga! Diplomat muda Ind, Nara Rakhmatia 34th, mematahlkan tuduhan 6 neg Pasifik terkait pelanggaran HAM di Papua. youtube.com/shared?ci=PQOP…

29/09/2016 05:46:07 WIB
Dirga Sakti Rambe @dirgarambe

Pidato memukau diplomat muda Indonesia, Nara Masista Rakhmatia, pd SU PBB yg menghajar 6 kepala negara | @Pilar_Ayu youtu.be/3IQOFmMXEuw

29/09/2016 00:06:48 WIB
Expand pic
Wajib Baca @wajibbacacom

Bikin Bangga, Nara Masista Pidato Diplomat Muda RI Menjawab Seragan Enam Degara Dengan… dlvr.it/MM3BXG pic.twitter.com/G0OCElSUpF

29/09/2016 05:12:06 WIB
Expand pic
dodi putra @D_0nly

Keren. Nara Masista, Diplomat Muda Semprot pemimpin2 Negara asiapasific krn ikut campur mslh Papua dlm sidang PBB youtu.be/3IQOFmMXEuw

29/09/2016 01:09:07 WIB
Expand pic
astridsavitri @astridsv_

Benar, cukup level diplomat junior saja yang bahas, Sadis sindirannya! youtu.be/le2A0ra6nBU via @YouTube

29/09/2016 07:29:06 WIB
Expand pic
Juan Resha @juanresha

Negara2 kecil mau coba intervensi, ehh malah dibalikin..lebih nyesek pula hahahhaaa.. Keren euyy statementnya mba... fb.me/84EVMQII8

29/09/2016 01:52:36 WIB
🌞 @Pilar_Ayu

@dirgarambe *seketika merasa rendah diri dan tida pantas* 🐚

29/09/2016 01:08:38 WIB

Di sisi lain, muncul pertanyaan di benak mereka, benarkah TIDAK TERJADI pelanggaran HAM di Papua?

Winarto @ExcelJosaphine

WAINI QT @Arie_Kriting: Lagi-lagi bangsamu merayakan paras wajah. Lupa dengan isi kepala. pic.twitter.com/0M5PdP4RN8

29/09/2016 11:30:25 WIB
Expand pic

Pembaca IndoPROGRESS shared WPU's video.

Selamat pagi.

Berikut untuk menambah gizi pengetahuan masyarakat Indonesia tentang sikap 7 Negara Pasifik terhadap West Papua di sesi debat Sidang Umum PBB ke-71 di New York. Negara-negara tersebut adalah Nauru, Kepulauan Marshall, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Tuvalu, Tonga, dan Palau.
Negara-negara ini sangat penting bagi perjuangan dan lobi Hak Asasi Manusia orang Papua, atau yg semakin luas mengidentifikasi diri sebagai orang Melanesia. Di sidang PBB sebelumnya hanya dua negara yg bersuara atas Papua, Solomon dan Vanuatu, sekarang bertambah lima.

Negara-negara yg sedang berjuang keras selamatkan pulau-pulau kecilnya dari ancaman kenaikan air laut akibat pemanasan global ini, masih mau mengambil tanggung jawab untuk menyuarakan HAM orang-orang Papua di level internasional.

Sementara respon pemerintah Indonesia...
bagaimana ya, menurut kami sih klise saja.
Sama sekali tidak istimewa.

Agan Harahap @aganharahap

Buat gw Nara M Rakhmatia yang lagi dipuji2 itu biasa aja. Krn kt ga bisa tiba2 buta akan berbagai pelanggaran HAM yang terjadi di negara ini

29/09/2016 08:57:40 WIB
AW KAKA ARIE 😻 @Arie_Kriting

Nona ini sudah pernah ke Papua? Sudah riset? Kalau memang bangsa kita, sebaik itu mengenai HAM, Munir masih hidup. 😢 youtu.be/HQvOgkofkC0

29/09/2016 10:10:33 WIB
Expand pic
dhani @arman_dhani

Glorifikasi menjadi memuakkan karena ia kerap salah alamat. Misal memuja keindahan visual diplomat muda saat bicara ngawur di forum dunia.

29/09/2016 08:52:52 WIB
Load Remaining (7)